Touring jadi aktivitas yang menyenangkan, kalau boleh dibilang motor yang proper adalah sport touring. Salah satu pemainnya ada Honda CRF250 Rally, yang memang asyik dipakai melibas beragam kondisi jalan.
Melintasi jalan nasional yang panjang dan lurus, lewati jalur pegunungan hingga sengaja get lost mengikuti panduan peta digital memang menyenangkan. Dan sekali lagi, motor sport touring unggul dalam hal ini.
Selain lebih fleksibel, tetap nyaman lintasi jalan rusak juga lebih bertenaga. Pilihannya pun kini beragam, kami coba carikan dengan budget tak sampai Rp 100 juta. Kira-kira ada apa saja ya?
Baca juga : Inspirasi Modifikasi Yamaha XMax Connected, dari Bergaya Touring hingga Racing!
Seperti disebutkan diawal, Honda CRF250 Rally ini bisa jadi kuda besi yang handal dipakai touring dengan melintasi jalan off road. Berbasis motor trail Honda CRF250L, motor ini terasa mantap.
Ayunan suspensi yang lembut khas motor trail, kemudian posisi berkendara yang sigap, namun lebih nyaman untuk melaju cepat berkat penggunaan windshield ala motor reli.
Mesinnya 249,6 cc, silinder tungga, DOHC 4 katup, pendingin cairan. Tenaga 25,6 PS @8.500 rpm serta torsi 23,1 Nm @6.500 rpm terasa cukup. Harganya kini Rp 92,145 juta on the road Jakarta dan berstatus CBU Thailand.
Baca juga : Aprilia Tuareg 660 Lengkapi Jajaran Moge Touring Medium Di Indonesia, Siapa Lawannya?
Mengincar brand Eropa bisa lirik KTM 250 Adventure yang dilepas Rp 79 juta on the road Jakarta. Yang jadi nilai jual motor ini adalah fitur-fiturnya, sudah ABS dual channel by Bosch.
Cornering ABS, Off road Mode lalu suspensi depan upside down WP Apex 43. Mevvah untuk kelasnya. Mesinnya silinder tunggal, 4-tak, DOHC 4 katup yang mampu hasilkan tenaga 29,9 PS @ 9.000 rpm juga torsi 24 Nm @ 7.500 rpm.
Mau motor sport touring yang lebih kecil dan terjangkau, ada Honda CB150X nih. Motor yang rilis akhir tahun 2021 ini cuma dijual Rp 33,660 juta sampai Rp 34,165 juta on the road Jakarta. Bedanya cuma warna dan grafis saja tuh!
Berbasis Honda CB150R Streetfire, motor ini pakai mesin yang sama dan dikenal responsif juga irit. Posisi berkendara nyaman dan tinggi, jadi lebih commanding sewaktu riding.
Helaan tenaga 15,6 PS @ 9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm @7.000 rpm sudah cukup mumpuni untuk touring. Oiya, motor ini jadi satu-satunya opsi motor sport touring bermesin 150 cc saat ini.
Baca juga : Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022 Berubah, Makin Nyaman Buat Touring?
Mau yang bermesin dua silinder, satu-satunya pilihan dengan budget tak sampai Rp 100 juta ada Kawasaki Versys-X 250. Ini karena motor tersebut menggunakan basis mesin Kawasaki Ninja 250 FI gen awal.
Dilepas Rp 71,2 juta kalian sudah dapat motor paket lengkap buat touring. Sudah ada crash bar, fog lamp LED, hand guard, outlet DC, engine guard bahkan side pannier. Tinggal isi bensin doang ini sih.
Tenaganya pun lumayan, 34 PS @ 11.500 rpm juga torsi 21,7 Nm @ 10.000 rpm. Buat libas jalur off road ringan pun bisa karena sudah pakai ban dual purpose dan pelek jari-jari tuh!
Merek Eropa kedua ada Benelli TRK 251, jadi yang paling terjangkau karena harga on the road Jakarta masih Rp 50 jutaan. Sudah pakai suspensi upside down serta tersedia bracket untuk pannied dan top box juga!
Mesinnya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan, transmisi manual 6 speed. Tenaganya 25,8 PS @ 9.250 rpm dengan torsi sebesar 21,1 Nm @ 8.000 rpm. Wah, motor sport touring 250 cc paket hemat nih!