Street Model | 149 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Model | Street |
Kapasitas | 149 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | - |
Memiliki desain retro dengan gaya café racer
Lampu depan sudah LED model Daymaker
Bobotnya cukup ringan
Harganya sangat terjangkau untuk ukuran motor sport 150 cc
Kenyaman berkendara lebih baik
Terlalu sederhana dari segi teknologi atau fiturnya
Sistem suplai bahan bakar masih menggunakan model konvensional
Sistem pengeremannya belum mengandalkan teknologi Anti-lock Braking System (ABS)
Jaringan purnajual Benelli masih belum merata di Indonesia
Berkembangnya dunia motor custom membuat produsen sepeda motor mengikuti permintaan pasar. Belakangan ini, motor sport dengan model retro atau classic sporty sedang banyak diminati. Untuk itu, PT Benelli Motor Indonesia (BMI) turut menghadirkan Motobi 152 di Tanah Air.
Motobi 152 memiliki desain yang unik dan menarik. Gaya yang diusung juga belum pernah digunakan sebelumnya oleh para competitor di kelasnya. Di kelas motor sport 150 cc, baru Motobi 152 yang menggunakan gaya café racer. Benelli Motor Indonesia pertama kali meluncurkan Motobi 152 ke pasaran pada tahun 2018 lalu.
Motor retro dengan merek asal Italia yang sudah diakuisisi oleh perusahan asal China, Qianjiang, tersebut memang memiliki daya tarik tersendiri.
Memang secara desain, bisa dibilang cukup tersegmentasi. Namun, Benelli Motor Indonesia tetap patut diacungi jempol, karena telah melakukan dobrakan dengan mengeluarkan motor sport 150 cc bergaya café racer.
Harus diakui, nama Benelli di Indonesia belum setenar Yamaha atau Honda. Namun demikian, gaya café racer sangat diminati di dunia motor custom. Dengan menggunakan Motobi 152, konsumen sudah tidak perlu lagi repot-repot melakukan custom ulang terhadap motornya.
Motobi 152 dibekali dengan mesin SOHC, 4-tak, 2 katup, satu silinder, dan berkapasitas 149 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 8,4 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 11,1 Nm pada 6.000 rpm. Transmisinya manual dengan 5-percepatan. Untuk menghidupkannya, ada dua opsi, bisa dengan electric starter atau kick starter. Sistem pembakarannya masih konvensional, Benelli masih mengandalkan karburator untuk motor tersebut.
Dengan gaya klasik di zaman modern ini, panel instrument yang digunakan juga mengikuti konsep yang diangkat. Desainnya cukup sederhana, bentuknya bulat, tapi informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap. Tampilannya menggabungkan antara analog dengan digital, seakan menunjukkan kesan retro di era modern
Keunggulan yang terakhir tentunya adalah harga, faktor penentu bagi sebagian besar konsumen di Indonesia. Motobi 152 yang dibanderol Rp 19.800.000 (OTR Jakarta) ini sangat terjangkau untuk ukuran motor sport 150 cc jika dibandingkan motor lain sekelasnya.
Spesifikasi Benelli Motobi 152
Mesin Benelli Motobi 152 | ||
---|---|---|
Tipe | 1-cylinder, 4-stroke, 2-valve | |
Kapasitas | 149 cc | |
Tenaga Maksimum | 8.4 kW/ 8000 rpm | |
Torsi Maksimum | 11.1 N.m / 6000 rpm | |
Sistem Bahan Bakar | Carburator | |
Tipe Transmsi | 5 speed | |
Bore X Stroke | 167Nm/4,000rpm | |
Ban Belakang | 2.0 x 49.5 mm | |
Rasio Kompresi | 9.3 : 1 | |
Tipe Kopling | Wet multi-plate | |
Sistem Pengapian | C.D.I |
Dimensi Benelli Motobi 152 | ||
---|---|---|
Panjang | 1900 mm | |
Lebar | 786 mm | |
Tinggi | 1021 mm | |
Tingi Tempat Duduk | 770 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1245 mm | |
Ground Clearance | 160 mm | |
Berat | 124 kg | |
Kapasitas Tangki | 12.1 Liter |
Rangka Benelli Motobi 152 | ||
---|---|---|
Tipe Rangka | Tipe Bassinet | |
Suspensi Depan | Teleskopik, Travel 110mm | |
Suspensi Belakang | Teleskoptik Coil Spring Oil Damped, Travel 60mm | |
Rem Depan | Cakram Hidrolik 220mm | |
Rem Belakang | Tromol 130mm | |
Sistem Pengereman | --- | |
Ban Depan | 300-17 | |
Ban Belakang | 110 / 80-17 |
Sebagai motor buatan Benelli yang satu ini, Benelli Motobi 152 memiliki ukuran panjang 1.900 mm, lebar 786 mm, dan tinggi 1.021 mm dan memiliki bobotnya 124 kg dan memiliki tinggi tempat duduk 770 mm.
