window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tertarik Ngegas Mobil Balap Radical Motorsport di Sirkuit Mandalika? Segini Biaya Sewanya

Prasetyo · 19 Mei, 2024 12:01

mandalika radical motorsport experience

Bertajuk Mandalika Radical Experience, PT Nora Jelajah Dunia (NORA) kini menyediakan unit mobil balap Radical Motorsport yang bisa disewa untuk digunakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Program yang bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) ini ingin memberikan kesempatan bagi semua masyarakat Indonesia untuk merasakan ngebut dengan mobil balap Radical Motorsport di Pertamina Mandalika International Circuit.

"Kami senang dengan kesepakatan ini, karena sejak akhir tahun lalu pihak MGPA dengan Radical memang sudah berdiskusi tentang program apa untuk Mandalika khususnya di bidang motorsport dengan kendaraan alternatif," buka Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA ketika ditemui, Sabtu (18/05/2024).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

mandalika radical motorsport experience

PT NORA jadi pemegang merek Radical Motorsport di Indonesia

Lebih lanjut ia menjabarkan, pada saat pihak PT NORA ditunjuk oleh prinsipal Radical Motorsport di Inggris untuk memasukkan unit mobil balap Radical, maka menurut Priandhi, langkah ini sesuai dengan apa yang pihaknya inginkan dalam rangka menyajikan satu pengalaman motorsport yang berbeda.

"Karena secara unit, Radical ini rasa berkendaranya sporty sekali, mesinnya juga kencang, pengendaliannya enak, top speed juga bagus. Dan ketika data demo unitnya, saat dicoba semuanya merasa senang," lanjut Priandhi.

Baca juga: Mobil Balap Radical Motorsport Siap Masuk Indonesia

Biaya Sewa Mobil Balap Radical Motorsport di Sirkuit Mandalika

mandalika radical motorsport experience

Siap dijaal siapapun di Sirkuit Mandalika

Jika kalian tertarik menjajal mobil balap tanpa atap ini, program Mandalika Radical Experience dibagi dalam dua kategori yaitu Arrive & Drive dan Passanger Ride.

"Untuk yang Arrive & Drive itu peserta nyeir sendiri tapi didampingi instruktur, sementara untuk Passanger Ride peserta duduk di bangku penumpang," jelas Didit Adipratama selaku Marketing director Radical Motorsport Indonesia (NORA).

Ia menyebut, ada 6-10 unit Radical Motorsport yang akan tiba di Sirkuit Mandalika, unit yang disediakan ada Radical SN1 XXR dan SN3 XXR, keduanya bisa digunakan untuk Arrive & Drive maupun Passenger Ride.

Berikut harga sewa Mandalika Radical Experience:

  • Arrive & Drive mulai dari Rp 7.499.000 menggunakan Radical SR1 XXR sebanyak 6 lap
  • Passenger Ride mulai dari Rp 3.999.000 menggunakan Radical SR1 XXR sebanyak 4 lap

Selain paket harga sewa tadi, pihak NORA juga menyediakan paket sewa dengan menggunakan Radical SR3 XXR yang tentunya dengan harga berbeda dan ketentuan berbeda pula.

mandalika radical motorsport experience

Bisa jadi pengemudi atau penumpang

Sebagai informasi, harga paket sewa mobil balap Radical itu para peserta akan mendapatkan pelatihan safety driving khususnya untuk balapan di sirkuit, kesempatan melatih diri di Simulator Race, serta mendapatkan Racing Suite yang lengkap mulai dari sepatu hingga helm balap.

"Jadi peserta tinggal datang saja ke Mandalika tidak perlu bawa apa-apa karena semua sudah kita siapkan semua," ucap Didit.

Baca juga: Mau Jajal Toyota Agya GR 2023 Spek Balap di Sirkuit Mandalika? Sewa Aja!

Program Radical Racing School

mandalika radical motorsport experience

Tersedia program pelatihan jadi pembalap profesional

Bukan cuma memberi kesempatan untuk memacu mobil balap Radical beberapa lap saja di Sirkuit Mandalika, namun ternyata ada beberapa program Mandalika Radical Experience lainnya.

Yaitu Radical Racing School, yakni program yang mengajak anak-anak muda di Indonesia yang begitu mencintai motorsport khususnya balap mobil, untuk mengikuti pelatihan menjadi pembalap Radical.

Yasuo Senna Iriawan yang merupakan Pegokart muda Indonesia dan kini menjadi Profesional Drive Pertamina Mandalika International Circuit menjelaskan kalau Radical Racing School terbagi dalam tiga kelas berbeda.

"Ada kelas Beginner, Intermediate, dan kelas Professional," katanya.

Selama pelatihan ini, peserta akan diasah kemampuannya dalam menaklukkan setiap tikungan di lintasan balap, serta bagaimana memacu mobil balap yang aman namun bisa tetap jadi juara.

mandalika radical motorsport experience

Mobil balap Radical Motorsport

Tetap menggunakan unit mobil balap Radical Motorsport, peserta juga akan diberi pengetahuan seputar kemampuan maksimal dari kendaraan itu, serta dipraktekkan untuk dapat menguasai mobil balap bermesin Suzuki Hayabusa tersebut.

Jika sudah berhasil lulus, nantinya akan ada sertifikat balap yang bakal diberikan kepada peserta.

"Kalau tadinya dia masuk kelas Beginner kemudian bisa naik ke Intermediate, terus naik ke kelas Pro kemudian lulus, kalau dia mau jadi pembalap profesional di kejuaraan Nasional, kita akan bantu urus juga kebutuhan dokumennya sampai dia dapat izin start," sebut Senna.

