Cek Plus-Minus Honda Vario FI 110, Inovatif Tapi Dipandang Sebelah Mata

Honda Vario FI 110 masih tinggi
  • Mesinnya memakai Beat Series.
  • Harga jual stabil.

Di tahun 2013 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) sempat menghadirkan penerus dari Honda Vario 110 karbu (Non Techno).

Julukannya Honda Vario FI 110 yang dirilis berbarengan dengan Honda Blade 125 di Kemayoran, Jakarta.

Kala itu motor ini hadir sebagai motor matic pertama yang mengusung lampu depan LED, sebuah hal yang istimewa.

Pasalnya kebanyakan motor yang beredar masih pakai lampu depan bohlam, sedangkan lampu LED kebanyakan dipakai untuk lampu belakang dan rem.

Belum lagi mesin 110 cc eSP yang diusungnya, sudah terkenal irit bahan bakar dan bertenaga. Potensi laris manis di pasaran.

Tapi memang sejak tahun 2020 motor bergaya sporty ini sudah tak diproduksi. Sehingga Anda yang berminat pada motor ini, hanya bisa menebus edisi sekennya saja.

Nah, sebelum membeli unit bekasnya ada baiknya mengetahui keunggulan dan kelemahan dari motor tersebut. Sehingga tak menyesal setelah meminangnya nanti.

Baca Juga: Komparasi Bebek Super, Mending Supra GTR 150 atau MX King 150?

Keunggulan Honda Vario FI 110

Pembahasan pertama soal keunggulannya nih. Kuda besi satu ini terkenal akan beragam fitur modern yang disematkannya.

Fitur Inovatif Honda Vario FI 110

Desain mirip Vario 110 karburator.

Dari segi keunggulannya, Honda Vario FI 110 punya beragam fitur yang inovatif di zamannya.

Sebut saja headlamp LED dual keen eyes yang jadi pionir saat itu. Lalu ada bagasi luas sebesar 13 liter.

Kuncinya pun unik dengan fungsi Answer Back System untuk mempermudah pencarian di parkiran, meski belum keyless.

Masih mengandalkan kunci kontak tipe magnetic key shutter di versi sebelumnya yang tetap bertahan.

Rumah kunci ini juga memiliki fungsi pembuka jok, sehingga tak perlu cabut kunci saat mengisi bensin.

Dikenal irit bahan bakar.

Dimensi Honda Vario FI 110

Keunggulan lain dari motor matic ini adalah dimensinya yang kompak. Hal ini memudahkan untuk kemampuan selap selipnya. 

Tinggi jok hanya 734 mm yang terendah di kelasnya. Tinggi tersebut 24 mm lebih rendah dari model sebelumnya.

Membuatnya cocok dipakai pemula dan kaum wanita, makanya banyak ibu-ibu yang suka motor ini!

Meski begitu, ground clearance terbilang tinggi, yakni 140 mm. Lebih tinggi dari Vario 110 karbu yang hanya 132 mm.

Tinggi tersebut cukup untuk menghindari motor terbentur jalan atau mentok pada saat melewati polisi tidur.

Baca Juga: Cuma 350 Unit, Yamaha Grand Filano Dulu Sempat Dijual Rp 28 Juta!

 

Dimensinya terhitung ringkas.

Pakai Mesin Honda Beat yang Irit

Honda Vario FI 110 hadir dengan dua pilihan mesin berbeda. Keduanya punya basis yang sama, yakni mesin Honda Beat FI.

Pada versi awal yang beredar 2013-2015, mesin yang dipakai belum bertipe eSP. Sehingga suara starter 'bletak' yang khas masih terdengar.

Meski tak dilengkapi pendingin cair seperti keluarga Vario lain, tapi konsumsi BBM sangat irit, yakni mencapai 56,3 km/liter (metode ECE R40).

Di tahun 2015, barulah disempurnakan dengan mesin eSP yang starternya halus.

Fiturnya pun bertambah dengan adanya Combi Brake System dan Idling Stop System.

Kekurangan Honda Vario FI 110

Beralih ke kekurangan Honda Vario FI 110. Ada sejumlah kekurangan yang dimiliki oleh skuter matic tersebut.

Harga Jual Masih Mahal

Kerap disebut Vario banci karena tanpa radiator.

Saat ini, banderol bekas Honda Vario FI 110 rata-rata masih di atas Rp 7 jutaan untuk motor buatan 2013.

Harganya makin melambung jika tahunnya lebih muda dan kondisi siap pakai, bahkan ada yang melepasnya Rp 11 jutaan untuk keluaran 2018.

Harga ini dirasa cukup tinggi, karena dengan menambah budget sedikit lagi Anda sudah bisa mendapat motor dengan volume mesin lebih besar dan pendingin cair.

Seperti Honda Vario 125 Old atau LED Old atau Yamaha Xeon GT 125, yang pastinya lebih bertenaga dan tak kalah irit.

Kenyamanan Setara Beat Series

Dimensinya yang kompak membuat motor ini kurang nyaman bagi pengendara berbadan bongsor.

Selain itu, karena basisnya diambil dari Honda Beat, soal kenyamanan pun masih kalah dari keluarga Honda Vario lainnya.

Kurang nyaman untuk yang berbadan bongsor.

Usia Pakai

Meski masih terlihat segar, tapi usianya sudah sekitar 10 tahun. Sehingga beberapa komponen pun sudah perlu dicek ulang, atau bahkan diganti.

Kondisi ini mengharuskan Anda menyediakan budget lebih pasca menebus Honda Vario FI 110.

Apalagi sejumlah komponennya pun harus inden cukup lama. Seperti panel bodi hingga headlamp LED yang harus dibeli satu set jika terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Motor ini bisa jadi opsi motor matic bekas dengan konsumsi bahan bakar irit dan dimensi kompak.

Mesin 110 cc tanpa adanya radiator akan membuat perawatan lebih mudah, tanpa mengorbankan performa.

Meski belum dibekali Smart Key System, namun hadirnya remote untuk Answer Back System cukup memberi rasa nyaman.

Hanya saja untuk orang yang berbadan besar akan kurang nyaman, dan harga bekasnya yang masih tinggi bisa jadi pengganjal.

 


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Kupta subsidi motor listrik sudah habis.. AISMOLI meminta DPR untuk kembali memberikan subsidi. Kuota subsidi motor listrik kembali menjadi pembahasan, karena alokasi anggaran yang diberikan pemerintah sudah tidak lagi tersedia. Seperti diketahui, kuota subsidi sebesar Rp 7 juta yang diberikan kepada masyarakat di tahun 2024 jumlahnya mencapai 60.000 unit. Namun sebelum periode berakhir tahun ini jumlahnya sudah habis, dan konsumen yang mau membeli lagi tidak mendapat subsidi. Ya, berdasarkan si
Dijual mulai dari Rp 15,850 juta OTR Jakarta. Banyak promo menyambut 3 tahun Volta. Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ketiga tahun, Volta, anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX),MCASH Group, meluncurkan motor listrik varian terbaru yang diberi nama Volta eX. Motor ini tampil dengan desain futuristik dan performa handal, peluncuran ini menegaskan komitmen Volta terhadap inovasi berkelanjutan dan solusi transportasi ramah lingkungan. Motor listrik yang dijual Rp 15,850 juta on the road Jaka
Sudah dibantu subsidi pemerintah. Penetrasi ke pasar tak sekuat mobil listrik. Motor listrik belum mampu penuhi kebutuhan mobilitas. Minat penggunaan motor listrik di Indonesia, bisa dikatakan tidak semasif yang terjadi pada mobil listrik. Padahal Indonesia disebut-sebut sebagai negara dengan potensi penjualan motor listrik yang besar. Ini berkaca pada penjualan motor yang rata-rata mencapai sekitar 6 juta unit setiap tahunnya. Angka ini menempatkan Indonesia sebagai negara pasar motor terbesar
Jadi varian baru dengan harga paling murah. Punya 2 opsi warna. Tanpa 2 fitur andalan. Gelaran Yamaha Fazzio Day di M Bloc Space, Jakarta Selatan (11/10/2024) jadi lokasi pengenalan warna dan varian terbaru matic Yamaha itu. Jika sebelumnya hanya ada varian Neo dan Lux, maka kini Yamaha menambahkan Fazzio Hybrid sebagai varian termurah. Takaaki Hirama, Deputy Director Marketing Yamaha Indonesia menyebut jika motor ini sukses menjadi tren setter bagi para youngster. "Hal ini dibuktikan dengan per
Jadi kegiatan permulaan untuk kegiatan-kegiatan lain selanjutnya. Ajak komunitas sport bike dan juga sport car. BMW Motorrad diajang balap World Superbike atau biasa dikenal WSBK, memang sedang diatas angin pada kelas utama. Ini karena pembalap Toprak Razgatlioglu yang membela ROKiT BMW Motorrad WorldSBK Team sedang memperebutkan gelar juara dunia. Untuk itu BMW Motorrad Indonesia yang dinaungi oleh PT Layur Astiti Bumi Kencana mengajak para konsumen dan komunitas untuk nobar aksi pembalap asal

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor