Subsidi Motor Listrik Habis, Petinggi Alva Beri Tanggapan Begini

Motor listrik Alva Cervo Q.
  • Kuota subsidi sebanyak 60.000 unit sudah habis.
  • Habisnya subsidi mempengaruhi penjualan motor listrik.

Kuota subsidi motor listrik sedang jadi perbincangan, pasalnya ini jadi salah satu cara agar masyarakat bisa lebih mudah dalam transisi menuju kendaraan listrik.

Subsidi motor listrik ini sebesar Rp 7 juta yang diberikan kepada masyarakat dengan beberapa persyaratan, di tahun 2024 ini kuotanya mencapai 60.000 unit.

Sayangnya belum sampai penghujung tahun 2024, kuota ini sudah habis sehingga motor listrik yang sebelumnya punya harga jual terjangkau kini melambung.

Ini karena akhirnya kembali ke harga normal motor listrik, yang dirasa mahal untuk para calon pembeli.

Tentu saja hal ini juga berpengaruh terhadap para APM motor listrik, yang mana penjualan saat kuota subsidi masih ada dan habis menjadi berbeda.

Baca juga: Subsidi Motor Listrik Belum Ada Kejelasan, Asosiasi Curhat ke DPR

Adit memaparkan kalau ALVA mengatur harga jual produknya dengan simulasi tanpa subsidi.

Menurut Putu Yudha , Chief Marketing Officer Alva, hal ini sedikit banyak ada pengaruhnya terhadap penjualan motor listrik.

"Artinya kan subsidi terpakai, saya sih senang yang artinya programnya berarti ya diapresiasi lah ya sama masyarakat. Kalau menurut saya program bagus seperti ini seharusnya dilanjutkan," katanya.

Kalau memantau situs Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira), per Rabu (16/10/2024) alokasi anggaran untuk 2024 berstatus 0 atau kosong.

Sedangkan kendaraan yang diterima masyarakat tahun 2024 jumlahnya lebih banyak dari target, yaitu mencapai 60.819 unit. 

Sementara itu, masyarakat yang telah mendaftar untuk mendapatkan insentif sebesar Rp 7 juta, menyisakan 9.092 pendaftar dan yang sudah terverifikasi sebanyak 2.665 unit.

Baca juga: Minat Terhadap Motor Listrik Masih Rendah, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Line up ALVA kini kembali menggunakan harga normal.

Putu menambahkan, jika saat pihaknya menset harga itu dengan simulasi tanpa subsidi.

"Jadi kami sudah mempertimbangkan dengan teknologi segini, profil konsumen seperti ini harganya yang pas ya segini. Jadi subsidi memang membantu untuk orang beralih,” urainya.

Untuk mengakali hal tersebut, Alva coba membuat beberapa promo agar tetap menarik, dan memudahkan calon konsumennya untuk membeli motor impiannya.

Seperti promo paket pembelian Alva Cervo include dengan charging dock, ada pula dengan beberapa pilihan merchandise menarik.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Pakai pelek Yamaha NMax. Swing arm custom sebagai dudukan kaliper. Akhirnya Suzuki menjual motor matic dengan konsep maxi scooter, yaitu Suzuki Burgman Street 125EX yang sayangnya menuai kritik dari beberapa pecinta roda dua di Indonesia. Yang paling dilirik adalah area kaki-kaki dari Suzuki Burgman Street 125EX, karena dirasa dimensinya kurang proporsional dengan dimensi bodinya yang cukup gambot. Memang jika melihat rodanya, depan pakai lingkar 12 inci dengan lebar 2,15 inci dibalut ban 90/90-
Mesin 125 cc, irit. Kapasitas tangki besar. Harga paling murah pada masanya. Jauh sebelum Yamaha Vixion atau Suzuki GSX-S150 muncul, pasar motor sport hanya diisi segelintir pemain, salah satunya Suzuki Thunder 125. Motor sport kecil dengan kapasitas mesin yang agak nanggung memang cukup digemari kala itu. Menilik sejarahnya, Suzuki Thunder muncul pertama kali tahun 2004 dengan model yang sederhana. Lampu bulat, tangki berukuran besar dan pelek palang 10 dengan desain bintang. Standar tapi tetap
Mesinnya memakai Beat Series. Harga jual stabil. Di tahun 2013 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) sempat menghadirkan penerus dari Honda Vario 110 karbu (Non Techno). Julukannya Honda Vario FI 110 yang dirilis berbarengan dengan Honda Blade 125 di Kemayoran, Jakarta. Kala itu motor ini hadir sebagai motor matic pertama yang mengusung lampu depan LED, sebuah hal yang istimewa. Pasalnya kebanyakan motor yang beredar masih pakai lampu depan bohlam, sedangkan lampu LED kebanyakan dipakai untuk lampu b
NIK 2025 akan didapat di bulan Juni-Juli 2025. Tenaga puncak hingga 207,8 ps. Tiap pabrikan kendaraan pasti memiliki line up terbaiknya, seperti BMW yang memiliki superbike BMW M1000RR yang sudah homologated untuk digunakan sehari-hari. BMW M1000RR ini juga lah yang digunakan di ajang balap sepeda motor, salah satunya ROKiT BMW Motorrad WorldSBK Team. Yup, itu adalah tim yang dibela oleh Toprak Razgatlioglu dan Michael Van Der Mark di ajang balap World Superbike. Motor ini begitu spesial, salah
Kupta subsidi motor listrik sudah habis.. AISMOLI meminta DPR untuk kembali memberikan subsidi. Kuota subsidi motor listrik kembali menjadi pembahasan, karena alokasi anggaran yang diberikan pemerintah sudah tidak lagi tersedia. Seperti diketahui, kuota subsidi sebesar Rp 7 juta yang diberikan kepada masyarakat di tahun 2024 jumlahnya mencapai 60.000 unit. Namun sebelum periode berakhir tahun ini jumlahnya sudah habis, dan konsumen yang mau membeli lagi tidak mendapat subsidi. Ya, berdasarkan si

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Alva Cervo
Lihat