Saab buatan akhirnya sangat istimewa sehingga berdiri terpisah dari sisa mobil di pasaran, dan pembuat mobil itu membangunnya di Finlandia. Kisah Saab 90 dimulai dua puluh tahun sebelum mobil pertama diluncurkan dari pabrik Uusikaupunki di Finlandia. Meskipun itu adalah kehamilan yang panjang, hasilnya jauh lebih buruk daripada harapan dan mengubah 90 menjadi salah satu saab yang paling tidak dijual, dengan hanya 25.378 unit yang dikirimkan kepada pelanggan dalam waktu produksi tiga tahun. Sementara bagian depan mempertahankan karakteristik utama dari model 99, bagian belakang terinspirasi oleh Saab 900 yang lebih besar. Kaca depannya hampir vertikal mirip dengan yang ditawarkan pada model 99, tetapi punggungnya berbeda. Saab membuat bagasi lebih tinggi tetapi masih dengan ekor miring spesifiknya. Di belakang, model 900 mengilhami para desainer ketika mereka menciptakan lampu belakang. Seperti pendahulunya, 90 hanya tersedia sebagai satu pintu saja. Di dalam, Saab menyediakan fitur unik untuk segmen tersebut, seperti kursi berpemanas, pelapis velour, cermin pintu jarak jauh, dan kursi belakang lipat. Pembuat mobil membuat desain bersih dengan area depan yang rata dan atasan sempit untuk dasbor. Panel instrumen memakai tiga cluster: satu untuk pengukur suhu bahan bakar dan pendingin, speedometer yang dipasang di tengah, dan tachometer di sebelah kanan. Platform ini dibawa dari model 99, dengan rem cakram di semua sudut. Sayangnya, itu tidak datang dengan mesin bensin turbocharged, yang merupakan pemenang penjualan untuk jangkauan 99. Saab berpasangan dengan manual empat kecepatan standar dengan opsi untuk lima kecepatan.