Dengan adanya pelatihan seperti ini, ia berharap balapan bisa lebih mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat Indonesia dan menjadi industri baru di Tanah Air.

Baca juga: Mengenal UIRT-02 dan BM-12, Mobil Balap Buatan Mahasiswa UI serta UGM

Radical Academy

mandalika radical motorsport experience

Dari pembalap simulator bisa jadi pembalap sungguhan

Satu lagi program dari PT NORA adalah Radical Academy, bentuknya mirip Nissan GT Academy yang pernah berlangsung beberapa tahun lalu, namun yang ini pakai mobil balap Radical.

"Program ini diharapkan semua orang bisa merasakan lifestyle dari motorsport. Tidak perlu langsung terjun jadi pembalap, tapi bisa dimulai dar simulator balap yang kemudian berujung balapan dengan mobil aslinya," sebut Didit.

Program Radical Academy ini mengajak siapa saja yang merasa jago bermain simulator balap untuk mencatatkan waktu terbaiknya di Radical Racing Simulator.

Peserta bisa mendaftar saat acara The Elite Showcase di ICE BSD City yang berlangsung 18-19 Mei 2024 atau nanti akan ada lagi di PIK Avenue, Jakarta Utara.

mandalika radical motorsport experience

Dicari 6 finalis untuk jadi pembalap Radical

Semua peserta yang mendaftar itu nantinya akan dicari 40 driver dengan cattan waktu paling singkat untuk menuju semi final.

Kemudian dari 40 peserta terbaik itu akan disaring lagi menjadi 6 peserta yang bakal masuk ke Grand Final.

"Nantinya 6 peserta akan berangkat ke Mandalika untuk coba langsung mobil aslinya," lanjut Didit.

Dengana danya program Radical Academy ini, ia berharap bisa digelar event Radical Cup Indonesia yang merupakan balapan dengan memakai mobil Radical.

Sebab Radical Cup sendiri disebutkan olehnya sudah ada di 14 negara berbeda di dunia termasuk di Amerika Serikat, Eropa, Australia, bahkan di Filipina.

"Harapannya akan ada Radical Cup Indonesia yang nantinya perwakilan terbaik kita kirim ke tingkat Asia Pasifik," tukas Didit.

Baca juga: Tips Modifikasi Toyota Agya 2023 Biar Tampil Ala Mobil Balap dengan Budget Hemat 

Harga dan Spesifikasi Radical SR1 XXR serta SR3 XXR

mandalika radical motorsport experience

Unit yang ini Radical SR3

Kalau masih penasaran dengan mobil balap Radical, berikut ini spesifikasi Radical SR1 XXR dan Radical SR 3 XXR yang unitnya bisa kalian sewa di Sirkuit Mandalika.

Mobil balap 2 penumpang ini punya panjang 3.860 mm, lebarnya 1.560 mm, dengan tinggi 1.020 mm.

Profil tubuhnya sangat rendah untuk menunjang aerodinamika, namun mobil ini hadir tanpa pintu dan tanpa atap, sebagai gantinya ada roll bar yang melindungi bagian samping, depan, dan belakang pengemudi maupun penumpang mobil tersebut.

mandalika radical motorsport experience

Beratnya cuma 600 kg

Berat keseluruhan mobil ini hanya 510 kg untuk SR1 dan 600 kg untuk SR3, hal itu bisa terjadi karena sebagian besar bodi kendaraan tersebut terbuat dari serat karbon komposit.

Untuk mesinnya berkapasitas 1.340 cc 4 silinder RPE Gen 5 yang mampu menghasilkan tenaga 190 PS, selain itu ada juga SR3 RS yang menggunakan mesin 1.500 cc 229 PS dengan torsi 182 Nm 

mandalika radical motorsport experience

Tampilan kokpitnya

Dipadankan transmisi sequential 6 percepatan, mobil ini diklaim sanggup melesat hingga 222 km/jam dengan catatan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,5 detik saja.

Spesifikasi Radical SR1 XXR dan SR 3 XXR
  SR1 XXR SR3 XXR
Dimensi
Panjang 3.860 mm 4.077 mm
Lebar 1.560 mm 1.799 mm
Tinggi 1.020 mm 1.093 mm
Ukuran roda 13" x 7" (depan) 15" x 8" (depan)
  13" x 9" (belakang) 16" x 10.5" (belakang)
Mesin
Tipe mesin RPE Gen 5 DOHC Liquid Cooled 16 valve
Kapasitas silinder 1.340 cc 1.500 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 190 PS 229 PS
Torsi maksimum 163 Nm 182 Nm
Transmisi 6-percepatan Integral Sequential
Sistem penggerak roda Penggerak Roda Belakang
Sasis
Suspensi depan Fully Adjustable Nik-link Suspension
Suspensi belakang Fully Adjustable Nik-link Suspension
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Ventilated disc

Kalau kalian tertarik dengan mobil balap Radical Motorsport, pihak PT NORA juga menyediakan unit jika hendak memilikinya.

Adapun harganya Rp 1,5 miliar untuk tipe SR1 XXR dan Rp 2,5 miliar untuk SR3 XXR, dengan catatan itu harga di Inggris, belum termasuk pajak dan biaya pengiriman ke Indonesia.

Selain itu perlu kalian ketahui pula, ini adalah kendaraan jenis Track Only jadi penggunaannya hanya untuk di lintasan balap, bukan jalan umum.

 

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil