Berdasarkan Vauxhall GTC, versi VXR adalah model sportiest dalam jangkauannya dan, ketika diluncurkan, itu adalah mobil penggerak roda depan paling kuat di U.K. Pasar Hot-Hatch yang ringkas berevolusi dari kekuatan untuk terlihat. Ketika Vauxhall / Opel mengerti bahwa, itu membuat model GTC, versi sporty dari Astra. Tapi itu lebih banyak! Meskipun memiliki beberapa pendahulu dengan mesin sporty, itu menginstalnya hanya pada versi GTC, yang lebih dari coupe daripada hatchback biasa. Di luar, VXR mengambil bodywork yang sama dari versi GTC tetapi meningkatkannya dengan kit tubuh yang lebih agresif. Spoiler depan yang lebih besar, kusen samping yang lebih diprofilkan dan spoiler atap di belakang menyelesaikan gambar "Bad-Boy-Racer". Knalpot kembar di belakang dengan tips Chrome ditawarkan untuk memperkuat gambar sporty. Selain itu, opsi untuk paket aerodinamis menambahkan spoiler kedua di atas atap-spoiler. Di dalam, ada dasbor Astra biasa dengan beberapa lencana VXR pada tuas tongkat roda gigi dan setir bawah-bawah. Mereka juga mendesain ulang dial, yang menyala merah ketika mode VXR terlibat. Tetapi perhatian paling tertarik oleh kursi olahraga-ember dengan lubang-lubang di sandaran kepala terintegrasi, seperti itu untuk perlombaan harness. Untuk drivetrain, VXR mempertahankan struts yang sama di tautan depan dan dewatt di belakang, tetapi dengan peredam adaptif. Power berasal dari mesin 280 HP dan pergi ke roda depan melalui manual 6-speed dan, yang paling penting, melalui diferensial selip terbatas mekanis.