Off Road Model | 144 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Kawasaki KLX 150 2024 - 2025 ditawarkan dalam 3 varian - mulai Rp 32,90 Juta hingga Rp 39,50 Juta , varian entry levelnya yaitu Kawasaki KLX 150 S 2024 Rp 32,90 Juta dan varian tertingi Kawasaki KLX 150 yaitu Kawasaki KLX 150 SE 2024 ditawarkan dengan harga Rp 39,50 Juta.
Model | Off Road |
Kapasitas | 144 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | Y |
Dirancang dengan desain body yang memang sangat persis dengan desain motor trail pada umumnya, dimana desain bodynya dibuat sangat ramping dan ketinggian motor ini juga dibuat cukup tinggi. Sehingga motor kawasaki KLX ini akan mampu melewati berbagai macam medan yg ada.
Model stang yg diusung motor kawasaki KLX ini adalah model naked stang. Dengan ukuran dan posisi stang juga telah disesuai dengan kenyamanan para penggunanya,
Tampilan speedometer yang disajikan secara modern
Telah dilengkapi dengan adanya suspensi model Up Side Down atau USD yang akan memastikan pengendara dapat melewati berbagai macam medan, sedangkan untuk suspensi belakang dari motor kawasaki KLX ini menggunakan suspensi uni track swingarm
Kaki – kakinya nyaman untuk digunakan
Jarak terendah tinggi dan posisi berkendara nyaman
Handling lincah
Penggunaan sistem bahan bakarnya sendiri masih menggunakan sistem karburator, menjadikan konsumsi bahan bakarnya sendiri akan menjadi lebih boros.
Tekstur jok atau tempat duduk dari motor kawasaki KLX ini masih sangat keras
Mesin dari motor kawasaki KLX ini terkadang sering mati atau susah untuk dihidupkan. Hal tersebut dikarenakan sistem pengapian yang digunakan oleh motor kawasaki KLX ini masih menggunakan jenis CDI, sehingga pada saat bagian CDI nya itu terkena air hal tersebut dpt menjadikan mesin akan susah menyala.
Fitur – fiturnya masih kurang
Belum menggunakan lampu LED
Performa mesin kurang maksimal
Persaingan motor trail di kelas 150 cc sudah mulai ramai. Sebelumnya, Kawasaki KLX 150 baru bisa dikatakan sebagai pelopornya. Kawasaki juga setia menghadirkan motor trail ini untuk konsumen di Indonesia dengan tetap memproduksinya sejak awal kemunculannya di 2009 lalu. Kawasaki KLX 150 baru tidak banyak berubah dibandingkan model tahun sebelumnya. Motor trail ini merupakan generasi penerus dari KLX150S. Dari segi fitur dan teknologi, Kawasaki KLX 150 terbaru juga bisa dibilang cukup sederhana.
Sektor mesin juga tetap dibiarkan apa adanya. Bahkan, jika diperhatikan sejak pertama kali meluncur, spesifikasi mesinnya masih sama. Meski demikian, Kawasaki KLX 150 baru tetap digemari banyak pencinta motor trail. Selain Kawasaki KLX 150 terbaru, ada juga varian lainnya, yakni Kawasaki KLX 150, Kawasaki KLX 150 S dan Kawasaki KLX 150 SE. Bagian yang membedakan hanyalah pada kaki-kaki dan pilihan warna yang disajikan. Sedangkan fitur dan spesifikasi mesin, ketiganya masih tetap sama.
Namun, keberadaan Kawasaki KLX 150 baru bisa dikatakan mulai tergilas dengan adanya kompetitor, seperti Honda CRF 150L dan Yamaha WR 155R. Kedua motor trail tersebut memiliki fitur, teknologi, dan spesifikasi yang lebih unggul dari Kawasaki KLX 150 terbaru. Dari segi harga, juga cukup bersaing dengan antara ketiga motor trail tersebut.
Jika bicara soal fitur, Kawasaki KLX 150 baru termasuk motor trail yang konvensional. Tidak ada fitur canggih yang melekat pada motor ini. Sistem pencahayaannya masih mengandalkan bohlam biasa, panel meter masih analog, dan sistem suplai bahan bakarnya juga masih pakai karburator.
