T-Mode dan S-Mode Yamaha NMax Turbo, Lebih Irit Mana Untuk Touring?

Yamaha NMax Turbo.
  • Pakai teknologi YECVT.
  • T-Mode untuk berkendara santai.
  • S-Mode buat mesin lebih responsif.

Mengusung teknologi YECVT, membuat Yamaha NMax Turbo menjadi motor matic yang punya teknologi canggih dikelasnya.

Teknologi yang punya nama lengkap Yamaha Electric Continuous Variable Transmission itu memang cukup menggoda.

Bagaimana tidak, dengan teknologi tersebut motor jadi seperti punya gigi transmisi, yang juga berimbas pada respon akselerasi mesin.

Malah berkat teknologi YECVT, pengguna bisa mendapatkan akselerasi lebih saat menanjak dan efek engine brake saat lintasi jalan menurun.

YECVT ini beda dengan CVT konvensional, ini karena gaya sentrifugal yang dihasilkan roller untuk menekan sheave digantikan oleh perangkat elektronik yang dikontrol oleh TCU (transmission Control Unit).

Fungsi TCU untuk membaca seluruh pergerakan pada CVT dan perintah perpindahan rasio pada CVT.

Baca juga : Yamaha NMax Turbo Punya Engine Brake, Begini Cara Pakainya

Bahkan terdapat sensor kecepatan juga untuk membaca kecepatan putaran pulley depan dan belakang.

Keuntungannya memungkinkan untuk mengatur rasio CVT melalui saklar kiri dengan cara menekan tombol shift.

YECVT sendiri punya 3 level yang bisa dirasakan dan diatur secara manual atau otomatis.

Tak ada lagi roller.

Untuk pengaturan manual bisa menggunakan tombol Y-Shift pada saklar kiri tepatnya di bawah tombol klakson.

Dan secara otomatis misal kala membuka gas dengan cepat, maka YECVT akan naik ke level 1.

Lalu jika dalam posisi level 1, maka Y-Shift akan akan naik ke level 2 dan seterusnya.

Semakin tinggi level, maka semakin cocok digunakan untuk mendapatkan akselerasi yang lebih baik karena putaran rasio lebih ringan.

Misal saat ingin melahap jalur tanjakan terjal dengan beban berat, atau butuh akselerasi ketika hendak mendahului.

Tiap level akan menaikkan putaran mesin (rpm) 1.000 rpm, misal dari 5.000 rpm menjadi 6.000 rpm begitu seterusnya.

Tombol Y-Shift.

Untuk mengembalikan level pada posisi nol, bisa dengan mengurangi gas, menutup gas atau menekan tombol Mode 1 kali.

Beda T-Mode dan S-Mode Yamaha NMax Turbo

Terdapat 2 opsi Riding Mode pada YECVT ini yakni T-Mode atau Town Communiting Mode, yang dipakai untuk jalan perkotaan.

Lalu ada S-Mode atau Sport Touring Mode, yang dipersiapkan untuk akselerasi lebih cepat.

T-Mode punya karakter respon tenaga lembut serta rentang rpm lebih rendah.

Sehingga cocok digunakan untuk berkendara santai dan ketika butuh konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Sedangkan S-Mode punya karakter respon tenaga yang lebih responsif, putaran mesin pun lebih tinggi 500-1.000 rpm.

Sehingga menghasilkan rasa lebih agresif, cocok bagi yang butuh akselerasi lebih saat berkendara. 

Baca juga : Yamaha NMax Turbo Diklaim Cocok Untuk Warga Sumatera Barat, Ini Alasannya

Ada 3 level Y-Shift yang bisa dipakai.

Dari perbedaan karakter keduanya pun sudah bisa diketahui jika T-Mode akan lebih efisiensi konsumsi bahan bakarnya ketimbang S-Mode.

Tapi seberapa jauh perbedaannya? Nah, saat mengikuti perjalanan NMax Tour Boemi Nusantara etape Sumatera Barat, kami pun mencobanya.

Motor yang kami pakai, diset untuk hanya menggunakan T-Mode saja dan sesekali menggunakan Y-Shift saat diperlukan.

Lalu motor yang dikendarai rekan media lain, hanya pakai S-Mode saja selama perjalanan.

Ada pun rute yang ditempuh dari kota Padang menuju Lembah Harau, dengan jarak sekitar 224 km.

Dan hasilnya untuk T-Mode mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 48,8 km/liter pada panel meter.

Sedangkan unit yang menggunakan S-Mode selama perjalanan mendapatkan angka 43,6 km/liter.

Namun selain beda mode yang dipakai, cara berkendara juga mempengaruhi capaian ini meski kedua motor melewati rute yang sama.

Kemudian kecepatan rata-rata juga pastinya akan ikut berpengaruh, unit T-Mode rata-rata kecepatan 40 km/jam sedangkan S-Mode 44 km/jam.

Tapi setidaknya sudah jelas, jika T-Mode memang lebih irit ketimbang S-Mode.

Secara spesifikasi, motor ini menggendong mesin 155 cc, 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan.

Tenaga maksimal yang dikeluarkan mencapai 15,3 PS di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm.
 

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Banyak biker kecelakaan karena berdekatan bus dan truk Ada sejumlah cara biker hindari bus dan truk Salah satu kekhawatiran pengendara sepeda motor adalah saat bertemu kendaraan besar seperti bus dan truk di jalan raya. Pasalnya, dimensi bus dan truk yang cukup besar bisa menghalangi para rider untuk mengetahui jarak pandang ke depan. Belum lagi banyak kasus kecelakaan menimpa pengguna sepeda motor, seperti beberapa Waktu lalu terjadi kecelakaan lalu lintas, di Kawasan Teluknaga, Tangeran, Bante
Kini warna biru lebih banyak. Ada pengaturan aliran panas radiator. Mesin tak ada perubahan. Salah satu motor yang jarang terlihat di jalan namun penjualannya laris manis, ada Honda CRF250 Rally. Sejak dikenalkan pertama kalinya tahun 2017, motor ini sukses menjadi idola penikmat adventure. Dengan gaya motor reli, motor ini juga nyaman untuk perjalanan jauh, terlebih punya tangki yang terhitung besar. Honda secara global pun menghadirkan versi terbaru dari motor ini, alias CRF250 Rally 2025 bebe
Posisi berkendara santai dengan jok empuk. Handling sedikit berat dengan steering lock lebar. Polytron Fox 500 kini menjadi motor listrik premium dari Polytron EV dengan harga jual Rp 43 juta on the road Jabodetabek. Fox 500 disematkan beberapa fitur premium seperti sistem smart key atau keyless, cruise control, lampu full LED, regenerative braking, hingga baterai yang sudah kompatibel dengan sistem pengisian cepat. Secara dimensi motor ini memang cukup gambot, memiliki panjang 2.190 mm dengan l
Peserta datang dari berbagai daerah. 1.500 motor bebek hadir pada acara ini. Jadi tahun ketiga penyelenggaraan. Motor bebek mungkin saat ini bisa dibilang hilang pamor soal penjualan, tapi penggemarnya tetap banyak. Bahkan baru-baru ini ribuan motor bebek berkumpul di Jakarta pada acara Indonesia Cub Meeting (ICM) 2024. Di tahun ketiga penyelenggaraanya, ICM mengusung tema Community for Unity, untuk menguatkan soliditas antar komunitas penggemar motor bebek sekaligus memperingati Hari Pahlawan.
Sudah masuk generasi keenam. Dijual mulai Rp 22 jutaan. Ada 8 opsi warna. Sejak dikenalkan pertama kalinya tahun tahun 2010, Honda Scoopy sukses diterima pasar. Setidaknya sudah ada 6 generasi yang dirilis, termasuk model barunya yang dikenalkan pada awal November 2024 lalu. Motor matic tersebut bahkan hingga saat ini sudah terjual lebih dari 8,5 juta unit. Atau jika dihitung rata-rata, maka setiap tahunnya PT Astra Honda Motor (AHM) bisa menjual lebih dari 1,6 juta unit! Sebuah angka yang sanga

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax Turbo
Lihat