Harga Honda Vario 110 masih Tinggi, Apa Penyebabnya?

Honda Vario 110.
  • Harga bekasnya stabil.
  • Disuntik mati tahun 2020.
  • Muncul pertama kali tahun 2007.

Sejak tahun 2020 lalu, Honda Vario 110 telah dihentikan produksinya, setelah 13 tahun menjadi salah satu pilihan motor matic favorit masyarakat di Indonesia. 

Meskipun telah dihentikan, namanya tetap harum karena tersedia versi mesin 125 cc dan 160 cc yang masih diniagakan sampai saat ini.

Dan karena sudah tak lagi diproduksi, beberapa unit bekas Honda Vario 110 masih dapat ditemui di pasaran, dan minat terhadapnya cukup besar.

Faktanya, Vario 110 bekas cukup melimpah di pasar motor bekas. Di situs jual-beli online, terdapat lebih dari 100 unit yang tersedia hanya di wilayah Jakarta saja. 

Meskipun demikian, hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap skutik ini masih cukup besar, meskipun telah digantikan dengan model-model terbaru dari Honda.

Baca juga: Gak Laku, Ini Daftar Motor Yang Terpaksa Disuntik Mati Sejak 2018

Harga Honda Vario 110 Bekas

Contohnya, pada generasi pertama (2006-2009), harga yang ditetapkan oleh pedagang dan pemiliknya mencengangkan, berkisar antara Rp 3,9 juta hingga Rp 5 jutaan.

Bahkan, ada yang menghadirkannya dengan tawaran tertinggi hingga mencapai Rp 7,5 juta.

Menariknya, meskipun telah digantikan oleh generasi terbaru, generasi pertama Vario 110 ini masih banyak peminat karena desain yang timeless.

Ya meski masih menggunakan sistem karburator dan belum dilengkapi dengan ACG starter, sehingga pengoperasian electric starter terasa kurang halus.

Peningkatan harga bekas juga terlihat pada generasi berikutnya, yang mana pada generasi kedua (2009-2013) atau disebut Vario 110 Techno, skutik ini ditawarkan dengan kisaran harga yang lebih tinggi, berkisar antara Rp 6-7 jutaan.

Meskipun telah beredar sejak beberapa tahun lalu, minat terhadap model ini tetap tinggi.

Menunjukkan bahwa meski dalam kondisi bekas, tetap menjadi pilihan yang diminati meski telah berusia.

Harga Honda Vario 110 Bekas.

Baca juga: Sudah Disuntik Mati, Inikah Waktu Terbaik Membeli Honda PCX 150?

Antara tahun 2013 hingga 2018, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan pengembangan yang signifikan pada model Honda Vario.

Pabrikan ini memperkenalkan sistem pengabutan bahan bakar injeksi pada model Honda Vario, menggantikan sistem karburator yang digunakan sebelumnya.

Selain itu, untuk mengatasi masalah kebisingan saat melakukan starter, Honda Vario dilengkapi dengan teknologi ACG starter yang lebih halus dan efisien.

Penggunaan teknologi injeksi dan ACG starter memperlihatkan peningkatan kualitas motor ini, serta menunjukkan komitmen AHM dalam menyajikan inovasi terbaru kepada konsumen.

Namun, seperti yang dapat diharapkan, varian Honda Vario 110 dengan injeksi tersebut dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada versi karburator.

Berdasarkan sumber yang sama, harga model Vario 110 injeksi mulai dari Rp 8 jutaan. Untuk tahun produksi yang lebih baru, seperti VIN 2018, harganya bisa mencapai Rp 12,5 juta. 

Tentunya model generasi terakhir menarik dibeli karena tahun produksi yang masih relatif muda, dan motor pun masih segar.

Harga Honda Vario 110 termahal Rp12,5 juta.

Baca juga: Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas

Tentu saja penetapan harga jual kembalinya itu lebih mahal dari motor bekas kepunyaan kompetitor. Lantas apa penyebab motor matic ini tetap dilego dengan harga tinggi?

