Tiap pabrikan kendaraan pasti memiliki line up terbaiknya, seperti BMW yang memiliki superbike BMW M1000RR yang sudah homologated untuk digunakan sehari-hari.
BMW M1000RR ini juga lah yang digunakan di ajang balap sepeda motor, salah satunya ROKiT BMW Motorrad WorldSBK Team.
Yup, itu adalah tim yang dibela oleh Toprak Razgatlioglu dan Michael Van Der Mark di ajang balap World Superbike.
Motor ini begitu spesial, salah satunya mengenai sisi aerodinamika yang mana desain bodi dan winglet-nya dioptimalkan di wind tunnel serta dimaksimalkan di sirkuit.
Sisi aerodinamika yang baik dan penggunaan bahan carbon fiber pada bodi hingga pelek menghasilkan performa yang jempolan di kecepatan tinggi.
Di sektor mesin motor ini ditenagai dengan sebuah mesin 999 cc, 4 silinder segaris, 4 langkah, DOHC dengan BMW Shiftcam, 4 katup titanium per silinder, berpendingin cairan dan oli.
Baca juga: Dukung Toprak, BMW Motorrad Indonesia Ajak Komunitas Nobar WSBK!
Mesin dengan diameter piston 80 mm dan panjang langkah 49,7 mm ini klaimnya memiliki tenaga maksimal 207,8 ps pada 13.000 rpm dan torsi maksimal 112,5 Nm di 11.000 rpm.
Segala sesuatunya dibuat secara spesial dan presisi, seperti jalur intake port yang dibuat menggunakan mesin CNC, forged piston ringan dengan 2 ring saja, rocker arms ringan, sampai Pankl titanium connecting rods.
Sehingga tidak heran kalau superbike ini dapat menghasilkan tenaga yang tinggi, bahkan mesinnya bisa berkitir hingga 15.100 rpm.
Selebihnya ada fitur launch control, pit lane limiter, quick shifter, 7 riding modes, 2 setelan karakter bukaan gas, dan 3 setelan engine drag torque yang bisa disesuaikan dengan kondisi sirkuit juga gaya berkendara.
Sebagai struktur utama, rangka superbike ini dibuat menggunakan bahan aluminium yang ringan dan rigid.
Baca juga: Pemilik Motor BMW Adu Skill di BMW Motorrad GS Race Indonesia 2024
Ini dikombinasi juga dengan suspensi full adjustable secara mekanikal, suspensi depannya pakai model upside down dan suspensi belakang pakai monoshock dengan Full Floater Pro kinematics untuk mendukung performa sasis.
Di sektor pengereman terdapat M brake caliper 4 piston radial yang mengapit sepasang M disc brake berdiameter 320 mm, di belakang pakai M brake caliper 2 piston mengapit M disc brake 220 mm.
Perangkat remnya disempurnakan dengan BMW Motorrad Race ABS 3 tingkat, ada juga ABS Pro dengan setelan Rain, Road, dan Dynamic.
BMW Motorrad Indonesia sendiri yang dinaungi oleh PT Layur Astiti Bumi Kencana menjual M1000RR di Indonesia dengan harga Rp 1,866 miliar.
Baca juga: BMW Motorrad Rilis 3 Motor Baru, Ada Moge dan Motor Listrik!
M1000RR sudah dijual, dan kabarnya juga sudah ada satu unit inden M1000RR tapi posisinya adalah untuk NIK 2025.
Yang penasaran, harga untuk NIK 2024 itu harganya Rp 1,866 miliar, untuk di 2025 tentu ada akan ada penyesuaian.
Bagi yang berminat dengan motor ini salah satu persyaratannya adalah pembayaran 50% dari harga unit, artinya harus melakukan pembayaran awal kurang lebih sebesar Rp 933 juta.
Selain memajang dan menjual M1000RR, ada juga M1000R yang merupakan versi naked dengan harga jual di kisaran Rp 1,3 miliar.
Jadi mau beli yang mana nih?