Scooter Model | 125 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Honda Vario 125 2024 - 2025 ditawarkan dalam 2 varian - mulai Rp 21,00 Juta hingga Rp 21,91 Juta , varian entry levelnya yaitu 2021 Honda Vario 125 CBS Rp 21,00 Juta dan varian tertingi Honda Vario 125 yaitu 2021 Honda Vario 125 CBS ISS ditawarkan dengan harga Rp 21,91 Juta.
Model | Scooter |
Kapasitas | 125 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | Tidak |
Vario 125 dilengkapi teknologi Combi Break System (CBS) yang mengoptimalkan kontrol pengereman roda depan dan belakang
Vario 125 telah dilengkapi dengan adanya teknologi Indling Stop System pada varian CBS-ISS yang berguna untuk mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik, seperti di lampu merah ataupun lainnya. Alhasil konsumsi bahan bakar semakin hemat dan bahan bakar tidak terbuang percuma
Memiliki bagasi luas yang bisa menyimpan satu helm full face
Vario 125 memakai Full digital Panelmeter terbaru dan canggih. Panel instrumen ini memuat informasi konsumsi bahan bakar, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, indikator baterai dan tegangan aki.
Kualitas kaki kaki yang tangguh yang membuat motor ini lebih seimbang dan stabil pada saat melakukan manuver maka kaki kaki harus dibuat lebih kuat dan kokoh.
Lampu depannya sudah LED dan memiliki desain agresi serta modern
Rem belakang masih tromol
Kapasitas Tangki BBM kecil
Kualitas suspensi bagian belakang yang keras. Jadi dengan kualitas suspensi yang keras, pengendara akan merasa hentakan yang cukup kasar apalagi pada saat melaju dijalanan yang tidak rata. Namun pada saat berboncengan suspensi cukup lembut
Untuk pengendara dengan tinggi di atas 170 cm, akan sedikit kesulitan untuk menyesuaikan posisi berkendaranya. Sebab, ruang di tengah terbilang sempit dan pijakan kakinya kurang lebar
Vario 125 belum menggunakan ban tapak lebar
PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki beberapa skuter matik (skutik) yang laris di pasaran. Salah satunya adalah Honda Vario 125 yang masuk ke dalam segmen mid-high. Tentunya, ada beberapa alasan mengapa skutik injeksi ini masuk ke dalam segmen tersebut. Vario 125 juga memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Sebab, Vario termasuk salah satu skutik pertama Honda yang dipasarkan di Indonesia. Namun, untuk generasi pertama Vario 125 baru lahir pada 2013. Vario 125 terbaru akan dirilis pada 2021.
Dari masa ke masa, cukup banyak juga ubahan yang dilakukan Honda pada Vario. Untuk Honda Vario 125 2021, skutik ini sudah jauh lebih sempurna dibandingkan generasi sebelumnya. Tak hanya spesifikasi mesin yang mumpuni, Honda Vario 125 2021 juga dibekali dengan fitur yang tak kalah bersaing dengan skutik lain di kelasnya.
Lampu depannya juga masih dipertahankan dengan menggunakan model kembar atau ganda. Bedanya, lampu depan pada Honda Vario 125 2021 ini sudah lebih sipit dan juga berteknologi LED. Tak seperti generasi awal, di mana lampunya masih besar dan menggunakan bohlam biasa. Di bagian atas lampu depan juga sudah terdapat lampu senja atau Daytime Running Light (DRL).
Honda Vario 125 2021 ini memiliki panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm. Tinggi tempat duduknya mencapai 769 mm dan jarak terendah ke tanah hanya 132 mm. Skutik ini memiliki bobot hingga 111 kg.
Di bagian kaki-kaki, Honda Vario 125 2021 masih tetap dibekali suspensi depan teleskopik dan sokbreker tunggal di bagian belakang. Sedangkan bannya, masih mengandalkan ban depan berukuran 80/90-14 dan ban belakang berukuran 90/90-14. Tapi, kedua ban tersebut sudah bertipe tubeless alias tanpa ban dalam.
Honda Vario 125 2021 ditawarkan dengan dua tipe, yakni CBS-ISS dan CBS. Untuk tipe CBS-ISS, ada tiga pilihan warna, antara lain Advance White, Advancce Matte Black, dan Advance Matte Blue. Sedangkan tipe CBS, tersedia warna Advance Red dan Advance Blue.
Dimensi Honda Vario 125 | ||
---|---|---|
Panjang x Lebar x Tinggi | 1.919 mm x 679 mm x 1.062 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 769 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.280 mm | |
Jarak Teremdah ke Tanah | 132 mm | |
Berat | 111 kg | |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik | |
Tipe Suspensi Belakang | Swing Arm dengan suspensi tunggal | |
Ukuran Ban Depan | 80/90-14 M/C 40P Tubeless | |
Ukuran Ban Belakang | 90/90-14 M/C 46 P Tubeless | |
Mesin Honda Vario 125 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Diameter x Langkah | 52,4 mm x 57,9 mm | |
Tipe Transmisi | Otomatic, V-Matic | |
Daya Maksimum | 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm | |
Rem Depan | Cakram Hidrolik, Piston Tunggal | |
Rem Belakang | Tromol |
Honda cukup konsisten dalam mempertahakan desain motor mereka, termasuk pada Vario 125. Dari generasi awal hingga yang terbaru, secara garis besar, desainnya tak jauh berbeda. Hanya sedikit ubahan pada beberapa bagian saja. Desain Vario 125 lebih agresif dan sporty dengan lekuk dan garis bodi yang tajam. Tampilannya tak hanya bisa diterima oleh kalangan generasi muda, tapi juga orang dewasa pun akan bangga mengendarainya.
Tak ubahnya seperti Vario 150, pada Vario 125 menawarkan posisi berkendara yang sama. Meskipun terbilang ergonomis, tapi posisi kaki tidak bisa diselonjorkan ke depan. Selain itu, sebagian orang merasa bahwa ruang kaki yang ada di tengah terlalu sempit. Untuk pengendara dengan postur tubuh di atas 175 cm, akan terasa kurang nyaman, karena jarak lutut dengan setang terlalu dekat. Meski demikian, akselerasinya tidak begitu mengecewakan. Vario 125 mampu melaju 0-200 meter dalam waktu 12,4 detik. Sementara kecepatan tertingginya, diklaim mencapai 96 km/jam.
Untuk urusan dapur pacunya, Honda membekali skutik ini dengan mesin 4-langkah, SOHC, eSP, berpendingin cairan, dengan kapasitas silinder 124,8 cc. Mesinnya mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 11, 1 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Sebagian orang merasa bahwa Vario memiliki penyakit khas, yakni “geredek” pada bagian CVT saat skutik tersebut sudah usianya sudah beberapa tahun atau menempuh beberapa puluh ribu km. Honda Vario 125 dengan tangka bahan bakar mencapai 5,5 liter, diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 51,7 km/liter. Jadi, dalam sekali pengisian penuh, Vario 125 dapat menjelajah hingga 284,35 km.
Ada cukup banyak pemain di kelas skutik 125 cc. Namun, untuk Honda Vario 125, competitor terdekatnya adalah Yamaha Lexi. Jika dibandingkan varian tertingginya, Vario 125 CBS-ISS berhadapan dengan Lexi S ABS. Jika membandingkan data dari spesifikasi yang dikeluarkan masing-masing pabrikan, Vario 125 kalah dari Lexi. Vario 125 dibekali mesin berkapasitas 124,8 cc dengan tipe 4-langkah, SOHC, eSP, dan berpendingin cairan. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum hingga 8,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi maksimumnya 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Sedangkan Lexi, mesinnya berkapasitas 124,7 cc dengan tipe 4-langkah, SOHC, VVA, dan berpendingin cairan. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 8,75 kW pada 8.000 rpm dan 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Baik tenaga maupun torsinya, lebih unggul Lexi dibanding Vario 125.
Soal akselerasi, 0-201 meter, Vario 125 mampu menempuhnya dalam 12,4 detik. Sedangkan Lexi, membutuhkan waktu 12,7 detik. Hasil tersebut bisa juga dipengaruhi dari bobotnya, karena Lexi memiliki bobot 114 kg dan Vario 125 hanya 111 kg. Pada Lexi, top speed diklaim dapat mencapai 110 km/jam, sedangkan Vario 125 hanya 96 km/jam.
Di sisi pengereman, Honda tidak membekali Vario 125 dengan pilihan rem Anti-lock Braking System (ABS). Fitur pengereman yang disematkan sebagai fitur standarnya adalah teknologi Combi Brake System (CBS). Dengan teknologi ini, saat pengendara menarik tuas rem depan, otomatis rem belakang juga akan bekerja. Sehingga, pengeremannya akan lebih maksimal dan berkendara pun jadi lebih aman. Meskipun, rem cakram hanya ada di bagian depan saja.
Sementara rem belakangnya, masih mengandalkan rem tromol. Bicara soal fitur keamanan, Vario 125 belum dibekali dengan Smart Key System alias keyless. Skutik ini masih mengandalkan penutup kunci magnetis, tapi sudah terintegrasi untuk membuka jok. Selain itu, sudah dibekali juga dengan Anti Theft Alarm yang dapat mengurangi risiko pencurian. Dari sisi pengereman, belum ada fitur Anti-lock Braking System (ABS). Vario 125 hanya memiliki fitur Combi Brake System (CBS) sebagai fitur standarnya.
Honda Vario 125 kalah unggul dengan competitor terdekatnya untuk urusan kelengkapan fitur. Namun, meski sama-sama menggunakan mesin 125 cc, performa skutik ini masih tidak terlalu tertinggal jauh alias cukup bersaing. Vario 125 unggul dari sisi harga. Skutik ini masih jauh lebih terjangkau dibanding competitor terdekatnya.
Konsumsi bahan bakar standar 2021 Honda Vario 125 CBS adalah 1.69 L/100km, danKonsumsi bahan bakar standar 2021 Honda Vario 125 CBS ISS adalah 1.69 L/100km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(125cc) | CVT | 1.69 L/100km |
Advance White
Tidak, Honda Vario 125 tidak tersedia Rasio Kompresi.
Ya, Honda Vario 125 dilengkapi Suspensi Depan, varian yang dilengkapi adalah Honda Vario 125 CBS, Honda Vario 125 CBS ISS.
Inilah Cruise Control yang dilengkapi di Honda Vario 125. varian yang memiliki adalan:
Varian | Honda Vario 125 CBS | Honda Vario 125 CBS ISS |
Cruise Control | N | N |