Sejak peluncuran pertengahan tahun 2024 ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengadakan perjalanan untuk NMax Turbo.
Rangkaian perjalanan touring bertajuk 'NMax Tour Boemi Nusantara' (NTBN) itu telah berakhir dengan mencatat jarak tempuh sekitar 5.500 km.
Jarak sejauh itu ditempuh dengan mengeksplorasi keindahan alam serta budaya Indonesia, dengan menjelajah 6 pulau besar.
Meliputi beragam lokasi dan jalur di pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.
Kesemuanya terbagi dalam 12 etape menggunakan NMax Turbo dan Neo, dengan melintasi 16 provinsi dan ratusan kota juga kabupaten.
Baca juga : Yamaha NMax Turbo Taklukkan Beragam Tanjakan Viral di Ranah Minang
Rute jalan yang bervariasi juga menjadi pengalaman menarik bagi para peserta NTBN.
Pasalnya, baik NMax Turbo maupun Neo sama-sama diuji secara langsung baik di jalanan perkotaan, pedesaan, pegunungan, hingga pesisir pantai dengan suhu cuaca yang berubah-ubah.
Jalur yang dilalui pun tak seluruhnya mulus, jalanan rusak dengan jarak yang jauh pun dilintasi.
Ada pun peserta NTBN adalah awak media, blogger, hingga komunitas yang seluruhnya mengendarai motor matic tersebut.
"Kami harap pengalaman riding yang dilakukan ini dapat membuktikan ketangguhan dan keunggulan NMax terbaru dalam menjawab kebutuhan mobilitas harian maupun touring penggunanya,” ungkap Rifki Maulana, Public Relation, YRA & Community Manager YIMM.
Tim Autofun sendiri sempat 2 kali ambil bagian dalam perjalanan NTBN, tepatnya rute Jakarta-Yogyakarta dan Sumatera Barat.
Baca juga : Sensasi Ngegas Yamaha NMax Turbo Termurah, Masih Dapat Canggihnya!
Seluruh tipe pun sudah kami jajal, termasuk yang paling murah sekali pun yang ternyata tak kalah menarik.
Yup, meski tanpa dibekali mesin YECVT, Yamaha NMax Neo juga mampu bejaban dipakai touring selama perjalanan.
Bermodalkan mesin 155 cc Blue Core generasi terbaru, nafas mesinnya tetap sama kuatnya untuk dipacu di jalur Pantura.
Motor pun bisa dipacu hingga lebih dari 120 km/jam, dengan konsumsi bahan bakar yang terhitung irit, lebih dari 40 km/liter.
Pun saat mencicipi tipe tengah yakni varian Turbo biasa, meski tanpa panel meter TFT, tak mengurangi kesenangan berkendaranya.
Karena meski tanpa rem ABS, nyatanya tipe tengah ini masih disematkan Traction Control System alias TCS.
Kemudian opsi warna Prestige Silver menjadi daya tarik, sekaligus pembeda dengan tipe di atasnya.
Baca juga : Masih 155 Cc, Ini Beda Mesin Yamaha NMax Neo dan Nmax Gen 2
Lantas NMax Turbo dan Turbo Tech Max Ultimate terasa istimewa dengan fitur navigasi Garmin.
Ditambah kehadiran Performance Damper pada tipe teratas, memberi handling dan kelincahan yang setingkat lebih baik.
Tentunya urusan dapur pacu tak perlu diragukan, berkat YECVT jalur naik-turun bukanlah masalah besar.
Selain performa dan fitur, posisi berkendara juga menjadi nilai jual dari motor ini selama perjalanan.