Honda ADV 150 hadir di Indonesia sebagai skutik yang menawarkan teknologi canggih, dipadu dengan penampilan tangguh layaknya skutik dua alam. Kehadirannya melengkapi pilihan skutik 150 cc dari PT Astra Honda Motor (AHM). Dikenalkan pertama kali pada ajang pameran otomotif internasional pertengahan tahun 2019 lalu, Honda ADV 150 cukup menarik perhatian banyak orang. Pasalnya motor ini diposisikan lebih tinggi dari Honda PCX, skutik premium Honda yang lebih dulu eksis.
Tampilan ala skutik penjelajah tak terlepas dari versi big bike yakni Honda X-ADV, ini karena garis desainnya dibuat mirip. Sosoknya tinggi dan nampak tangguh dengan ban tapak kasar, serta dijejali beragam fitur canggih. ADV dalam penamaan Honda ADV 150 berarti advance bukan adventure seperti yang banyak orang-orang kira. Ini mengacu pada kelengkapan fitur yang dibawanya. Ya, memang motor Honda ADV 150 punya fitur yang banyak dan sangat memanjakan penggunanya.
Lampu-lampu sudah LED seluruh Honda ADV 150 , windscreen adjustable, power charger, Smart Key System, setang tappered handle bar yang lebar dan nyaman, ruang bagasi berkapasitas 28 liter, suspensi belakang model tabung, sampai rem cakram ganda. Honda ADV 150 menggunakan mesin eSP (enhanced Smart Power), berkubikasi 150 cc, 4-tak, piston tunggal, SOHC 2 katup dengan pendingin cairan. Mesin ini dibekali ACG (Alternating Current Generator) Starter, untuk proses menghidupkan mesin lebih halus.
Fitur pendukung mesin lainnya ada Idling Stop System (ISS), yang befungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar, dengan cara mematikan mesin sesaat kala berhenti di persimpangan. Ini sudah jadi fitur standar untuk beberapa skutik Honda bermesin eSP. Yang tak kalah membanggakan, motor ini hadir sebagai produk global dan pertama kali dikenalkan di Indonesia. Honda ADV 150 memiliki dua buah varian, yang hanya membedakan sistem pengeremannya saja, yakni CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System).
Honda ADV 150 2021 sampai saat ini belum ada perubahan dari model 2020, karena update pilihan warna baru saja dilakukan menjelang akhir 2020 silam. Dan rasanya belum akan ada perubahan lagi untuk awal tahun 2021 ini. Meski terlihat gagah dan tanggung, bukan berarti Honda ADV 150 tak memiliki kekurangan. Berikut kami paparkan beberapa kekurangan Honda ADV 150 2021, dan bisa jadi pertimbangan Anda untuk membelinya atau tidak.
Spesifikasi Honda ADV 150
Mesin Honda ADV 150 | ||
---|---|---|
Tipe | 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System | |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,9 mm | |
Tenaga Maksimal | 9.6 kW {13 PS} / 7,500 rpm | |
Torsi Maksimal | 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm | |
Perbandingan Kompresi | 10,8 : 1 | |
Tipe Starter | Elektrik | |
Tranmisi | Otomatis, V-Matic | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM – FI(Programmed Fuel Injection) | |
Tipe Kopling | Automatic Centrifugal Clutch Dry Type |
Rangka dan kaki-kaki Honda ADV 150 | ||
---|---|---|
Tipe Rangka | Double Cradle | |
Suspensi Depan | Telescopic | |
Suspensi Belakang | Twin Subtank Rear Suspension | |
Ukuran Ban Depan | 110/80 – 14 M/C Tubeless | |
Rem Depan | Hydraulic Disc | |
Rem Belakang | Triple Pot Hydraulic, CBS(untuk tipe CBS), Anti – Lock Braking System(untuk tipe ABS) |
Dimensi Honda ADV 150 | ||
---|---|---|
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.153 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 795 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.324 mm | |
Jarak Terendah Ke Tanah | 165 mm | |
Curb weight | 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS ) |