Desain Maskulin Honda Vario 110

Evolusi desain motor ini sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Pada saat itu, AHM menampilkan desain bodi yang dinamis dan modern.

Menonjolkan bentuk yang lebih futuristik dibandingkan dengan sepeda motor lain di pasar, khususnya segmen motor matic kala itu.

Perhatian khusus diberikan pada aspek estetika, dengan fokus pada kesan modern dan stylish.

Berbeda dengan kompetitornya, Yamaha Mio, yang pada masa itu mengandalkan lampu utama tunggal yang ditempatkan di area setang.

Honda justru memilih untuk menggunakan lampu ganda yang terintegrasi secara elegan di bagian depan panel bodi.

Penggunaan lampu ganda ini memberikan kesan yang lebih mencolok dan modern, serta menambah daya tarik visual dari sepeda motor tersebut.

Desain maskulin yang diadopsi olehnya pada masa itu juga menjadi salah satu poin penjualan yang kuat.

Desain yang kuat dan tangguh tidak hanya memberikan kesan visual yang menarik, tetapi juga memperkuat identitas dari sepeda motor tersebut di pasar.

Desain ini dipertahankan hingga akhir masa peredarannya, menunjukkan bahwa Honda Vario 110 selalu konsisten dalam menyajikan produk dengan tampilan yang menarik dan modern. 

Mesin cukup Responsif

Mesin yang digunakan generasi pertama adalah jenis SOHC dengan kapasitas 108 cc dan menggunakan karburator sebagai sistem pengabutan bahan bakarnya.

Spesifikasi teknis mesin ini mencakup rancangan bore (diameter silinder) sebesar 50 mm dan stroke (panjang langkah piston) sebesar 55 mm, dengan rasio kompresi 10,7:1.

Dari spesifikasi tersebut, mesin dapat menghasilkan tenaga sebesar 8,99 PS pada 8.000 rpm (rotasi per menit) dan torsi sebesar 8,4 Nm pada 6.500 rpm.

Dikatakan bahwa mesin pada generasi pertama dan kedua ini memiliki responsifitas yang baik, tidak kalah dengan kompetitornya pada masa itu, yakni Yamaha Mio.

Selain itu, salah satu keunggulan yang dimiliki Honda Vario 110 adalah adanya sistem pendingin cairan.

Sistem pendingin ini berperan penting dalam menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan mencegah mesin dari kelebihan panas.

Hal ini merupakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh skutik Yamaha Mio pada saat itu, yang masih menggunakan sistem pendingin udara. 

Desain Honda Vario 110.

Baca juga: Diskontinu di Indonesia, Jepang justru Bersiap Menantikan Kawasaki Z250 2022

Irit Bensin

Tidak dapat dipungkiri, efisiensi bahan bakar masih menjadi salah satu faktor yang dicari masayarakat terhadap sebuah motor.

Semenjak versi karburator, Honda Vario 110 sudah terkenal irit bensin dengan konsumsi BBM 40 km/liter.

Catatan tersebut meningkat seraya sang skutik mengaplikasi sistem injeksi. Berkat hal itulah keiritannya bertambah menjadi 59 km/liter.

Suku Cadang Aman

Dengan adanya jaminan suku cadang yang aman, pembeli tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan komponen-komponen yang diperlukan.

PT Astra Honda Motor (AHM) melalui jaringan bengkelnya menegaskan bahwa spare part untuk Honda Vario 110 akan tetap tersedia selama periode 7 tahun setelah diskontinuasi.

Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun model telah berhenti diproduksi, kebutuhan akan suku cadang untuk skutik ini masih dapat dipenuhi hingga tahun 2027 mendatang.

Dengan demikian, pembeli dapat memiliki kepercayaan penuh dalam memilih Honda Vario 110 sebagai kendaraan mereka, tanpa perlu khawatir tentang masalah ketersediaan suku cadang di masa mendatang. 

Desain Honda Vario 110 ramping.

Kesimpulan

Meskipun produksinya dihentikan pada tahun 2020 setelah 13 tahun kehadiran yang sukses, Honda Vario 110 bekas tetap mempertahankan popularitasnya di pasar.

