Pada tahun 1966, Volvo meninggalkan jalur desain lama dari Amazon dan pindah ke tingkat yang berbeda yang disimpan sampai tahun 90-an: desain kotak. Pada saat yang sama, itu memperkenalkan nama-nama penunjukan baru dengan tiga angka: Pertama adalah serangkaian kendaraan, angka kedua adalah jumlah silinder dan yang terakhir adalah jumlah pintu. Pada tahun 1967, Volvo meluncurkan versi dua pintu untuk seri 1, dengan empat mesin silinder. Jadi, namanya 142. Desain eksterior minimalis memiliki tampilan visual dari kotak besar yang berisi bagian depan, menengah ke atas totline dan bagasi di kotak yang sama dan kotak kedua di atas, untuk rumah kaca. Coupe adalah versi sedan, tetapi dengan dua pintu dan dua jendela samping. Interiornya sangat sederhana, dengan dasbor lurus dan panel instrumen lengkap yang berisi tachometer, speedometer, level bahan bakar, suhu pendingin, tekanan oli, dan tegangan baterai, bersama dengan beberapa lampu peringatan. Kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi manual memiliki tongkat di lantai sementara versi transmisi otomatis memiliki tuas di belakang setir. Mesinnya adalah 1,8 liter empat silinder dalam tiga output, tergantung pada sistem bahan bakar. Semua dengan karburator tetapi berbeda. Model utama adalah dengan karburator double-double-double-double yang dilumasi minyak. Pada tahun 1971, mesin 2.0 liter baru diperkenalkan dan disuntikkan bahan bakar dan output daya adalah 136 HP (SAE). Transmisi otomatis dipindahkan ke lantai dan menerima tuas T-bar.