Itu adalah rolls-royce paling mahal dari masanya dan dibangun selama 15 tahun dengan beberapa pembaruan di jalan. Itu melalui pembaruan pada tahun 1977, tetapi penampilan keseluruhan tetap sama. Bayangan perak adalah pertaruhan oleh pabrikan mobil Inggris. Itu datang untuk mengganti model perak cloud II yang lebih besar, yang lebih besar. Tetapi bayangan perak menampilkan konstruksi unibody dan yang menyebabkan ruang interior yang lebih besar dan perjalanan yang lebih nyaman. Kembali pada tahun 1965 sebagian besar kendaraan di pasaran memiliki mesin depan dan penggerak roda belakang dengan poros padat. Itu adalah solusi yang dapat diandalkan, tetapi bukan yang paling nyaman. Rolls-Royce memperhatikan perbedaan kenyamanan dari Citroen Traction Avant. Tertarik dengan apa yang dilakukan pabrikan mobil Prancis untuk menawarkan bahwa kenyamanan itu juga menemukan suspensi hidropneumatik yang ia gunakan di bawah lisensi tetapi meningkatkannya sesuai dengan Rolls-Royce yang lebih besar dan lebih berat. Di dalam mobil, ada banyak fitur yang ditujukan untuk kemewahan. Mobil ini menampilkan kursi kulit belakang dan panel kayu asli. Tidak ada bahan buatan manusia untuk itu. Ini juga menampilkan power windows dan kunci yang, menurut standar tersebut adalah hal yang baru. Selain itu, kursi depan menampilkan posisi elektrik yang dapat disesuaikan untuk bagian belakang depan dan atas. Antara 1965 dan 1969 mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 6,2 liter, tetapi dari model 1970 unit 6,75 liter dipasang. Rolls-Royce menggunakan perpindahan mesin itu bahkan setelah diambil alih oleh BMW, dan kendaraan pertama yang dibangun di bawah kepemilikan Jerman juga 6,75, tetapi dengan arsitektur V12 untuk Phantom VII.