Urusan banderol, Kawasaki KLX 150 terbaru dipasarkan mulai dari Rp37,400,000 (on the road Jakarta). Lalu, varian KLX 150 S, harganya Rp33,800,000 (on the road Jakarta) 2025 dan Rp40,400,000 (on the road Jakarta) untuk KLX 150 SE. Sedangkan untuk varian KLX 150BF, dibanderol Rp 34.900.000 (on the road Jakarta).
Secara tampilan, Kawasaki KLX 150 baru menawarkan pilihan warna baru dengan grafis striping yang berbeda. Namun, desain bodinya masih dipertahankan sejak mengalami facelift pertamanya di 2016. Lampu depan dibuat lebih membulat. Lekuk pada bodinya juga dibuat lebih tajam dan lebih tegas, begitu pula dengan desain pada bagian striping. Tempat duduknya didesain lebih sporty dengan model two tone.
Kawasaki KLX 150 terbaru memiliki panjang 2.050 mm, lebar 960 mm, dan tinggi 1.115 mm. Jarak terendah ke tanah 300 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.345 mm. Motor Kawasaki KLX 150 bisa dikatakan memiliki tinggi tempat duduk yang cukup rendah. Sebab, Kawasaki KLX 150 baru dibekali ban depan berukuran 2.75-21 45P dan ban belakang berukuran 4.10-18 59P.
Bagian kaki-kaki juga masih mengandalkan suspensi depan model teleskopik. Sedangkan pada suspensi belakangnya, Kawasaki KLX 150 terbaru ini menggunakan swing arm model Uni-Trak, dengan monoshock yang mampu disetel pada bagian preload hingga 5 tingkat pengaturan. Dengan bobot mencapai 116 jg, Kawasaki KLX 150 baru hanya keluar dua pilihan warna saja, yakni warna hijau khas Kawasaki.
Dimensi Kawasaki KLX 150 | ||
---|---|---|
Panjang x Lebar x Tinggi | 2,050 x 830 x 1,115 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 300 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1,345 mm | |
Berat | 118 kg | |
Suspensi Depan | 35 mm inverted fork | |
Suspensi Belakang | Uni-Trak, with 5-way adjustable preload | |
Ban Depan | 2.75-21 45P | |
Ban Belakang | 4.10-18 59P | |
Di bagian kaki-kaki Kawasaki KLX 150 , untuk menunjang kenyamanannya di medan off road, Kawasaki menyematkan diameter roda yang besar. . Ban depan berukuran 2.75-21 45P dan ban belakang menggunakan ukuran 4.10-18 59P. Sedangkan untuk suspensinya, Kawasaki KLX 150 S masih mengandalkan sokbreker depan model teleskopik dan sokbreker belakang swingarm Uni-Trak dengan preload yang dapat disesuaikan 5 arah. Sementara untuk Kawasaki KLX 150 dan KLX 150 SE, sokbreker depannya sudah pakai model upside down. Peleknya juga sudah dari bahan aluminium.
Kawasaki KLX 150 bukanlah motor untuk kebutuhan balap atau kompetisi, maka itu sasis yang digunakan juga terbuat dari baja, bukan aluminium. Dari segi konstruksi, sasis yang digunakan juga tidak mengalami banyak ubahan dari sejak generasi pertama dikeluarkan. Bicara soal motor trail, kenyamanan berkendara memang bukan hal yang utama.
Layaknya motor trail pada umumnya, Kawasaki KLX 150 baru pun memiliki postur yang jangkung alias cukup tinggi. Tapi, berkat ukuran roda depan dan roda belakang yang digunakan, motor trail ini masih cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya.
Ditambah lagi, dengan bobot Kawasaki KLX 150 yang tidak terlalu berat, sehingga membuat pengendalian motor juga lebih mudah. Terlebih saat menggunakannya di jalanan off road.
Setangnya sudah cukup lebar dan tempat duduk dibuat sempit, khas motor trail. Posisi berkendaranya bisa dikatakan cukup ergonomis. Namun, bagi pengendara dengan tinggi badan di bawah 170 cm, pasti akan jinjit alias tidak bisa menapak dengan sempurna saat menaiki Kawasaki KLX 150 terbaru.
