Street Model | 155.1 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Model | Street |
Kapasitas | 155.1 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | N |
Dibekali mesin berkapasitas 155cc yang dilengkapi teknologi VVA untuk memastikan torsi merata pada setiap putaran mesin
Semua lampu R15 menggunakan teknologi LED yang terang, irit, dan tahan lama
Desain R15 sangat sporty dan terlihat mirip moge bermesin besar
Speedometer berteknologi modern
Posisi berkendara tetap nyaman, meski memakai stang model Underyoke
Dibekali fitur Asisst & Slipper Clutch yang menjadikan kopling lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus
Motor R15 memakai rangka deltabox yang kuat dan kokoh
Motor pertama yang sudah menggunakan swing arm jenis alumunium di kelas 150 cc
Posisi joknya cukup tinggi
Harga Yamaha R15 lumayan mahal
Belum dilengkapi sistem pengereman ABS
R15 punya berat 137 kg. Bebannya tentu berpengaruh pada kelincahan, ketika diajak bermanuver dan konsumsi bahan bakar.
Yamaha R15 2021 diperkirakan masih akan memiliki fisik yang sama dengan model yang saat ini masih dijual. Memang harus diakui, kalau model yang ditawarkan sudah sangat menarik. Desainnya terinspirasi dari keluarga R-Series Yamaha, yang di dalamnya merupakan jajaran motor sport full fairing seperti Yamaha R1, Yamaha R6 dan Yamaha R25 / R3.
Desain bodi yang sporty, wajahnya yang agresif dengan air scoop yang berupa hiasan banyak menyihir konsumen tanah air, khususnya anak-anak muda. Ukuran bodinya yang nampak besar juga memberikan kesan sebuah big bike look. Hal lain yang menjadi daya tariknya adalah mesin 155 cc, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan VVA (Variable Valve Actuation), yang memungkinkan performa mesin terus terjaga sejak putaran rendah, tengah sampai atas.
Mesin Yahama R15 memang bukan yang paling kencang, tapi dengan teknologi VVA tadi, performa yang dihasilkan sudah sangat cukup, dan di luar itu mesin ini gampang untuk dimodifikasi. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 6 speed. Perpindahan gigi transmisi terasa halus, berkat adanya fitur Assist & Slipper Clutch, ini yang pertama di kelasnya. Sistem pendinginan mesin sudah mengandalkan jenis cairan, untuk menjaga suhu mesin tetap dalam kondisi kerja yang maksimal. Sistem pendingin cairan seakan sudah menjadi standar untuk sebuah motor sport 150 cc.
Yamaha R15 2021 saat ini dijual dengan harga Rp 36,08 juta untuk varian warna Racing Blue, Racing Yellow dan Racing Black. Dan varian R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition yang dijual lebih mahal, tepatnya Rp 37,685 juta on the road Jakarta.
Dengan desain khas keluarga Yamaha R-Series, Yamaha R15 2021 memiliki ukuran bodi yang cukup besar di kelasnya. Tapi berapa ukuran tepatnya dari motor ini?
Secara dimensi, motor ini memiliki panjang 1.990 mm, lebar 725 mm dan tinggi 1.135 mm. Jarak sumbu roda 1.325 mm, tinggi tempat duduk 815 mm dan jarak terendah 155 mm. Dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 11 liter, bobot basah dari Yamaha R15 2021 ini berada diangka 137 kg. Angka yang masih mirip-mirip dengan kompetitor sport full fairing 150 cc.
Melihat area dashboard dari motor ini, layaknya Anda melihat sebuah motor besar Yamaha R1 yang merupakan jenis superbike. Yamaha memberikan ornamen menarik pada segitiga atas dengan kisi-kisi.
Pandangan mata langsung tertuju ke panel instrumen LCD, dengan beragam informasi lengkap berupa penunjuk kecepatan, putaran mesin, odometer, trip 1-2, trip fuel, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, fuel meter dan indikator VVA aktif.
Disekitar area layar LCD, terdapat indikator lain seperti MIL, suhu mesin dan gigi netral di kiri. Lalu shift light di atas, dan indikator lampu sein dan lampu jauh di sisi kanan layar. Komponen elektrikal dari motor ini sudah cukup baik, dengan penerangan depan dan belakang berteknologi LED. Tapi agak terihat tanggung karena lampu sein seluruhnya masih menggunakan bohlam.
