window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Perihal Maraknya Dugaan Motor Tiongkok Jiplak Desain, Begini Tanggapan Yamaha

Ary · 6 Mei, 2024 19:00

Motor China Jiplak Desain

Motor asal Tiongkok yang mirip dengan Yamaha QBIX
  • Desain salah satu ikon dari sebuah produk
  • Beberapa motor asal China punya tampilan identik dengan motor yang sudah eksis
  • Setiap pabrikan sudah memiliki hak paten

Desain menjadi salah satu ikon dari sebuah motor. Namun, apa jadinya jika faktor tersebut malah dimanfaatkan untuk mencuri perhatian calon konsumen? Seperti halnya motor-motor China yang kami temui baru-baru ini, di mana memiliki kecenderungan menjiplak desain produk tertentu.

Misalnya saja motor asal Tiongkok berlabel QCIX EC di atas. Bagian Fasad, terutama bentuk lampu dan panel bodinya sangat identik dengan Yamaha QBIX buatan Thailand. 

Belum lagi penempatan nama brand yang juga berlokasi di bagian samping pada bodi depan. Bedanya, QCIX tak menggunakan mesin bakar alias combustion engine melainkan sebuah motor listrik. 

Bukan cuma itu, kami pun menemukan adanya kemiripan desain motor Yamaha lain yaitu Yamaha NMax dan All New Yamaha NMax. Walau lampu utamanya dibuat berbeda, bentuk lampu sein dari kedua foto motor ini jelas merujuk kepada motor buatan Yamaha Indonesia. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Motor China Mirip Yamaha NMax

Motor listrik dengan desain mirip Yamaha NMax

Baca juga: Motor Sport Tiongkok Yang Jiplak Habis Ducati Panigale

Yamaha Tunggu Instruksi Pusat

Lantas, bagaimana Yamaha menanggapi hal ini? Antonius Widiyanto, Assistant General Manager Marketing-Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan pihaknya sudah mengetahui hal tersebut. 

"Sebenarnya bukan hanya NMax. Ada beberapa model lain dan di beberapa negara juga itu benar-benar dijiplak. Artinya, saat ini kita menunggu (langkah) dari prinsipal terkait upaya dan sikap dari mereka. Mereka pasti notice namun pasti mempertimbangkan banyak hal," ungkapnya saat bincang dalam sela acara Clan of Classy di Solo, Jawa Tengah baru-baru ini. 

Dengan kata lain, Yamaha Indonesia akan menunggu instruksi dari Yamaha pusat dalam hal ini Yamaha Motor Corporation (YMC). "Kami menunggu dari prinsipal karena pemegang paten itu mereka. Sejauh ini mereka masih melihat, kalau memang ada upaya  dan diminta support pasti kami akan bantu mereka," terang Anton lagi. 

Piaggio Group Bertarung ke Pengadilan Uni Eropa

Faktanya bukan hanya pabrikan Jepang seperti Yamaha saja yang menemukan penjiplakan produk mereka. Hal serupa juga ditemui Vespa selaku brand di bawah naungan Piaggio Group. 

Jiplak Desain Vespa

Emblem pada salah satu motor dari China ini bertuliskan Vera, bukan Vespa.

Baca juga: Daftar Motor Jialing yang Jiplak Habis Model Populer di Indonesia

Piaggio mendapati sebuah pabrikan Tiongkok yakni ZNEN (Zhejiang Zhongneng) melakukan kopi desain terhadap motor Vespa. Bahkan, perseteruan Piaggio dan ZNEN berlanjut hingga ke Pengadilan Uni Eropa (CJEU). 

Hasilnya, Piaggio memenangkan hak paten sekaligus mendapatkan pengakuan resmi. Dengan kata lain, produk ZNEN tersebut tidak boleh beredar atau dijual ke kawasan Eropa. 
 

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });