Cortina 1976 adalah begitu banyak Ford Taunus Jerman bahwa hampir mustahil bagi seorang non-spesialis untuk membedakan mereka dari yang lain. Bagaimana perkasa telah jatuh. Setelah mobil reli yang bagus dan mobil yang disegani pada kisi-kisi awal dalam perlombaan apa pun, Cortina menjadi hanya bayangan kendaraan yang mulia. Sekarang itu tersedia sebagai sedan dua pintu, sedan empat pintu, dan gerobak stasiun. Itu adalah kesuksesan komersial, tetapi tidak memiliki semangat bersemangat seperti sebelumnya. Pada dasarnya, versi facelifted dari Taunus TC2 tetapi dijual di era yang sama. Para pendahulunya menampilkan desain botol "Coca-Cola" untuk fender belakang, tetapi akuntan memutuskan bahwa itu lebih murah untuk membuat garis lurus. Kabinnya menampilkan pilar-ramping, dan itu bagus untuk visibilitas. Selama bertahun-tahun, mobil juga kehilangan lampu depannya dan menerima sepasang persegi panjang yang dilengkapi dengan sinyal belokan di sisi luar mereka. Grille plastik hitamnya mirip dengan yang diinstal pada model Taunus Jerman. Terlepas dari versi tubuh, Cortina menawarkan cukup ruang untuk lima penumpang, bahkan jika yang tengah dari bangku belakang tidak bisa tinggal terlalu lama karena terowongan transmisi tinggi yang melintasi kendaraan. Untuk versi station wagon, Ford memasang secideback lipat yang dapat memperpanjang area bagasi. Di bawah kap, Ford memasang pilihan mesin kecil, tetapi cocok untuk setiap kantong. Versi Base menampilkan mesin inline-empat 1,6 liter, sedangkan model opsi lengkap memberikan 110 HP dari unit V-6 2.3 liter.