Toyota meluncurkan generasi ketiga Avalon yang dibangun A.S. pada tahun 2005 dan berbagi underpining utamanya dengan Camry yang lebih dikenal. Dibangun di atas k-platform yang sama dengan saudara perempuannya, Avalon mencoba memuaskan mereka yang meminta kendaraan yang lebih kuat. Sementara empat-banger masih memberi daya pada standar Camry, Avalon hanya menampilkan V-6S. Itu bukan lagi pilihan anggota AARP yang disukai. Meskipun itu menyimpan tampilan keseluruhan klasik, Avalon memiliki tampilan yang dinamis. Headlights HID dengan desain Swept-back mereka memberi mobil gambar segar. Avalon menampilkan grille berwarna atau berlapis krom di atas bumper yang diprofilkan aerodinamis, tergantung pada level trim. Grille berbentuk trapesium yang sempit dipasang pada celemek, antara sendok samping yang menjadi tuan rumah lampu kabut. Pembuat mobil memasang sinyal belok di cermin pintu. Di belakang, lampu belakang menggunakan bentuk seperti Lexus dan dua knalpot di bawah bumper. Di dalam, Avalon lebih mewah daripada saudara kandungnya. Cluster instrumen yang luas menutupi tombol dan layar navigasi yang ditempatkan di atas tumpukan tengah. Untuk mempertahankan tampilan yang bersih untuk dasbor, Toyota menempatkan penutup pada sebagian besar fitur, terlepas dari tombol kontrol iklim. Semua area penyimpanan dari konsol dan radio menampilkan penutup pegas. Sistem yang tidak biasa adalah untuk kemiringan dan mencapai kontrol setir, dengan dua tuas terpisah. Di belakang, Avalon lapang, bahkan untuk tiga orang. Avalon adalah mobil besar dengan mesin Punchy V-6 di bawah tenda. Toyota berpasangan dengan gearbox otomatis enam kecepatan. Tapi itu bukan sedan sporty; Itu adalah Camry yang lebih mewah dan lebih cepat.