Subaru tidak ingin membuang terlalu banyak waktu dengan versi facelifted dan memperkenalkan generasi ketiga Legacy setelah hanya enam tahun dari peluncuran generasi kedua. Pada tahun 2002 Subaru sudah menjadi nama yang diketahui di antara para penggemar mobil, dan Impreza adalah pesaing teratas dalam kejuaraan reli dunia. Bagi mereka yang membutuhkan kendaraan yang bagus, andal, luas, pembuat mobil Jepang membuat warisan, dan terutama gerobak warisan. Sebuah mobil yang dirancang untuk keluarga yang menawarkan keselamatan all-wheel-drive dan kenyamanan yang disediakan oleh suspensi independen di semua sudut. Pembuat mobil meningkatkan desain mobil, memahami bahwa tampilan yang baik akan membantu mobil yang dijual lebih baik. Meskipun itu bukan vanila semua orang, itu menunjukkan bahwa ia berusaha membuatnya lebih baik. Lampu depan yang lebih besar dan grille yang lebih tinggi menawarkan sikap yang lebih baik untuk gerobak all-wheel-drive Jepang. Di dalam, pembuat mobil Jepang menawarkan detail segmen premium seperti kontrol iklim otomatis, kursi kulit, dan banyak ruang untuk lima orang, meskipun terowongan transmisi yang melintasi kendaraan dari depan ke belakang. Subaru meminta para desainer untuk menginstal kursi rendah untuk membantu di sudut-sudut dengan pusat gravitasi yang lebih rendah. Untuk kesan yang baik tentang perjalanan panjang, pembuat mobil termasuk pengubah 6-CD sebagai standar pada level trim atas. Berkat bangku lipat belakang belakangnya, Wajib Wagon menyediakan hingga 68,6 cu-ft (1942 liter) dan panjang area kargo hingga 6,25 kaki (1,90 m). Subaru menginstal mesin boxer di bawah tenda yang dikawinkan dengan manual 5 kecepatan atau otomatis empat kecepatan. Mesin flat-enam dengan perpindahan 3.0 liter hanya tersedia di pasar yang dipilih, dan begitu juga dengan versi 2,0 liter turbocharged. Versi turbocharged menampilkan asupan udara di kap untuk intercooler.