Street Model | 155 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Model | Street |
Kapasitas | 155 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | Tidak |
Desain Retro yang minimalis dan baku
Yamaha XSR 155 dibekali mesin 155cc berteknologi VVA yang bisa menghasilkan tenaga dan torsi melimpah
Di sektor pencahayaan yang sudah berteknologi LED
XSR 155 memakai ban dual purpose yang bisa diandalkan melewati jalanan aspal ataupun medan off-road ringan. Ukuran ban motor ini sangat lebar sehingga membuat kestabilan berkendara semakin meningkat
Mesin XSR 155 telah disempurnakan
Sudah ada suspensi depan Upside Down yang menjadikan tampilan Yamaha XSR 155 semakin kekar dan bisa menambah kestabilan saat berakselerasi
Tampilan Digital meter Yamaha XSR 155 sulit dibaca
Kualitas pengendaraan XSR 155 kaku
Panel instrumen Yamaha XSR 155 tidak punya indikator voltmeter. Padahal fungsi voltmeter sangat penting untuk mencegah motor tanpa kick starter tidak bisa diaktifkan.
Bantingan suspensi yang keras ini terasa kurang nyaman. Apalagi buat orang yang dibonceng. Ketidaknyaman ini juga ditunjang oleh jok yang tidak terlalu tebal.
Posisi berkendara kurang nyaman karena setang juga kurang condong ke pengendara, sehingga tangan kurang rileks. Buat yang tidak biasa atau pertama kali berkendara dengan XSR 155, kemungkinan akan terasa sakit.
Yamaha mengambil langkah yang tepat dengan menghadirkan XSR 155 pada Desember 2019. Motor tersebut mendapat respons yang sangat positif dari konsumen di Indonesia. Momen peluncurannya cukup tepat, di saat perkembangan dunia motor custom terus meningkat. Sedangkan gaya retro yang ditampilkan oleh Yamaha XSR 155 2021 ini dinilai cocok untuk dijadikan motor custom, mulai dari scrambler, tracker, cafe racer, dan lainnya.
Untuk Yamaha XSR 155 2021, masih belum mengalami perubahan. Di awal tahun ini, Yamaha juga belum memberikan pilihan warna terbaru. Namun demikian, animo masyarakat akan motor sport bergaya retro ini tetap tinggi. Sebab, tidak butuh ubahan besar, tampilannya sudah lebih keren dari versi standarnya.
Yamaha XSR 155 2021 tidak bermain sendirian di kelasnya. Motor ini juga memiliki rival, seperti Kawasaki W175 dan Benelli Motobi 152. Kedua motor tersebut bahkan meluncur lebih dulu dibandingkan Yamaha XSR 155. Ketiga motor ini memiliki tampilan yang sama-sama retro dan cocok untuk dijadikan basis untuk motor custom.
Kawasaki W175 punya banyak varian dan dijual mulai Rp 29.900.000 (on the road Jakarta) hingga Rp 34.700.000 (on the road Jakarta). Sedangkan Benelli Motobi 152, dipasarkan dengan harga paling terjangkau di antara kompetitor sekelasnya, yakni Rp 19.800.000 (on the road Jakarta).
Sedangkan dua rivalnya tersebut, masih mengandalkan karburator. Keunggulan lainnya adalah penggunaan swingarm bergaya moge dengan bahan aluminium yang dipadukan dengan ban gambot tipe dual purpose.
Tanpa fairing, Yamaha XSR 155 2021 memiliki tampilan naked bike. Kesan retro diperlihatkan dari penggunaan lampu berbentuk bulatnya. Jauh dari kesan agresif atau futuristis seperti pada motor sport full fairing. Dimensinya proporsional untuk motor sport di kelas 150 cc. Yamaha XSR 155 2021 memiliki panjang 2.007 mm, lebar 804 mm, dan tinggi 1.080. Jarak terendah ke tanah 170 mm dan beratnya 134 kg.
Tempat duduk atau joknya juga cukup bersahabat, tingginya 810 mm. Joknya didesain dengan model klasik bergaya tuck and roll. Joknya menyambung dari depan hingga ke belakang. Tempat duduknya juga cukup lebar, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara jarak jauh.
Yamaha XSR 155 2021 memercayakan suspensi depannya dengan sokbreker model upside down. Sementara suspensi belakang, dibuat sedikit modern dan sporty dengan menggunakan monoshock. Salah satu keunggulan pada motor ini adalah sudah dibekali dengam swingarm dengan desain keren dari material aluminium. Desainnya seperti yang digunakan pada motor gede (moge).
Di bagian roda, Yamaha XSR 155 2021 mengandalkan ban depan berukuran 110/70-17 dan ban belakang yang lebar dengan ukuran 140/70-17. Kedua ban ini sudah bertipe dual purpose dan tubeless. Sehingga, pengendaranya akan tetap nyaman melewati berbagai kondisi jalan.
Untuk pilihan warna, konsumen bisa memilih di antara dua pilihan, antara lain Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance.
Yamaha XSR 155 2021 menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman. Dengan setang yang lebar dan cukup tinggi, pengendara akan merasa tidak cepat letih saat berkendara terlalu lama atau berkendara jarak jauh. Desain tangki bahan bakar tidak terlalu besar. Sehingga, kaki pengendara bisa dengan piawai menjepit tangki untuk pengendalian motor yang lebih baik saat bermanuver. Orang yang dibonceng di belakang juga tetap merasa nyaman, karena tempat duduknya cukup tebal. Posisi kaki juga tidak terlalu tinggi. Tinggi tempat duduknya yang mencapai 810 mm memang cukup tinggi untuk pengendara dengan postur tinggi di bawah 170 cm. Namun, bobotnya yang hanya 134 kg dirasa tidak terlalu berat.
Yamaha XSR 155 2021 memiliki performa yang cukup andal untuk motor sekelasnya. Yamaha membekalinya dengan mesin berpendingin cairan, 4-tak, silinder tunggal, SOHC, 4 katup, dan sudah menggunakan teknologi VVA (Variable Valve Actuation).
Mesinnya memiliki karakter square, dengan diameter piston 58 mm dan langkahnya 58,7 mm. Sementara volume silindernya, tercatat 155 cc. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,6:1. Tenaga maksimum yang dimiliki Yamaha XSR 155 2021 mencapai 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi maksimum hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Motor bergaya retro ini menggunakan transmisi manual 6 percepatan. Transmisinya dibantu dengan Assist & Slipper Clutch.
Untuk mengurangi laju roda dan mengimbangi tenaga yang dihasilkan, Yamaha XSR 155 2021 mengandalkan rem cakram untuk rem depan dan rem belakang. Namun, sistem pengeremannya belum dibekali teknologi Anti-lock Braking System (ABS).
Mesin Yamaha XSR 155 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA | |
Jumlah Silinder | Silinder Tunggal | |
Diameter x Langkah | 58,0 mm x 58,7 mm | |
Perbandingan Kompresi | 11,6 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 14.2 kW / 10000 rpm | |
Torsi Maksimum | 14.7 Nm / 8500 rpm | |
Volume Silinder | 155 cc | |
Tipe Transmisi | Manual, 6 percepatan | |
Rem Depan | Disc Brake | |
Rem Belakang | Disc Brake | |
Kekurangang yang dimiliki oleh motor Yamaha XSR 155 adalah tidak adanya sistem pengereman Anti Lock Breaking System (ABS). Yamaha memberikan dua rem cakram yang terpasang pada roda depan dan roda belakang. Selain itu, kedua rodanya belum menggunakan velg jari-jari. Yamaha XSR 155 tidak mendapatkan peralatan keselamatan utama lainnya untuk dipamerkan, mengingat segmen entry-levelnya.
Yamaha XSR 155 2021 dibekali dengan fitur dan teknologi yang modern, meskipun tampilannya klasik dan retro. Namun, jika dibandingkan dengan rival-rivalnya, motor ini juga tetap lebih unggul dari segi performa, baik performa mesin atau pastinya konsumsi bahan bakar, karena sudah injeksi.
Konsumsi bahan bakar standar 2021 Yamaha XSR 155 Standard adalah 2.13 L/100km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(155cc) | Manual | 2.13 L/100km |
Black
Inilah Opsi start yang dilengkapi di Yamaha XSR 155. varian yang memiliki adalan:
Varian | Yamaha XSR 155 Standard |
Opsi start | Listrik |
Inilah Suspensi Belakang yang dilengkapi di Yamaha XSR 155. varian yang memiliki adalan:
Varian | Yamaha XSR 155 Standard |
Suspensi Belakang | Monoshock |
Konsol Penyimpanan dari Yamaha XSR 155 yaitu:
Varian | Yamaha XSR 155 Standard |
Indikator Bbm | Digital |
Tripmeter | Y |
Indikator Penggantian Oli | N |
Panel Instrumen | Digital |
Tachometer | |
Layar Display | Y |
Dimmer Switch | Y |
Central Locking | N |