Bus Volkswagen tua yang mengguncang jalan ke Woodstock adalah minivan yang memulai semuanya, dan multivan 2003 adalah pendahulu kelima. Pembuat mobil Jerman sudah dikenal dengan lineup LCV-nya dan mencoba membuatnya ke segmen mobil. Layak disebutkan bahwa, pada tahun 2003, kendaraan komersial Volkswagen dan mobil Volkswagen berbeda dengan tubuh yang sama dan, kadang-kadang, mereka tidak mengikuti jalur yang sama atau menggunakan bagian yang sama. Multivan didasarkan pada generasi transporter kelima dan adalah orang kelas atas - operator untuk merek Jerman. Tidak seperti saudara kandungnya, transporter, Kombi, atau antar-jemput, multivan dirancang untuk bersaing melawan Mercedes-Benz V-Class dan GMC Sonoma. Itu masih menjaga bentuk boxy yang sama dari luar tetapi dengan tampilan yang lebih halus berkat lampu depan yang dirancang dengan baik yang menyerupai yang diinstal pada passat, dengan garis berbentuk V menunjuk ke arah VW Badge. Kisi-kisi dua bilahnya memakai aksen Chrome untuk meningkatkan tampilan kelas atas itu, dan bumper depan tinggi menampilkan foglight di bagian bawah. Tergantung pada opsi, mobil tersedia dengan satu atau dua pintu geser untuk penumpang belakang. Di dalam, Divisi Volkswagen LCV memasang kursi tinggi untuk tujuh dan rel geser untuk berbagai peralatan interior seperti meja lipat, kulkas, atau kantor seluler. Kursi kapten memiringkan dan berputar memungkinkan pemilik untuk menggunakan mobil sebagai kantor lapangan. Tergantung pada opsi, pengguna dapat mengubah kendaraan menjadi motor kecil. Tidak seperti banyak pesaing, multivan tersedia dengan mesin turbo-diesel efisiensi bahan bakar dan sistem all-wheel-drive. Selain itu, suspensi independen di semua sudut dan transmisi otomatis membuatnya cocok dengan kendaraan yang nyaman dan aman untuk setiap kesempatan.