BMW i3 adalah motor listrik yang lebih dahulu dengan label BMW eDrive, yang juga disebut oleh pembuatnya sebagai hybrid sinkron dalam desain. Ini dikembangkan dan juga digunakan di BMW i8. Ini dipasang di bagian belakang mobil dan menggerakkan roda belakang melalui transmisi kecepatan tunggal.
Meskipun revs hingga 11.400rpm dan menghasilkan hingga 168bhp, itu adalah output torsi (184lb ft) yang paling penting, karena ini tersedia dari detik Anda menekan pedal gas. Akselerasi yang mulus dan hampir tak henti-hentinya yang dihasilkan dari ini pada awalnya benar-benar terasa canggung karena kesunyian yang menyertainya dan itu menjadi cukup membuat ketagihan.
Versi dasar membanggakan motor listrik yang diberi daya 170 tenaga kuda, sedangkan versi sport menyodorkan angka itu hingga 184 hp. Bobot tepi jalan yang relatif lentur membantu i3 memaksimalkan daya yang dihasilkannya. Tidak ada kotak roda gigi konvensional, tetapi akselerasinya mulus dan halus.
Dengan jarak tempuh 153 mil, BMW i3 2020 dapat menangani hampir semua perjalanan, tetapi tidak memiliki tempat yang dekat dengan jangkauan cadangan para pesaingnya. Dengan pengisi daya level-2 opsional yang dipasang di rumah, BMW i3 mampu mengisi daya baterai 80% hanya dalam 40 menit (4x lebih cepat daripada mengisi daya dengan stopkontak konvensional 110V).
Pengisi daya level 2 memerlukan jenis sambungan listrik yang sama dengan mesin cuci dan pengering dan mudah dipasang di sebagian besar rumah. Di banyak area, stasiun pengisian DC tersedia untuk mengisi daya i3 dalam waktu yang lebih singkat. Bagi pemilik, ini berarti peningkatan kenyamanan dan ketenangan pikiran.
Tidak seperti semua mobil listrik lain di segmennya, BMW i3 dibangun di atas platform yang unik. Ini terdiri dari sasis aluminium dan bodi plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP), diikat menjadi satu. Artinya, sangat kuat, kaku, dan yang terpenting, ringan.
Itu untuk keuntungan penanganan tentu saja, meski sisi tinggi, trek sempit dan velg ramping aneh 5J x 19 inci dan ban 155/70. Di depan ada penyangga MacPherson sederhana meskipun poros belakang mendapatkan tata letak lima tautan canggih yang dipasang langsung ke modul drive.
Kemudian kap hitam, kaca samping yang unik, dan bagian belakang yang mulus mengalihkan perhatian mata dan detail di lampu belakang sangat cantik. Dengan panjang 3999mm, itu sekitar 300mm lebih pendek dari Volkswagen Golf, tapi lebarnya hampir sama, yang mengejutkan. Itu disamarkan oleh atap yang lebih tinggi 120mm di i3, memberikan lebih banyak ruang kepala.
Interior BMW i3 memiliki kemampuan untuk meyakinkan pembeli seperti halnya biaya operasional yang rendah dan powertrain listrik. Sementara beberapa tombol dan switchgear adalah item BMW yang tidak asing lagi, sebagian besar instrumentasinya unik untuk merek BMW i dan benar-benar meningkatkan kesan futuristik i3.
Misalnya, layar seperti tablet menggantikan instrumen di belakang roda kemudi berbalut kulit dan logam yang terlihat langsung dari mobil konsep. Dan drive selector juga baru dan lebih intuitif untuk digunakan daripada yang terlihat, dengan fungsinya hanya dengan menjentikkan jari.
Di luar semua itu, terdapat pintu belakang berengsel belakang membuat akses mudah ke kursi belakang juga. Selain itu, terlihat paling baik saat dilengkapi dengan salah satu paket desain interior, tetapi bahkan dalam bentuknya yang paling dasar pun unik dan menarik, dengan banyak detail untuk dikagumi seperti permukaan karbon yang terpapar di pintu dan pilihan banyak bahan terbarukan seperti kayu eukaliptus berpori terbuka dan bahkan wol. Ini interior terbaik BMW sejauh ini.
Segmen | Segmen B |
Type body | Hatchback |
tenaga motor listrik | - PS |
jarak tempuh mode listrik | - km |
tipe baterai | 42.2 kWh |
Tempat Duduk | 4 |
BMW i3 adalah mobil listrik yang dapat memanjakan keingianan Anda. Dengan tampilan desain interior BMW i3 2020 tetap menyenangkan dengan bahan dan desain yang sangat baik. Sayang sekali tidak ada banyak ruang untuk kargo atau penumpang kursi belakang.
Range extender opsional memungkinkan i3 menempuh jarak hingga 200 mil, meskipun itu tidak dimaksudkan untuk menjadikan i3 sebagai road-tripper. Sebagian besar pesaing memberikan jangkauan sekitar 240 hingga 310 mil, menjadikannya pilihan yang jauh lebih praktis bagi sebagian besar pengemudi.
Kemudian untuk ban tipis nya tersebut dirancang lebih dengan mempertimbangkan tahanan gelinding yang rendah daripada cengkeraman lateral juga sehingga sangat mudah untuk mengatasi cengkeramannya di jalan - terutama di jalan basah. Kemudi tenaga listrik tidak terasa, tetapi langsung menyenangkan dan i3 memiliki turning circle yang fantastis. Untuk harganya sendiri mobil BMW i3 ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 1.3 miliar
Powertrain yang baik
Penampilan yang menarik perhatian
Interior yang menampakkan secara detail
Quick Charging
Menawarkan perjalanan yang nyaman
Seperti supercar i8, i3 adalah BMW pertama yang dibuat menggunakan bahan plastik bertulang serat karbon revolusioner yang memiliki kekuatan baja dengan setengah bobotnya.
Adanya teknologi i3 berlanjut ke beragam sistem parkir dan penghindaran tabrakan. Alat bantu parkir yang tersedia antara lain kamera tampak belakang, sensor jarak, dan asisten parkir revolusioner yang mampu mencari tempat parkir yang sesuai dan secara otomatis memarkir kendaraan di ruang yang ditentukan.
Salah satu fitur paling inovatif BMW i3 adalah sistem pengereman regeneratifnya. Setelah pengemudi mengangkat kakinya dari pedal gas, i3 secara otomatis memulai sistem regeneratif yang mengubah energi kinetik kendaraan menjadi listrik yang disalurkan ke baterai.
Ineffective range extender
Biaya mahal
Small boot
Range anxiety telah secara luas dilaporkan sebagai kelemahan utama kendaraan listrik. Dengan stasiun pengisian listrik yang hampir tidak ada di mana-mana seperti stasiun pengisian bahan bakar bensin, pengemudi i3 mungkin merasa seolah-olah mereka hampir terdampar di kendaraan mereka.
Tidak.BMW I3s tidak memiliki rencana peluncuran pada tahun 2021.
Baca LebihBMW I3s akan bersaing dengan Daihatsu Ayla, Chevrolet Spark, Fiat 500, Hyundai Grand i10, Kia Pic…
Baca Lebih