Sementara orang Italia dan pembuat mobil Prancis menikmati kesuksesan besar dengan Fiat 124 mereka dan Peugeot 504, Volkswagen terjebak dengan kumbang yang sudah tertanggal. Dengan demikian, pembuat mobil Jerman sangat membutuhkan produk baru untuk menggantikan mobil orang-orang terkenal. Prototipe yang berbeda diproduksi dimulai dengan awal 1950-an, tetapi hanya satu dari proyek pengembangan yang dianggap sebagai dasar golf baru, EA337. Kurt Lot, Direktur Jenderal Volkswagen, mengunjungi Turin Auto Show 1969 dan memilih mobil favoritnya, 4 dari 6 yang dirancang oleh Giorgetto Giugiaro. Giugiaro diundang untuk bekerja pada proyek EA337, VW memberi dia dimensi dasar dan opsi kereta daya. Desain "Lipat-Kertas" Giurgio menampilkan sudut tajam, panel datar, lampu depan persegi panjang, dan lampu ekor lebar. Pada saat golf saya memasuki produksi, versi definitif menampilkan headlamp bundar dan lampu belakang yang lebih sempit. Meskipun golf yang saya dirancang sebagai penerus kumbang, model baru ini sebenarnya sama sekali berbeda dalam hal mekanis: VW bergeser dari drive roda belakang dan mesin berpendingin udara yang dipasang di belakang ke roda depan-roda- sistem dan powerplants pendingin air. Dengan mesin melintang yang dipasang di depan gandar depan, ruang yang dibuat dalam jejak mobil memungkinkan penggunaan maksimal. Sementara kumbang memiliki sasis tradisional dan konstruksi dua potong tubuh, VW Golf saya menampilkan desain monocoque. Dua dari empat powerplants yang tersedia dipinjam dari Audi, sedangkan 2 lainnya adalah bagian dari proyek pengembangan EA111 asli. Kekuatan mereka berkisar antara 50 hp hingga 70 hp.