Itu adalah salah satu kendaraan coupe sport-kompak terbaik dari eranya, dengan sukses besar karena judul kejuaraan reli dunia. Versi jalanan adalah cerita yang berbeda. Toyota Celica ditawarkan dengan tiga gaya bodywork: hatchback-coupe, coupe tiga box, dan convertible. Versi Hatchback-Coupe adalah model dasar untuk mobil reli, dengan mesin turbocharged dan all-wheel-drive. Orang Eropa menerimanya, tetapi mereka tidak mendapatkannya dengan versi convertible dan tiga kotak coupe. Versi A.S. tersedia dengan ketiga bodyworks. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yang menampilkan lampu pop-up, Celica 1994 menampilkan empat lampu depan dan tidak ada gril. Mesin didinginkan melalui grille lebar terintegrasi depan. Garis-garis cairan samping khas untuk era biodesign ketika mobil dirancang. Di dalam, ada empat kursi yang dipasang, tetapi ruang belakang sangat terbatas. Interior menampilkan dasbor berorientasi driver dan kursi depan yang didukung tinggi. Mobil itu dilengkapi dengan airbag ganda untuk penghuni depan, tetapi ABS adalah opsional untuk model dasar. Pendingin udara dipasang sebagai standar pada level trim GT. Mesin dasar ditingkatkan atas pendahulunya dari 1,6 liter hingga 1,8 liter, sedangkan versi teratas adalah unit 2,2 liter. Di Eropa, turbocharged 2.0-liter yang disedot dan 2,0 liter ditawarkan, yang kemudian dikawinkan dengan sistem penggerak semua roda. Model A.S. dilucuti dari itu dan Celica ditawarkan dengan drive roda depan saja. Sebuah trek yang lebih luas dan suspensi yang lebih kaku atas pendahulunya membuat Celica 1994 lebih baik di sudut-sudut.