Motor Yamaha R15 menggendong mesin 4-tak, silinder tunggal, kapasitas 155 cc, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan VVA (Variable Valve Actuation). Ukuran pistonnya 58 mm dengan langkah piston 58,7 mm. Karakter mesinnya bisa dibilang square, artinya ukuran piston dan langkah piston sama atau hampir sama. Mesin ini karakter tersebut memiliki kemampuan akselerasi yang baik, tapi juga performa bagus diputaran tinggi.
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 19 Hp @ 10.000 rpm, serta torsi tertinggi mencapai 14,7 Nm @ 8.500 rpm. Output tenaga di atas kertas, Yamaha R15 2021 menjadi yang terbaik. Mesinnya ini dikawal transmisi manual 6 speed. Perpindahan gigi transmisi terasa halus, berkat adanya fitur Assist & Slipper Clutch, yang juga membantu roda belakang terkunci kala melakukan perpindahan gigi secara cepat.
Sudah menjadi ciri khas dari Yamaha, jika motor sport terbaiknya dibangun menggunakan rangka jenis Deltabox. Semakin sempurna kala dipadukan lengan ayun alumunium yang ringan tapi juga kuat. Suspensi depan sudah menggunakan jenis upside down, lagi-lagi yang pertama di kelasnya. Lalu suspensi belakang monosok, dengan link yang membuat peredaman lebih lembut. Bagian kaki-kaki cukup kekar dengan ban berukuran 110/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang, yang melingkari pelek berdesain multi spoke yang sangat keren.
Piranti pengereman sudah menggunakan cakram ganda, dengan kaliper 2 piston di depan dan 1 piston di belakang, tapi sayangnya tak ada perangka rem ABS untuk Yamaha R15 2021. Performa saat dikendarai terasa sangat baik, mulai dari respon mesin yang terus membuat motor melaju, kemudian handling yang ringan dan lincah serta stabilitas dari motor ini patut diacungi jempol.
Spesifikasi Mesin Yamaha R15 2021 | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, VVA |
Jumlah Silinder | 1 |
Kapasitas Mesin | 155,1 cc |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm |
Tipe Pendingin | Cairan |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi |
Transmisi | Manual 6 Speed |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 |
Tenaga Maksimal | 19 Hp @ 10.000 rpm |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 8.500 rpm |
Sudah menjadi ciri khas dari Yamaha, jika motor sport terbaiknya dibangun menggunakan rangka jenis Deltabox. Semakin sempurna kala dipadukan lengan ayun alumunium yang ringan tapi juga kuat. Suspensi depan sudah menggunakan jenis upside down, lagi-lagi yang pertama di kelasnya. Lalu suspensi belakang monosok, dengan link yang membuat peredaman lebih lembut. Bagian kaki-kaki cukup kekar dengan ban berukuran 110/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang, yang melingkari pelek berdesain multi spoke yang sangat keren.
Namun sayangnya, fitur keselamatan dari Yamaha R15 2021 terbilang minim. Hanya ada lampu hazard saja, tapi untuk pengereman pakai cakram ganda tanpa kehadiran teknologi ABS (Anti-Lock Braking System).
Desain yang sporty, mesin bertenaga, teknologi canggih dan performa stabil menjadi daya tarik paling potensial dari sebuah Yamaha R15 2021. Terlebih Yamaha juga kerap mengadakan event balap satu merek untuk pengguna motor sport mereka. Namun, untuk penggunaan harian di jalanan yang padat, akan terasa melelahkan karena posisi berkendara yang nunduk. Tapi toh semua motor sport full fairing punya posisi berkendara yang sama. Tentunya pilihan kembali ke tangan Anda.
Konsumsi bahan bakar standar Yamaha YZF R15 Standard adalah 2.44 L/100km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(155.1cc) | Manual | 2.44 L/100km |
Ya, Yamaha YZF R15 dilengkapi Busi per silinder, varian yang dilengkapi adalah Yamaha YZF R15 Standard.
Inilah Tipe Charger yang dilengkapi di Yamaha YZF R15. varian yang memiliki adalan:
Varian | Yamaha YZF R15 Standard |
Tipe Charger | N |
Spesifikasi Kendaraan Elektrik dari Yamaha YZF R15 yaitu:
Varian | Yamaha YZF R15 Standard |
Tipe Charger | N |
Pack Capacity | N |
durasi pengisian baterai | N |
Pack Life | N |
Pack Voltage | N |
Tipe Motor | N |
Power Pack | N |