Kawasaki KLX 150 2baru dibekali dengan mesin SOHC, 2 katup, 4 langkah, berpendingin udara, dan kapasitasnya 144 cc. Diameter pistonnya 58 mm dengan langkah 54,4 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 9,5:1. Mesinnya Kawasaki KLX 150 terbaru menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Dengan mesin tersebut, Kawasaki KLX 150 terbaru mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 8,6 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Untuk mengimbangi performa yang dihasilkan mesin, motor trail ini dilengkapi dengan rem depan cakram dengan ukuran 240 mm dan rem belakang cakram berukuran 190 mm. Cakram pada rem depannya sudah menggunakan model wavy, sehingga lebih cepat melepas panas dan membuat pengereman tetap optimal.
Mesin Kawasaki KLX 150 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | SOHC, 2 valves, Air-cooled, 4-stroke Single | |
Diameter x Langkah | 58.0 x 54.4 mm | |
Kapasitas Mesin | 144 cc | |
Rasio Kompresi | 9.5:1 | |
Tenaga Maksimum | 8.6 kW {12 PS} / 8,000 rpm | |
Torsi Maksimum | 11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500 rpm | |
Rem Depan | Single 240 mm petal disc Twin-piston | |
Rem Belakang | Single 190 mm petal disc Single-piston | |
Transmission | 5-speed, return | |
Di bagian pengeremannya, KLX 150 sudah menggunakan rem cakram, untuk bagian depan dan belakang. Pada motor trail, memang tidak dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS). Dengan alasan, komponen tersebut akan menambah beban pada motor dan justru mengganggu pengereman saat berkendara di jalur tanah atau off road. Rem cakramnya sendiri sudah menggunakan model wavy disc yang diklaim lebih cepat dalam melepas panas.
Sehingga, pengeremannya tetap dapat bekerja secara optimal. Dengan pengereman double disc brake, rem depan dan rem belakang motor trail ini cukup responsive. Bisa dibilang, sama sekali tidak ada fitur keamanan pada motor trail 150 cc keluaran Kawasaki ini. Pada motor trail, memang tidak disematkan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Selain itu, tidak ada juga kunci pengaman.
Kawasaki KLX 150 bekas
Harga Kawasaki KLX 150 bekas dijual mulai dari Rp20 jutaan, sudah lebih terjangkau dibanding harga barunya.
Jadi Kawasaki KLX 150 second mungkin cocok untuk Anda yang mencari motor KLX dengan harga terjangkau.
Meskipun minim fitur dan bisa dibilang cukup konvensional dibandingkan para rivalnya, tapiKawasaki KLX 150 terbaru merupakan motor trail yang sudah dikenal banyak orang dan diakui kualitasnya. Untuk penggunaan harian atau digunakan terabas, motor trail ini cukup tangguh dan bisa diandalkan.
Konsumsi bahan bakar standar Kawasaki KLX 150 SE 2024 adalah 0 L/100km, danKonsumsi bahan bakar standar Kawasaki KLX 150 S 2024 adalah 0 L/100km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(144cc) | Manual | 0 L/100km |
Tidak, Kawasaki KLX 150 tidak tersedia Alarm.
Inilah Tipe rangka_motor yang dilengkapi di Kawasaki KLX 150. varian yang memiliki adalan:
Varian | Kawasaki KLX 150 BF | Kawasaki KLX 150 BF SE | Kawasaki KLX 150 BF SE Extreme | Kawasaki KLX 150 L | Kawasaki KLX 150 Standard |
Tipe rangka_motor | Aluminum MoNot Availablecoque | Aluminum MoNot Availablecoque | Aluminum MoNot Availablecoque | Aluminum MoNot Availablecoque | Aluminum MoNot Availablecoque |
Inilah Indikator Standar Samping yang dilengkapi di Kawasaki KLX 150. varian yang memiliki adalan:
Varian | Kawasaki KLX 150 BF | Kawasaki KLX 150 BF SE | Kawasaki KLX 150 BF SE Extreme | Kawasaki KLX 150 L | Kawasaki KLX 150 Standard |
Indikator Standar Samping | N | N | N | N | N |