Sejak dikenalkan pertama kalinya tahun tahun 2010, Honda Scoopy sukses diterima pasar.
Setidaknya sudah ada 6 generasi yang dirilis, termasuk model barunya yang dikenalkan pada awal November 2024 lalu.
Motor matic tersebut bahkan hingga saat ini sudah terjual lebih dari 8,5 juta unit.
Atau jika dihitung rata-rata, maka setiap tahunnya PT Astra Honda Motor (AHM) bisa menjual lebih dari 1,6 juta unit!
Sebuah angka yang sangat fantastis, untuk sebuah motor matic bermesin 110 cc.
Tidak mengherankan memang jika motor ini bisa mencuri perhatian dengan desain yang menarik.
Yup, pandangan pertama yang berkesan disebut-sebut masih menjadi faktor dominan bagi seseorang untuk membeli motor di Indonesia.
Kemudian kelengkapan yang ditawarkan pada motor ini pun sudah sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Mesin irit, panel meter sederhana namun informatif, permainan warna dan grafis bodi yang ciamik.
Honda Scoopy generasi terbaru ini masih ditawarkan seperti generasi sebelumnya.
Yakni dengan total 2 tipe yakni Smart Key dan Non Smart Key, yang masing-masing terdiri dari 2 varian.
Kemudian masing-masing varian memiliki 2 opsi warna. Sehingga total ada 8 opsi warna yang bisa menjadi pilihan.
Dengan rentang harga Rp 22 jutaan hingga Rp 23 jutaan on the road Jakarta, motor ini masih jadi yang terbaik dikelasnya.
Dengan segala daya tariknya itu, maka tak mengherankan jika motor ini menjadi favorit banyak orang, terutama kaum wanita.
Motor ini dibekali dengan mesin 110 cc, eSP (enhanced Smart Power) generasi terbaru yang sama seperti model sebelumnya.
Jika dibandingkan model 2 generasi sebelumnya, mesin ini mengusung jenis over stroke.
Yang mana panjang langkah piston lebih besar daripada lingkar piston, hal ini dilakukan untuk mengejar akselerasi awal.
Ukuran pistonnya 47 mm dengan langkahj piston 63,1 mm yang menghasilkan volume silinder 109,5 cc.
Keluaran tenaganya mencapai 9 PS di 7.500 rpm dengan torsi 9,2 Nm di 6.000 rpm.
Transmisi otomatis CVT menjadi andalannya, yang kini tak lagi mengusung kick starter, khususnya untuk tipe Smart Key System.
Jantung mekanis ini memang irit dan responsif untuk berakselerasi, yang memang direntang putaran mesin bawah hingga tengah sangat diperlukan.
Dalam kondisi penggunaan dalam kota, akselerasi yang gesit memang lebih dibutuhkan ketimbang top speed yang tinggi.
Dan karena mesin eSP ini pula, konsumsi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai 59 km/liter. Wow!
Penggunaan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) masih menjadi andalannya.
Meski sempat dikeluhkan pengguna karena sempat bermasalah dengan karat, namun AHM sudah meningkatkan kualitasnya.
AHM bahkan berani menjamin kualitas rangka eSAF yang dimilikinya dengan garansi 5 tahun tanpa batasan jarak tempuh.
Bisa dikatakan dimensi Honda Scoopy tetap ringkas, dengan ukuran 1.869 x 693 x 1.075 mm.
Sumbu rodanya 1.251 mm dengan tinggi jok 746 mm, serta jarak terendah yang 145 mm. Bobotnya sendiri berkisar 94 kg dan 93 kg (Smart Key).
Bermain dikelas market menengah, motor ini punya kompetitor terdekat yakni Yamaha Fazzio.
Namun dibandingkan teman mainnya itu, Honda Scoopy punya desain yang lebih bisa diterima konsumen.
Yup, lekuk bodi S Shape masih menggoda banyak orang. Terlebih pada model baru ini kesan membulat masih dipertahankan.
Kemudian mesin yang dipakainya 110 cc, berpadu bobot ringan berkat rangka eSAF yang dipakai.
Selain dikenal irit, kinerja mesinnya juga cukup halus dan punya akselerasi bawah-menengah yang apik.
Bobot yang ringan juga jadi alasan motor ini disukai kaum wanita, mereka tak repot untuk bermanuver dikemacetan.
Pun saat hendak memarkirkan motor ini, dengan bobot yang ringan, mudah saja untuk memposisikan pada standar tengah.
Baca juga : Beli Honda Scoopy Baru, Perlu Inreyen Atau Langsung Gaspol?
AHM menghadirkan motor ini dengan total 2 tipe, 4 varian dan 8 opsi warna yang bisa dipilih.
Mulai dari Energetic Red, Energetic Silver, Fashion Brown dan Fashion Blue untuk non Smart Key.
Kemudian tipe teratas ada Stylish Green, Stylish Red, Prestige White dan Prestige Black.
Perbedaan paling mendasar tentu saja kehadiran fitur kunci Smart Key System, berbanding kunci dengan pengaman magnet yang kini dilengkapi Answer Back System dan Alarm.
