Generasi keempat Toyota Yaris diluncurkan secara bersamaan di Jepang dan Eropa, menandakan sekali lagi bahwa didasarkan pada arsitektur global baru terbaru Toyota (TNGA), yang dikembangkan dengan tuntutan penduduk kota di dalam pikiran. Para pendahulunya disebut Vitz di pasar Jepang, tetapi penurunan penjualan mendorong Toyota untuk mengganti nama Yaris di mana-mana, termasuk di pasar asalnya. Menggunakan platform GA-B untuk pertama kalinya telah memungkinkan Yaris baru menyusut dalam ukuran eksterior sambil menawarkan lebih banyak ruang interior. Tidak seperti saingan lain, Toyota telah mengurangi panjang model 5 mm, sedangkan wheelbase meningkat 50 mm untuk lebih banyak ruang penumpang dan kelincahan yang lebih baik selama mengemudi dan parkir kota. Desain yang jauh lebih sporty juga mendapat manfaat dari pengurangan 40 mm dalam ketinggian mobil, dengan lebar lintasan depan dan belakang yang lebih luas melengkapi desain keseluruhan Telle. Yaris generasi keempat juga lebih luas 50 mm, menghasilkan lebih banyak ruang interior untuk penumpang depan dan belakang, yang juga duduk lebih rendah di kabin daripada sebelumnya. Teknologi hybrid generasi keempat Toyota juga melakukan debut di Yaris 1.5 Hybrid, yang menggunakan mesin Atkinson tiga silinder 1,5 liter dan motor listrik kecil. Baterai nikel-logam hidrida dari pendahulunya telah diganti oleh satu lithium-ion, yaitu 27 persen lebih ringan.