Benelli didirikan di Pesaro, Italia pada tahun 1911, yang mungkin menjadikannya pabrik sepeda motor tertua di Italia yang beroperasi. (Moto Guzzi, pabrik sepeda motor tertua yang beroperasi tanpa henti didirikan pada tahun 1921, dan Peugeot adalah yang tertua dan masih memproduksi pabrik sepeda motor yang akan didirikan pada tahun 1898.) Setelah kehilangan suaminya, janda Teresa Benelli menginvestasikan semua modal keluarga ke dalam bisnis dengan harapan akan menawarkan pekerjaan yang stabil untuk keenam putranya: Giuseppe, Giovanni, Francesco, Filippo, Domenico dan Antonio ("Tonino"). Dia juga mengirim Giuseppe dan Giovanni untuk belajar Teknik di Swiss. Awalnya bisnis ini memiliki 6 karyawan selain 5 bersaudara yang bekerja (Tonino tidak bekerja karena dia masih terlalu muda.) Pada awalnya hanya Bengkel Benelli yang memperbaiki sepeda dan sepeda motor, tapi sudah mampu memproduksi semua suku cadang yang dibutuhkan untuk perbaikan. Selama Perang Dunia I, Benelli bekerja keras memperbaiki suku cadang untuk mesin Italia dalam perang dan pada tahun 1919 sepeda motor pertama diperkenalkan ke publik. Pada tahun 1920 perusahaan membangun mesin lengkap pertamanya di rumah, model satu silinder dua langkah 75 cc, segera disesuaikan dengan rangka sepeda. Setahun kemudian di 1921, Benelli membangun sepeda motor pertamanya, menggunakan mesin mereka sendiri yang kemudian menjadi model 98 cc. Dua tahun setelah itu, menggunakan versi yang dirancang khusus untuk kompetisi, Tonino "si mengerikan" turun ke lintasan. Dia menampilkan bakat alami yang luar biasa. berbakat sebagai pengendara dan memulai karir yang sangat sukses yang menegaskan kapasitas luar biasa perusahaan untuk pengembangan dan produksi. Mengendarai Benelli 175, Tonino Benelli memenangkan empat gelar kejuaraan Italia dalam lima tahun: pada tahun 1927, 1928 dan 1930 dengan camshaft overhead tunggal ( SOHC), dan pada tahun 1931 dengan versi double overhead camshaft (DOHC). Sayangnya, kecelakaan yang buruk selama balapan pada tahun 1932 memotong karirnya yang cemerlang dan pada 27 September 1937 Tonino meninggal setelah kecelakaan. Saat Perang Dunia II semakin dekat, perusahaan Benelli memulai debutnya dengan motor balap 250cc supercharged empat silinder mereka. Ini dimaksudkan untuk bersaing di musim 1940, membangun kesuksesan Benelli di balapan Isle of Man TT Lightweight 250 cc tahun 1939. Dalam perang, Benelli Four terbatas pada kompetisi di beberapa balapan domestik Italia. Kehancuran pada masa perang menyebabkan Benelli tetap tidak berproduksi hingga 1949. Sepeda motor perang yang tidak terjual untuk digunakan oleh tentara Italia diadaptasi menjadi sepeda motor sipil dan menghasilkan pendapatan untuk memulai kembali operasi. Saat produksi dilanjutkan, desain sebagian besar masih didasarkan pada desain sebelum perang. Pada tahun 1949, Giuseppe Benelli meninggalkan kepedulian keluarga untuk mendirikan pabrikan Motobi. Pada tahun 1951 Benelli menawarkan rangkaian yang terdiri dari kelas ringan 98cc dan 125cc (Leoncino atau anak singa) dan tunggal 350cc dan 500cc. Leoncino tersedia dalam bentuk dua-tak dan empat-tak. Perlunya transportasi murah di Italia pascaperang berarti bahwa Model-model ringan ini menjadi sangat sukses. Model serupa ditawarkan oleh Moto Guzzi, Ducati dan Laverda, dan kondisi ekonomi yang sama menyebabkan pertumbuhan popularitas skuter Vespa dan Lambretta. Benelli juga menjual sepeda motor ke pengecer Amerika Montgomery Ward, yang mengganti merek mereka menjadi Riverside dan memasarkannya melalui katalog mereka. Pada tahun 1962, ketika Motobi tidak dalam kondisi keuangan yang baik, ia diakuisisi oleh Benelli, dan perusahaan gabungan tersebut memproduksi sekitar 300 sepeda motor sehari dan memiliki 550 karyawan. Desain Motobi terus berproduksi di bawah nama Benelli. Pada tahun 1969, Benelli memperkenalkan Benelli Tornado 650, kembaran vertikal yang dirancang terutama untuk dijual di Inggris Raya dan AS. Tornado mendapatkan reputasi untuk keandalan dan performa tinggi, meskipun beratnya agak lumayan dengan berat 480 pound (220 kg). Benelli diklaim pada saat peluncuran bahwa Tornado mampu 57 hp pada 7.400rpm untuk kecepatan tertinggi 117 mph. Tornado (kemudian Tornado S) sedang di dihentikan setelah 1974, ketika Benelli memperkenalkan serangkaian "multis" yang dimaksudkan untuk bersaing dengan tripel dan fours Jepang. Menjelang akhir 1960-an, kedatangan pabrikan Jepang menyebabkan krisis di industri sepeda motor Eropa. Perusahaan asli Benelli sangat terlibat Di pasar sepeda motor Amerika, penjualan sepeda motor di bawah 350cc melalui Montgomery Ward. Munculnya persaingan dari Jepang menyebabkan produk Benelli (sebagian besar masih dengan desain pushrod silinder tunggal) kehilangan popularitas karena dianggap kuno dibandingkan dengan Honda pada zaman itu yang menggunakan mesin overhead cam dengan starter elektrik, sama seperti pabrikan sepeda motor Inggris seperti Norton, BSA dan Triumph terpengaruh di sektor kapasitas yang lebih besar. Pada tahun 1973 Benelli diakuisisi oleh industrialis Argentina Alejandro de Tomaso bersama dengan pesaingnya Moto Guzzi yang mengarah pada pengembangan model baru yang menampilkan mesin multi-silinder, seperti "350 GTS" dan "500 Quattro", dan Sei didukung oleh sebuah mesin in-line enam silinder 747cc (kemudian 906cc), yang menempatkan perusahaan sebentar di depan persaingan Jepang. Meskipun secara teknis maju, sepeda motor Benelli tahun 1980-an diganggu oleh masalah, dan produksinya akhirnya dihentikan pada tahun 1988 ketika perusahaan digabungkan ke Moto Guzzi untuk menciptakan "Guzzi Benelli Moto SpA", dan pabrik produksi di Pesaro dijual. Sepeda motor Benelli dari tahun 1970-an dan 1980-an, terutama Sei, sering kali mendapat harga lebih tinggi daripada rekan-rekan sezaman mereka di pasar barang bekas. Setelah gagal upaya kebangkitan pada tahun 1989 didukung oleh pabrikan yang berbasis di Pesaro Giancarlo Selci, pada tahun 1995 Andrea Merloni mengambil alih. Sepeda super sport Tornado Tre 900 diluncurkan pada tahun 2002, dan TNT, roadster beberapa tahun kemudian. Benelli sekarang menjadi bagian dari Grup motor Qianjiang, sebuah perusahaan di Wenling, Cina tenggara. Benelli QJ berlokasi di Pesaro, dengan tenaga kerja yang sama di tempat yang sama dengan pemilik sebelumnya Benelli SpA Benelli SpA baru-baru ini terjun ke pasar sepeda motor India melalui usaha patungan dengan DSK Group of India yang berbasis di Pune di mana DSK memegang 51% dan benelli SPA memegang 49% dan menjual lebih dari 200 sepeda kelas atas dalam 4 bulan pertama peluncuran. Benelli telah meluncurkan enam model di India, di Berbagai macam kapasitas mesin dan harga.Termasuk Benelli TNT 25 entry level dengan mesin 250 cc silinder tunggal, Benelli TNT 300 dengan mesin 300cc silinder kembar, TNT 600i dan 600GT dengan 600cc empat silinder motor, TNT 899 dengan 898cc tiga- pabrik silinder dan unggulan TNT R dengan pembangkit listrik tiga silinder 1131cc. DSK-Benelli terjual lebih dari 3000 unit di India selama 18 bulan sejak awal penjualan, sepertiganya adalah mesin empat silinder Inline I mesin nline-four 600i, menjadikannya salah satu merek penjualan sepeda motor premium tercepat di India. Benelli juga memasuki pasar Iran yang dijaga ketat pada tahun 2016 dengan memamerkan sepeda mereka di pusat konferensi IRIB (nikrun motor pasargad) Iran di ibu kota Teheran. Pada tahun 2005 Qianjiang memperoleh Benelli dan merupakan pemilik saat ini, dan pabrikan dari Benelli. Sejak kepemilikan Qianjiang, mereka telah menjauh dari sepeda motor bertenaga tinggi di awal tahun 2000-an, dan saat ini berfokus pada segmen rendah hingga menengah yang lebih murah untuk pasar Eropa mulai dari 125 -600cc. Sebagian besar line-up Benelli saat ini sangat dipengaruhi oleh pabrikan sepeda motor Eropa lainnya. Ducati menjadi salah satu pengaruh utama untuk desain mereka. Sejak akuisisi Benelli di Cina, sering diperdebatkan apakah Benelli adalah orang Cina atau Italia, seperti memiliki akar sejarah yang panjang di Italia, masih berkantor pusat di Italia, tetapi sangat dipengaruhi oleh perusahaan induknya di Cina. Karena pabrikan turer berubah, produksi juga telah bergeser seluruhnya dari Italia, ke pabrik yang sama Qianjiang membuat semua kendaraan mereka yang lain di China.Saat ini ada 22 model sepeda Benelli yang tersedia untuk dijual di Indonesia, termasuk 3 Cruiser (Benelli Motobi 200 Evo, Motobi 200 , 502C), 2 Dual-Sport (Benelli TRK251, TRK 502X), 4 Scooter (Benelli New Caffenero 150, Zafferano 250, Seta 125, X 150), dan 13 Street (Benelli Leoncino, Patagonian Eagle, TNT 125, TNT 15, TNT 249S, Imperiale 400, TNT 250, Caferacer, TNT 25, TNT 899, BN 600, Leoncino 250, Motobi 152).
Benelli didirikan di Pesaro, Italia pada tahun 1911, yang mungkin menjadikannya pabrik sepeda motor tertua di Italia yang beroperasi. (Moto Guzzi, pabrik sepeda motor tertua yang beroperasi tanpa henti didirikan pada tahun 1921, dan Peugeot adalah yang tertua dan masih memproduksi pabrik sepeda motor yang akan didirikan pada tahun 1898.) Setelah kehilangan suaminya, janda Teresa Benelli menginvestasikan semua modal keluarga ke dalam bisnis dengan harapan akan menawarkan pekerjaan yang stabil untuk keenam putranya: Giuseppe, Giovanni, Francesco, Filippo, Domenico dan Antonio ("Tonino"). Dia juga mengirim Giuseppe dan Giovanni untuk belajar Teknik di Swiss. Awalnya bisnis ini memiliki 6 karyawan selain 5 bersaudara yang bekerja (Tonino tidak bekerja karena dia masih terlalu muda.) Pada awalnya hanya Bengkel Benelli yang memperbaiki sepeda dan sepeda motor, tapi sudah mampu memproduksi semua suku cadang yang dibutuhkan untuk perbaikan. Selama Perang Dunia I, Benelli bekerja keras memperbaiki suku cadang untuk mesin Italia dalam perang dan pada tahun 1919 sepeda motor pertama diperkenalkan ke publik. Pada tahun 1920 perusahaan membangun mesin lengkap pertamanya di rumah, model satu silinder dua langkah 75 cc, segera disesuaikan dengan rangka sepeda. Setahun kemudian di 1921, Benelli membangun sepeda motor pertamanya, menggunakan mesin mereka sendiri yang kemudian menjadi model 98 cc. Dua tahun setelah itu, menggunakan versi yang dirancang khusus untuk kompetisi, Tonino "si mengerikan" turun ke lintasan. Dia menampilkan bakat alami yang luar biasa. berbakat sebagai pengendara dan memulai karir yang sangat sukses yang menegaskan kapasitas luar biasa perusahaan untuk pengembangan dan produksi. Mengendarai Benelli 175, Tonino Benelli memenangkan empat gelar kejuaraan Italia dalam lima tahun: pada tahun 1927, 1928 dan 1930 dengan camshaft overhead tunggal ( SOHC), dan pada tahun 1931 dengan versi double overhead camshaft (DOHC). Sayangnya, kecelakaan yang buruk selama balapan pada tahun 1932 memotong karirnya yang cemerlang dan pada 27 September 1937 Tonino meninggal setelah kecelakaan. Saat Perang Dunia II semakin dekat, perusahaan Benelli memulai debutnya dengan motor balap 250cc supercharged empat silinder mereka. Ini dimaksudkan untuk bersaing di musim 1940, membangun kesuksesan Benelli di balapan Isle of Man TT Lightweight 250 cc tahun 1939. Dalam perang, Benelli Four terbatas pada kompetisi di beberapa balapan domestik Italia. Kehancuran pada masa perang menyebabkan Benelli tetap tidak berproduksi hingga 1949. Sepeda motor perang yang tidak terjual untuk digunakan oleh tentara Italia diadaptasi menjadi sepeda motor sipil dan menghasilkan pendapatan untuk memulai kembali operasi. Saat produksi dilanjutkan, desain sebagian besar masih didasarkan pada desain sebelum perang. Pada tahun 1949, Giuseppe Benelli meninggalkan kepedulian keluarga untuk mendirikan pabrikan Motobi. Pada tahun 1951 Benelli menawarkan rangkaian yang terdiri dari kelas ringan 98cc dan 125cc (Leoncino atau anak singa) dan tunggal 350cc dan 500cc. Leoncino tersedia dalam bentuk dua-tak dan empat-tak. Perlunya transportasi murah di Italia pascaperang berarti bahwa Model-model ringan ini menjadi sangat sukses. Model serupa ditawarkan oleh Moto Guzzi, Ducati dan Laverda, dan kondisi ekonomi yang sama menyebabkan pertumbuhan popularitas skuter Vespa dan Lambretta. Benelli juga menjual sepeda motor ke pengecer Amerika Montgomery Ward, yang mengganti merek mereka menjadi Riverside dan memasarkannya melalui katalog mereka. Pada tahun 1962, ketika Motobi tidak dalam kondisi keuangan yang baik, ia diakuisisi oleh Benelli, dan perusahaan gabungan tersebut memproduksi sekitar 300 sepeda motor sehari dan memiliki 550 karyawan. Desain Motobi terus berproduksi di bawah nama Benelli. Pada tahun 1969, Benelli memperkenalkan Benelli Tornado 650, kembaran vertikal yang dirancang terutama untuk dijual di Inggris Raya dan AS. Tornado mendapatkan reputasi untuk keandalan dan performa tinggi, meskipun beratnya agak lumayan dengan berat 480 pound (220 kg). Benelli diklaim pada saat peluncuran bahwa Tornado mampu 57 hp pada 7.400rpm untuk kecepatan tertinggi 117 mph. Tornado (kemudian Tornado S) sedang di dihentikan setelah 1974, ketika Benelli memperkenalkan serangkaian "multis" yang dimaksudkan untuk bersaing dengan tripel dan fours Jepang. Menjelang akhir 1960-an, kedatangan pabrikan Jepang menyebabkan krisis di industri sepeda motor Eropa. Perusahaan asli Benelli sangat terlibat Di pasar sepeda motor Amerika, penjualan sepeda motor di bawah 350cc melalui Montgomery Ward. Munculnya persaingan dari Jepang menyebabkan produk Benelli (sebagian besar masih dengan desain pushrod silinder tunggal) kehilangan popularitas karena dianggap kuno dibandingkan dengan Honda pada zaman itu yang menggunakan mesin overhead cam dengan starter elektrik, sama seperti pabrikan sepeda motor Inggris seperti Norton, BSA dan Triumph terpengaruh di sektor kapasitas yang lebih besar. Pada tahun 1973 Benelli diakuisisi oleh industrialis Argentina Alejandro de Tomaso bersama dengan pesaingnya Moto Guzzi yang mengarah pada pengembangan model baru yang menampilkan mesin multi-silinder, seperti "350 GTS" dan "500 Quattro", dan Sei didukung oleh sebuah mesin in-line enam silinder 747cc (kemudian 906cc), yang menempatkan perusahaan sebentar di depan persaingan Jepang. Meskipun secara teknis maju, sepeda motor Benelli tahun 1980-an diganggu oleh masalah, dan produksinya akhirnya dihentikan pada tahun 1988 ketika perusahaan digabungkan ke Moto Guzzi untuk menciptakan "Guzzi Benelli Moto SpA", dan pabrik produksi di Pesaro dijual. Sepeda motor Benelli dari tahun 1970-an dan 1980-an, terutama Sei, sering kali mendapat harga lebih tinggi daripada rekan-rekan sezaman mereka di pasar barang bekas. Setelah gagal upaya kebangkitan pada tahun 1989 didukung oleh pabrikan yang berbasis di Pesaro Giancarlo Selci, pada tahun 1995 Andrea Merloni mengambil alih. Sepeda super sport Tornado Tre 900 diluncurkan pada tahun 2002, dan TNT, roadster beberapa tahun kemudian. Benelli sekarang menjadi bagian dari Grup motor Qianjiang, sebuah perusahaan di Wenling, Cina tenggara. Benelli QJ berlokasi di Pesaro, dengan tenaga kerja yang sama di tempat yang sama dengan pemilik sebelumnya Benelli SpA Benelli SpA baru-baru ini terjun ke pasar sepeda motor India melalui usaha patungan dengan DSK Group of India yang berbasis di Pune di mana DSK memegang 51% dan benelli SPA memegang 49% dan menjual lebih dari 200 sepeda kelas atas dalam 4 bulan pertama peluncuran. Benelli telah meluncurkan enam model di India, di Berbagai macam kapasitas mesin dan harga.Termasuk Benelli TNT 25 entry level dengan mesin 250 cc silinder tunggal, Benelli TNT 300 dengan mesin 300cc silinder kembar, TNT 600i dan 600GT dengan 600cc empat silinder motor, TNT 899 dengan 898cc tiga- pabrik silinder dan unggulan TNT R dengan pembangkit listrik tiga silinder 1131cc. DSK-Benelli terjual lebih dari 3000 unit di India selama 18 bulan sejak awal penjualan, sepertiganya adalah mesin empat silinder Inline I mesin nline-four 600i, menjadikannya salah satu merek penjualan sepeda motor premium tercepat di India. Benelli juga memasuki pasar Iran yang dijaga ketat pada tahun 2016 dengan memamerkan sepeda mereka di pusat konferensi IRIB (nikrun motor pasargad) Iran di ibu kota Teheran. Pada tahun 2005 Qianjiang memperoleh Benelli dan merupakan pemilik saat ini, dan pabrikan dari Benelli. Sejak kepemilikan Qianjiang, mereka telah menjauh dari sepeda motor bertenaga tinggi di awal tahun 2000-an, dan saat ini berfokus pada segmen rendah hingga menengah yang lebih murah untuk pasar Eropa mulai dari 125 -600cc. Sebagian besar line-up Benelli saat ini sangat dipengaruhi oleh pabrikan sepeda motor Eropa lainnya. Ducati menjadi salah satu pengaruh utama untuk desain mereka. Sejak akuisisi Benelli di Cina, sering diperdebatkan apakah Benelli adalah orang Cina atau Italia, seperti memiliki akar sejarah yang panjang di Italia, masih berkantor pusat di Italia, tetapi sangat dipengaruhi oleh perusahaan induknya di Cina. Karena pabrikan turer berubah, produksi juga telah bergeser seluruhnya dari Italia, ke pabrik yang sama Qianjiang membuat semua kendaraan mereka yang lain di China.Saat ini ada 22 model sepeda Benelli yang tersedia untuk dijual di Indonesia, termasuk 3 Cruiser (Benelli Motobi 200 Evo, Motobi 200 , 502C), 2 Dual-Sport (Benelli TRK251, TRK 502X), 4 Scooter (Benelli New Caffenero 150, Zafferano 250, Seta 125, X 150), dan 13 Street (Benelli Leoncino, Patagonian Eagle, TNT 125, TNT 15, TNT 249S, Imperiale 400, TNT 250, Caferacer, TNT 25, TNT 899, BN 600, Leoncino 250, Motobi 152).
Konsumsi bensin paling efisien didapat dari matic 125 Yamaha. Pengetesan menggunakan metode full to full dan bensin RON 92. Pasar sepeda motor di era ini sudah dikuasai oleh tipe matic yang kini punya konsumsi bensin semakin irit, apalagi produsen sepeda motor terus mengembangkan motor matic mulai dari 110 cc, 125 cc, 150 cc bahkan sampai 250 cc. Namun untuk kebutuhan commuter sehari-hari rasanya cukup bermain di kelas 110-160 cc, tapi jika masih mempertimbangkan efisiensi bahan bakar juga perfo
↵ Tipe termahal ada di varian TNT 1130. Moge termurah didapuk tipe Imperiale 400. Selain menjual motor-motor bermesin 250 cc ke bawah, pabrikan motor Italia-Cina, Benelli juga dikenal dengan produk motor besar alias mogenya. Sejumlah tipe dan model moge pun hadir di pasar Indonesia. Seperti tipe sport retro, touring adventure, scrambler hingga naked bike gahar bertampang street fighter. Volume mesinnya pun beragam, dari 400 cc hingga yang terbesar 1.130 cc. Hal ini juga yang mempengaruhi harga j
Berbagai merek hadirkan motor jenis cruiser. Tampilannya lebih timeless. Sejumlah merek motor turut menyemarakan pameran GIIAS 2023 yang digelar pada 10-20 Agustus 2023. Menariknya, ada berbagai jenis motor cruiser yang turut ditampilkan. Volume mesinnya pun bervariasi. Mulai dari hanya berkapasitas 250 cc, hingga moge bermesin 1.923 cc yang artinya lebih besar dari Honda Brio dengan 1.199 cc. Hal ini pun berpengaruh ke harga jual yang sekaligus pula ditentukan oleh mereknya juga. Ada apa saja p
Jadi merek Jepang bermesin 125 cc pertama bergaya retro modern. Lawan sepadan datang dari Benelli Panarea. Yamaha Grand Filano dilepas Rp 27 jutaan. Mengisi kategori Classy Yamaha, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Yamaha Grand Filano (Spesifikasi | Berita) untuk pasar Indonesia. Motor matic bergenre retro modern itu dilepas dengan dua varian yakni Neo dan Lux, dengan masing-masing berbanderol Rp 27 juta dan Rp 27,5 juta on the road Jakarta. Melihat kondisi pasar, direntang
Harga tak sampai Rp 100 juta ada 5 model menarik. Kawasaki Versys-X 250 paling siap touring. KTM 250 Adventure jadi yang paling canggih. Touring jadi aktivitas yang menyenangkan, kalau boleh dibilang motor yang proper adalah sport touring. Salah satu pemainnya ada Honda CRF250 Rally, yang memang asyik dipakai melibas beragam kondisi jalan. Melintasi jalan nasional yang panjang dan lurus, lewati jalur pegunungan hingga sengaja get lost mengikuti panduan peta digital memang menyenangkan. Dan sekal
Didesain di Italia. Tampilannya ala street fighter Eropa. Saat ini segmen naked bike 250 cc di Indonesia hanya diisi oleh beberapa model saja. Bahkan dari kubu pabrikan Jepang, hanya ada Yamaha dengan tipe MT-25. Sedangkan sisanya disesaki oleh model-model dari pabrikan Eropa dan Cina. Sebut saja CFMoto CL-X, Husqvarna Svartpilen 250, Benelli Leoncino 250 dan TNT 249S serta KTM Duke 250. Tapi bukan berarti model-model anyar tak punya potensi. Salah satunya adalah Benelli BKX 250 S 2023 yang belu