Meski telah digantikan oleh model-model baru, minat masyarakat terhadap skutik ini masih cukup besar, terbukti dengan banyaknya unit Honda Vario 110 bekas yang tersedia di pasar, khususnya di wilayah Jakarta.

Bahkan dengan usia yang sudah cukup tua, harga jualnya masih cukup tinggi, mencerminkan ketertarikan yang masih kuat dari konsumen terhadap model ini.

Peningkatan harga Honda Vario 110 bekas dari generasi ke generasi juga menunjukkan bahwa keunggulan dan reputasi model ini tetap terjaga.

Meskipun model terbaru telah diperkenalkan dengan fitur-fitur yang lebih canggih, seperti sistem injeksi dan ACG starter, minat terhadap model-model lama tetap tinggi.

Hal ini disebabkan oleh desain yang maskulin, responsif, serta efisiensi bahan bakar yang menjadi keunggulan utama Honda Vario 110.

Selain itu, pelayanan purna jual yang baik dari PT Astra Honda Motor (AHM) dengan ketersediaan suku cadang yang dijamin selama 7 tahun pasca-diskontinuasi juga menjadi faktor penentu yang membuat Honda Vario 110 bekas tetap diminati oleh konsumen.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Sempat vakum 2 seri akibat pemulihan cedera. Persaingan berlangsung ketat. Kembali ukir prestasi, crosser binaan PT Astra Honda Motor (AHM) M. Arsenio Algifari berhasil meraih dua podium pada ajang kompetisi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross Grasstrack 2024 kelas MX2 seri ketiga (15-17/11). Podium ini merupakan titik balik crosser Astra Honda Racing Team (AHRT) itu setelah melewati dua seri sebelumnya akibat pemulihan cedera. Pembalap asal Jakarta ini menampilkan kemampuan terbaiknya dan m
Ada update setingan mesin. Akselerasi cepat dari bawah hingga tengah. Top speed sentuh 104 km/jam. Honda Scoopy terbaru alias model year 2025 yang dikenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) awal bulan ini masih mencuri perhatian. Pasalnya dari data kami, artikel-artikel yang membahas motor matic tersebut selalu banyak dibaca. Rasa penasaran masyarakat terhadap motor ini masih tinggi, wajar karena motor tersebut salah satu model favorit. Desainnya yang dibuat imut-imut dan menarik, menggoda banyak ora
Helm modular menawarkan kemudahan akses bagi penggunanya Saat ini, helm modular asal India ini paling diminati para bikers SMK Helmet melalui distributor resminya yaitu PT Prakarsa Bangun Sarana, mengklaim helm modular yang diniagakannya laris manis di Tanah Air. Seperti helm modular kebanyakan, pelindung kepala bertajuk SMK Gullwing ini pun menawarkan rancang bangun berupa helm full face dengan bukaan pada bagian bawah. Salah satu keunggulannya, pengguna helm hanya perlu mengangkat bagian bawah
Menggunakan alat uji akselerasi berbasis GPS. T-Mode dan S-Mode punya hasil uji yang mirip. Yamaha NMax Turbo membangkitkan kembali sistem elektronik pada konstruksi transmisi CVT di era modern pada kelas 150-160 cc. Jadi wajar kalau kehadirannya cukup menghebohkan, Yamaha sendiri menyebut sistem transmisinya menjadi YECVT atau Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission. Keunggulan menggunakan YECVT ini tentu saja memungkinkan NMax memiliki fitur untuk dapat mengunci atau mengatur rasi
Honda Scoopy masih banyak dibaca. Motor matic retro Jepang. Penjualan motor nasional turun. Meski sudah dikenalkan sejak awal bulan November 2024, namun pesona Honda Scoopy masih menarik perhatian banyak orang. Mulai dari ulasan lengkap, detail spesifikasi hingga pilihan warna dan tipe masih banyak dibaca. Namun selain itu ada informasi soal kehadiran Honda CRF250 Rally terbaru yang sejauh ini sukses dijual di Indonesia. Versi terbaru ini kemungkinan juga akan dijual di Indonesia, dan hanya ting

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 125
Lihat