Pakai YECVT, Seberapa Cepat Yamaha NMax Turbo Berakselerasi?

Uji akselerasi Yamaha NMax Turbo.
  • Menggunakan alat uji akselerasi berbasis GPS.
  • T-Mode dan S-Mode punya hasil uji yang mirip.

Yamaha NMax Turbo membangkitkan kembali sistem elektronik pada konstruksi transmisi CVT di era modern pada kelas 150-160 cc.

Jadi wajar kalau kehadirannya cukup menghebohkan, Yamaha sendiri menyebut sistem transmisinya menjadi YECVT atau Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission.

Keunggulan menggunakan YECVT ini tentu saja memungkinkan NMax memiliki fitur untuk dapat mengunci atau mengatur rasio CVT nya.

Meskipun untuk saat ini rasio CVT baru bisa diatur dalam siklus downshift sebanyak 3 level, kalau diibaratkan level 1 ini seperti turun 1 gigi, level 2 turun 2 gigi, dan level 3 seperti menggunakan gigi 1.

Baca juga: Waduh, Di Aceh Tamiang Yamaha NMax Terbaru Dijadikan Becak Motor!

Mesin generasi terbaru sudah pakai hydraulic tensioner.

Dengan begitu bisa membantu rem NMax agar kinerjanya tidak terlalu berat ketika melewati turunan terjal dan panjang.

Rasio yang bisa dikunci dalam 3 level ni tentunya juga bisa berguna untuk menaklukan tanjakan.

Karakter motor matic CVT yang ngeden ketika nanjak bisa hilang layaknya transmisi CVT pada mobil.

Penggunanya juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk berakselerasi, bisa dengan menghentak gas secara mendadak maka YECVT otomatis akan naik 1 level sehingga membuat putaran mesin lebih menjerit untuk memberikan performa lebih besar.

Atau bisa juga memainkan YECVT saat berakselerasi, namun harus memiliki timing yang pas antara kecepatan dan putaran mesin, karena kalau tidak pas justru membuat mesin hanya menggerung. 

Mesin Generasi Terbaru

Yamaha NMax Turbo menggunakan mesin Maxi Yamaha 155 cc generasi ketiga yang membuat suaranya kian senyap dan minim vibrasi karena menggunakan mirror bore cylinder.

Baca juga: Harga Beririsan, Begini Perbandingan Spesifikasi Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio

NMax Turbo ditandai dengan emblem YECVT pada boks filter.

Tegangan pada rantai keteng juga lebih stabil karena sudah menggunakan sistem hydraulic yang tekanannya diatur oleh semprotan oli mesin.

Motor ini juga memiliki 2 mode berkendara baru, ada T-Mode atau town mode dengan karakter putaran mesin yang lebih rendah cocok digunakan saat berkendara santai saat commuting di perkotaan.

Pada T-Mode ini putaran mesin terasa lebih rendah, seolah-olah YECVT membuat karakter tenaganya banyak bermain di putaran rendah di bawah 6.000 rpm.

Salah satu tujuannya tentu untuk membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien.

Lalu ada mode berkendara S-Mode atau sport mode dengan karakter putaran mesin yang lebih tinggi.

Ini membuat karakter mesin menjadi lebih responsif yang cocok ketika membutuhkan tenaga lebih seperti saat ingin berkendara agresif.

Baca juga: T-Mode dan S-Mode Yamaha NMax Turbo, Lebih Irit Mana Untuk Touring?

Tetap andalkan radiator di sisi kanan untuk menjaga suhunya tetap stabil.

Ketika S-Mode aktif, putaran mesin akan lebih tinggi sekitar 500-800 rpm dibanding T-Mode di bukaan gas yang sama.

Putaran mesin yang lebih tinggi ini tentunya akan membuat karakter tenaga terasa lebih responsif.

YECVT juga merubah karakter rasionya menjadi sedikit lebih gerung untuk memberikan sensasi responsif pada tiap bukaan gasnya.

Spesifikasi mesinnya pakai kepala silinder SOHC berisikan 4 katup lengkap dengan VVA, Blue Core, dan pendingin cairan.

Kapasitas mesinnya 155,1 cc hasil kombinasi penggunaan diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,7 mm.

Baca juga: Terjual Ratusan Unit, Yamaha NMax Neo Laris di IMOS 2024

Atur YECT melalui tombol Y-Shift di saklar kiri.

Mesin dengan rasio kompresi 11,6:1 ini punya klaim tenaga maksimal 15,3 ps di 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Uji Akselerasi Yamaha NMax Turbo

Lantas seberapa cepat NMax Turbo ini bisa melaju? Tentu kami uji langsung menggunakan alat ukur Racebox yang berbasis GPS.

Karena terdapat 2 riding modes dan terdapat Y-Shift yang cukup berpengaruh pada akselerasinya, maka pengujian dilakukan selama beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik.