Benelli Motobi 152 memang hadir dengan membawa konsep café racer. Sehingga, tak heran apabila nuansa motor klasik pun bisa terasa. Lagi pula Benelli Motobi 152 juga bisa menjadi bahan modifikasi yang lebih baik dengan menambahkan beberapa aksesoris tambahan supaya desainnya tampak semakin keren dan menawan.
Pada sisi depan Benelli Motobi 152, headlampnya dirancang membulat dengan lampu Halogen disertai lampu sein di samping kiri-kanannya yang mampu memberikan penerangan yang cukup baik di malam hari dan memberikan kesan garang khas Café Racer juga semakin kelihatan.
Sebagian besar bodi Benelli Motobi 152 juga terbuat dari bahan plastik, sehingga bisa dimodifikasi dengan plat galvanis. Selain itu, untuk tangki bahan bakarnya juga terkesan menarik dengan model tangki khas motor tentara Nazi Jerman.
Benelli Motobi 152 sudah menggunakan Teleskopik yang dilengkapi karet pelindung agar terlihat semakin retro pada bagian suspensi depannya. Lalu untuk bagian belakangnya menggunakan suspensi tabung untuk menambah kesan sporty dan membuat Benelli Motobi 152 semakin nyaman di segala kondisi jalan meski melewati jalanan yang bergelombang atau bergeronjal dan handlingnya pun terasa stabil dan juga mantap.
Pada sektor pacu memegang peranan penting dalam memberikan performa tangguh, yang mana jantung pacunya sendiri, Benelli Motobi 152 akan mengusung mesin SOHC silinder tunggal 4 Tak dengan 2 buah katupyang memiliki kapasitas kubikasi hingga 149 cc dan diklaim bisa mengeluarkan tenaga sebesar 8.4 kW pada putaran mesin 8.000 rpm.
Sementara itu, pada sistem transmisi Benelli Motobi 152 sendiri, motor buatan pabrik asal Negeri Menara Pisa ini mengusung sistem transmisi manual 5 percepatan. Namun, sayangnya motor ini belum mengadopsi teknologi Fuel Injection, dan masih mengandalkan sistem pembakaran karburator. Selain itu, Motor retro ini memiliki kapasitas Tangki 12.1 Liter.
Untuk memberikan kemudahan dalam mengendalikan laju motor ini, pada spesifikasi Benelli Motobi 152 ini juga sudah dibekali dengan adanya rem Disc 220 mm untuk rem depan dan rem Drum 130 mm untuk rem belakangnya. Sayangnya motor ini belum didukung oleh fitur ABS. Sementara itu, untuk ban depannya Motobi 152 ini menggunakan ban berukuran 3.00-17, sedangkan untuk ban belakangnya 110/80-17.
Memang secara tampilan desain, motor yang satu ini mengusung konsep desain motor café racer yang khas dengan nuansa sport-klasik. Tentu saja, hal ini yang membuat Benelli Motobi 152 memiliki daya tarik tersendiri yang cukup memikat bagi para konsumen. Meskipun fitur yang ditawarkan masih sanagt sederhana. Namun, motor ini juga terasa nyaman dikendarai dengan desain rampingnya dan performa mesin pun cukup bertenaga dan handal di segala medan. Harganya pun dipatok cukup terjangkau. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memiliki motor yang bernuansa klasik-sport ini.
Black
Tidak, Benelli Motobi 152 tidak dilengkapi Electronic Suspension Adjustment.
Inilah Jenis Penggerak yang dilengkapi di Benelli Motobi 152. varian yang memiliki adalan:
Varian | Benelli Motobi 152 Standard |
Jenis Penggerak | Chain Drive |
Benelli Motobi 152 tersedia Tinggi :1021 mm.