Generasi kelima POLO dirilis pada 2009 di Jenewa Motor Show, dan itu hanya satu inci lebih pendek dari generasi kedua Golf Volkswagen. Pada polo kelima, Volkswagen sudah mengerti bahwa itu harus membuat skala penuh dengan semua versi tubuh yang tersedia ketika memperkenalkan generasi baru. Mungkin itu tidak memiliki semua mesin atau transmisi, tetapi setidaknya itu harus menunjukkan versi 3- dan 5 pintu untuk polo kecil. Itu adalah langkah penting dari sudut pandang desain dengan garis-garis sudut dan fasia depan yang tampak sporty. Lampu halus dan gril lebar di sisi bawah bumper menginspirasi sensasi sporty. Versi tiga pintu menampilkan garis jendela yang sedikit naik dan tetap Windows di belakang. Volkswagen menganggap bahwa jendela pop-out, berengsel depan tidak berguna untuk penumpang belakang tetapi sangat menjengkelkan bagi mereka yang berada di kursi depan. Di dalam, polo 3 pintu menawarkan kursi ember di bagian depan dengan konsol tengah di antara mereka yang memakai tongkat roda gigi dan rem tangan. Dasbornya khas untuk Volkswagen, dengan tepi bulat, bahan lunak, dan tumpukan pusat untuk sistem infotainment dan unit kontrol iklim. Di cluster instrumen, desainer POLO memasang tampilan TFT antara speedometer dan tachometer dan menghapus level bahan bakar dan pengukur suhu pendingin. Di belakang, bangku split-lipat (60:40) dipasang sebagai standar. Di bawah tenda, Volkswagen memasang berbagai mesin diesel dan bensin berkisar antara 60 hp dan 105 hp. Polo GTI adalah cerita yang berbeda.