Lalu warna kulit jok untuk Smart Key pakai dual tone, berbanding warna hitam biasa.
Kemudian warna emblem SCOOPY pada bodi belakang, warna silver krom dengan warna emas.
Kemudian warna pelek, tabung suspensi depan, cover knalpot dan cover CVT berwarna hitam untuk tipe non Smart Key.
Kalau tipe Smart Key pakai warna silver dan khusus tipe Fashion, warna cokelat terdapat pada plastik dek.
Harga jual motor ini rekomendasi untuk area Jakarta yakni Rp 22,525 juta hingga Rp 23,230 juta.
Harga pada situs resmi AHM akan berbeda dengan harga di dealer beberapa ratus ribu.
Ini karena biasanya dealer akan menjual dengan paket aksesoris standar, seperti kunci cakram dan dudukan plat nomor.
Honda Scoopy kerap menjadi motor pertama untuk anak sekolah atau mahasiswa, bahkan wanita kantoran.
Tentunya dengan pemakaian rutin, motor memerlukan perawatan agar tetap dalam performa terbaiknya.
Paling mudah adalah mengganti oli mesin dan oli gearbox CVT. Kemudian memeriksa kondisi filter udara dan kampas rem.
Langkah perawatan ini bisa dilakukan dengan melihat pada buku panduan yang diberikan saat pengiriman unit motor.
Pabrikan merekomendasikan mengganti oli mesin setiap 4.000 km atau 4 bulan sekali.
Namun terkadang karena motor kerap terjebak macet dan mesin tetap bekerja, tidak ada salahnya interval penggantian dilakukan lebih cepat.
Misal menjadi setiap 3.000 km atau 3 bulan pemakaian, toh kini bengkel resmi menyediakan pit khusus untuk pengerjaan ringan seperti ganti oli.
Baca juga : Alasan Honda Pertahankan Rangka eSAF di Scoopy Terbaru
Sebagai motor matic bergaya retro modern, jelas mendandani Honda Scoopy jadi hal yang tak boleh terlewatkan.
Kalau tak mau ribet, bisa pakai aksesoris resmi yang dikeluarkan AHM untuk motor ini.
Total ada 12 item yang bisa kalian pilih dan tebus, dengan harga mulai dari Rp 59 ribu saja.
Terdiri dari garnish lampu-lampu, garnish knalpot dan cover filter udara, panel dek, jalu setang, visor, tatakan standar tengah hingga cover remote.
Atau kalau mau lebih terlihat berbeda, bisa tiru modifikasi yang dilakukan AHM untuk motor ini.
Ada yang bergaya kalcer yang kekinian, ada pula yang tampil stylish dengan mainkan paduan warna.
Baca juga : Honda Scoopy Terbaru Kena Sentuh Modifikasi, Ada yang Bergaya Kalcer!
Selanjutnya ada beberapa pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh calon pembeli motor ini.
Motor ini dijual oleh AHM direntang harga Rp 22,525 juta hingga Rp 23,230 juta on the road Jakarta.
Harga tersebut untuk 4 tipe yang ditawarkan yakni, Fashion, Energetic, Prestige, dan Stylish.
Mesin yang dipakai tidak berubah dari generasi sebelumnya, yakni tetap 110 cc, dengan teknologi eSP.
Sesuai rekomendasi pabrikan pada buku manual dan buku servis, oli mesin wajib diganti paling lama setiap 4.000 km atau 4 bulan.
Umumnya servis ringan dikenakan biaya sebesar Rp 90 ribuan, tergantung dari lokasi bengkel resmi berada.
Untuk servis pertama masih gratis, dan jasa servis selama setahun juga gratis, hanya membayar part yang diganti saja.
Baca juga : Simulasi Kredit Honda Scoopy Terbaru, Cicilan Mulai Rp 800 ribuan!
Honda Scoopy generasi terbaru atau keenam yang merupakan model year 2025 memang menarik.
Perubahan tampilannya menyeluruh menjadikan model ini terlihat benar-benar baru, apalagi setangnya kini tertutup cover.
Mesin eSP yang irit dan responsif masih dipertahankan, juga ada update fitur pada panel meter yang lebih informatif.
Dengan harga yang masih terjangkau, tidak mengherankan jika motor ini jadi pilihan banyak orang.
Spesifikasi Honda Scoopy 2025 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
P x L x T | 1.869 x 693 x 1.075 mm | |
Sumbu Roda | 1.251 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 746 mm | |
Jarak Terendah | 145 mm | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Berat Isi | 94 kg & 93 kg (tipe smart key) | |
MESIN | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara | |
Kapasitas Mesin | 109,5 cc | |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | |
Rasio Kompresi | 10 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | |
Tenaga Maksimum | 9 PS @ 7.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 9,2 Nm @ 6.000 rpm | |
RANGKA & KAKI-KAKI | ||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Sistem Pengereman | Combi brake system | |
Ban Depan | 100/90-12 | |
Ban Belakang | 110/90-12 |