Phaeton 2010 adalah salah satu kendaraan yang paling diremehkan pada masanya. Itu memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan limusin dan bahkan lebih dari sebagian besar mobil mewah, tetapi masih belum berhasil masuk ke segmen premium. Volkswagen memutar dadu dengan dua kendaraan: Touareg dan Phaeton. Sementara Touareg adalah hit dan penjualannya kuat, Phaeton tidak masuk ke dalam lingkaran eksklusif produsen mobil premium. Itu adalah Ferdinand Piech, mantan ketua Grup Volkswagen, yang mendorong mobil ke jalur perakitan dengan keinginan untuk bersaing melawan Mercedes-Benz S-Class dalam hal kemewahan dan fasilitas. Generasi pertama Phaeton diluncurkan pada tahun 2002 dan berbagi platform yang sama dengan kakaknya, Bentley Flying Spur. Sayangnya, gaya itu sangat dekat dengan generasi kelima dari Volkswagen Passat, tetapi dengan jarak tempuh yang lebih panjang. Pada saat peluncuran, Phaeton memiliki wheelbase terpanjang di lineup merek, untuk versi LWB-nya. Di dalamnya ada daftar panjang fasilitas yang bisa melampaui S-Class. Perhatian terhadap detail sangat besar. Misalnya, ventilasi udara ditutupi oleh trim kayu dan dibuka hanya ketika dibutuhkan. Tinggi sabuk pengaman yang dapat disesuaikan dapat disesuaikan secara elektrik. Kursi belakang memiliki opsi untuk pemanasan dan ventilasi. Jendang berinsulasi kembar memastikan kebisingan dan perlindungan iklim yang lebih baik. Phaeton tersedia dengan mesin berkisar antara 240 HP dan 450 HP dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Untuk sistem keselamatan, layak disebutkan kontrol pesiar adaptif. Itu tidak biasa untuk 2010.