Skoda memperkenalkan facelift untuk generasi kedua Octavia pada 2008 dan menyimpan angka penjualan di atas grafik segmen kompak. Sementara industri otomotif berada di ambang keruntuhan karena krisis keuangan dunia, Skoda memperkenalkan versi facelifted untuk Octavia. Itu adalah produk terlaris, dan pembuat mobil siap dipukul oleh penurunan besar dalam penjualan. Tetapi departemen pemasaran mengatakan bahwa facelift dapat memperlancar drop dan tim teknik mempercepat pengantar facelift. Ada fasia depan baru untuk Octavia. Ini menampilkan lampu depan yang lebih besar dan tersapu dan gril yang lebih luas dengan lingkungan chrome. Bumper depan dimodifikasi juga dan menunjukkan gril yang lebih luas di bagian bawah dan dua sisi-polong untuk foglight yang baru dirancang. Di dalam, Skoda meningkatkan kualitas material dan memperkenalkan sistem infotainment baru di tumpukan tengah. Interiornya lapang, dengan banyak ruang untuk lima orang dewasa dan salah satu batang terbesar di segmen kompak. Dengan semua kursi di atasnya menyediakan 605 (21,4 cu-ft) liter ruang bagasi, yang bisa diperpanjang hingga 1655 liter (58,4 cu-ft). Di bawah kap, Skoda memasang berbagai mesin, mirip dengan yang ditawarkan pada versi sedan. Untuk versi yang dipilih, gearbox 7-percepatan otomatis (dual-clutch) tersedia dengan biaya tambahan.