Skoda membuat favorit pada tahun 1987 sebagai awal baru untuk merek Cekoslowakian, yang mencoba mengganti 120 / Estelle yang lebih tua dan beralih dari sistem penggerak roda depan. Model itu diluncurkan pada tahun 1987 di Brno Engineering Fair sebagai hatchback 5 pintu, gerobak stasiun 5 pintu, dan pickup 2 pintu (juga dikenal sebagai forman). Penjualan dimulai pada tahun 1987 untuk drive kiri dan, karena masalah keuangan, drive kanan siap hanya pada tahun 1989, sebelum revolusi beludru yang membebaskan negara itu dari rezim Komunis. Prototipe sedan 4 pintu sudah siap tetapi tidak pernah masuk ke produksi. Itu adalah kendaraan roda depan pertama yang dibangun oleh pembuat mobil. Alih-alih grille, perancang memasang panel metalik yang hampir menghalangi udara ke mesin. Pendinginan dilakukan melalui grille slatted di area bumper bawah, dan itu terbukti tidak memadai untuk lalu lintas kota. Di dalam, Favorit Skoda memiliki tata letak yang bersih dengan garis lurus. Cluster instrumen yang luas dan sedikit miring menampilkan kotak sarung tangan di sisi penumpang dan, yang pertama untuk Skoda, tumpukan pusat di mana pembuat mobil memasang kontrol ventilasi. Cluster instrumennya lebih lebar dari panel instrumen dan menutupi area yang digunakan untuk ventilasi dan beberapa tombol yang digunakan untuk defroster jendela belakang, lampu kabut, dan lampu interior. Gear-stick muncul melalui konsol tengah di sebelah area penyimpanan. Awalnya, favorit ini ditenagai oleh mesin bensin 1,3 liter yang menyediakan 62 hp. Itu dipasangkan ke gearbox manual 5-speed standar.