Hasilnya ternyata untuk akselerasi dari start diam, baik S-Mode maupun T-Mode ini punya catatan waktu yang tidak terlalu jauh berbeda.

Baca juga: Yamaha NMax Tour Boemi Nusantara Berakhir, Sukses Tempuh 5.500 Km Perjalanan

Top speed di spidometer terbaca 122 km/jam.

Seperti kecepatan 0-80 km/jam tercepat diraih S-Mode dengan waktu 8,26 detik, namun kecepatan 0-100 km/jam justru yang tercepat ada pada T-Mode dengan waktu 14,99 detik.

Yang sengit ada di capaian jarak 0-201 meter karena keduanya mencatatkan hasil yang sama yaitu 11,74 detik, kalau jarak 0-402 meter tercepat diraih S-Mode yang berhasil catatkan waktu 18,96 detik.

Meski begitu kecepatan tertinggi dari kedua riding modes ini identik, di Racebox tercatat angka 116 km/jam pada T-Mode dan 115,9 km/jam apda S-Mode. 

Sedangkan untuk kecepatan tertinggi di spidometer kedua riding modes mencatatkan angka 122 km/jam, itu berarti ada deviasi sebanyak 5,17% antara kecepatan di spidometer dan yang terbaca pada GPS.

Data Akselerasi Yamaha NMax Turbo

T-Mode Parameter S-Mode
4,83 detik 0-60 km/jam 4,93 detik
8,61 detik 0-80 km/jam 8,26 detik
14,99 detik 0-100 km/jam 15,03 detik
7,47 detik @75,1 km/jam 0-100 meter 7,48 detik @76,2 km/jam
11,74 detik @91,2 km/jam 0-201 meter 11,74 detik @91,9 km/jam
19,01 detik @105,4 km/jam 0-402 meter 18,96 detik @105,4 km/jam
122 km/jam Top speed spidometer 122 km/jam
116 km/jam Top speed Racebox 115,9 km/jam
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Honda Scoopy masih banyak dibaca. Motor matic retro Jepang. Penjualan motor nasional turun. Meski sudah dikenalkan sejak awal bulan November 2024, namun pesona Honda Scoopy masih menarik perhatian banyak orang. Mulai dari ulasan lengkap, detail spesifikasi hingga pilihan warna dan tipe masih banyak dibaca. Namun selain itu ada informasi soal kehadiran Honda CRF250 Rally terbaru yang sejauh ini sukses dijual di Indonesia. Versi terbaru ini kemungkinan juga akan dijual di Indonesia, dan hanya ting
Perbedaan besar ada pada kunci keyless dan non keyless. Varian Energetic gantikan varian Sporty dari generasi sebelumnya. Sama seperti generasi sebelumnya, Honda Scoopy 2025 hadir dengan 2 tipe dan 4 pilihan varian yang bisa dipilih sesuai karakter dan kesukaan pemiliknya. Motor ini dibanderol mulai dari Rp 22,525 juta untuk tipe Fashion dan Energetic, untuk tipe Prestige dan Stylish sedikit lebih mahal yang dijual di angka Rp 23,230 juta OTR Jakarta. Harga Honda Scoopy 2025 Honda Scoopy Fashion
Yamaha NMax jadi becak motor. Digunakan sebagai angkutan umum. Becak dipasang disisi kiri motor. Baru-baru ini viral Yamaha NMax Neo dijadikan armada angkutan umum, yakni becak motor di provinsi Aceh. Padahal untuk sebagian orang, sosok Yamaha NMax merupakan skuter matic premium karena memiliki bentuk body cukup besar. Terlebih lagi NMax seri terbaru yang meluncur pada Juni 2024 lalu, selain tampang yang lebih segar, pada tipe tertentu ada fitur turbo alias YECVT agar bisa berakselerasi secara m
Kumpulkan 508 poin. Tahun depan pindah ke Aprilia. Sempat bergelar Rookie of The Year. Seri pamungkas MotoGP musim 2024 menjadi titik puncak perjalanan Jorge Martin tahun ini. Rider asal Spanyol itu sukses menjadi juara dunia MotoGP, setelah finish ketiga pada race hari Minggu (17/11/2024). Sehari sebelumnya pada Sprint Race, rider dengan nomor start 89 itu juga menempati posisi ketiga. Meski Francesco Bagnaia yang jadi pemenangnya, pekerjaan Martin pada balap hari Minggu tetap lebih ringan. Ia
Kasus oli palsu Federal Oil terjadi di wilayah Jawa Tengah Puluhan karton oli Federal Oil palsu didapat dari tiga bengkel Federal Oil kembali mengungkap kasus oli palsu dari produk mereka yang kali ini ditemukan di wilayah Jawa Tengah. Seperti tak ada hentinya, peredaran oli palsu terus saja terjadi di Indonesia. Federal Oil selaku salah satu lini PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) pun harus merasakan dampak dari perbuatan kriminal ini. Sebagaimana temuan mereka baru-baru ini berdasarakan

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax Turbo
Lihat