Volkswagen membebankan pasar dengan coupe tiga kotak bermerek Spanyol ini pada tahun 1996 dan menawarkan segmen kecil tantangan yang sulit. Pada tahun 1996, kursi memperkenalkan versi dua pintu untuk sedan segmen kecil Cordoba yang berusia tiga tahun. Sementara sebagian besar pembuat mobil hanya menggunakan hatchback untuk kendaraan sporty, tiga pintu mereka, orang-orang Spanyol menganggap bahwa batang di belakang tidak akan merusak kemampuan mobil dan akan meningkatkan kegunaannya. Selain itu, pembuat mobil masuk ke Kejuaraan Reli Dunia dengan Cordoba WRC berdasarkan versi sedan dua pintu ini. Itu tidak menang, tetapi itu membuat pembuat mobil terkenal. Cordoba Coupe menunjukkan fasia depan yang sama dengan sisa kisaran. Ini menggunakan lampu dan grille yang sama, tetapi dari sana, perbedaannya mulai menumpuk. Pertama-tama, karena ia hanya memiliki dua pintu, mereka harus lebih lama untuk membuat ruang bagi penumpang belakang untuk masuk. Di belakang, pembuat mobil memasang jendela yang lebih luas. Di belakang, pembuat mobil menawarkan opsi untuk sayap di bagasi. Di dalam, kursi bersikeras menunjukkan beberapa aksen sporty dan memasang huruf merah pada panel instrumen, tetapi mereka menggunakan latar belakang hitam, bukan putih. Pembuat mobil menumpuk di tengah tumpukan kontrol HVAC, pemutar kaset radio, dan, di atas mereka, sepasang ventilasi. Untuk kursi, kursi memilih iBiza tiga pintu biasa, tanpa terlalu banyak memperkuat. Di bawah kap, kursi menawarkan cordoba coupe dengan mesin yang lebih baik daripada Ibiza atau Cordoba biasa dan dimulai dengan mesin 75 hp, 1,6 liter. Bagian atas garis adalah mesin bensin 2.0-liter, aspirasi alami yang menawarkan 150 hp. Semua versi dipasangkan ke gearbox manual lima kecepatan dan penggerak roda depan.