Dijual Mulai Rp 28 Jutaan, Begini Spesifikasi Honda ICON e:

Honda ICON e: warna Iconic Orange.
  • Pakai basic Honda EM1 e:.
  • Kecepatan tertinggi  mencapai 55 km/jam.

Motor listrik terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) di kelas entry level kembali diperkenalkan, yaitu Honda ICON e: yang menggunakan basic dari Honda EM1 e.

Namun harga Honda ICON e: belum fix, namun AHM menginformasikan banderolnya akan berada di rentang Rp 28-32 juta on the road DKI Jakarta sudah termasuk charger.

Motor listrik ini punya pilihan warna Iconic Mint, Iconic Orange, Iconic Red, Iconic White, dan Iconic Matte Black. 

Dari segi tampilan motor ini sebenarnya mirip dengan Honda EM1 e; hanya saja desain bodinya terlihat sedikit lebih gambot dan kini memiliki garis serta lekuk bodi lebih tegas.

Baca juga: Bukan Scoopy, Honda Kenalkan ICON e: dan CUV e: Sebagai Motor Listrik Barunya

Di area kaki-kakinya masih pakai lingkar roda depan 12 inci berbalut ban 90/90-12 dan lingkar 10 inci untuk belakang dengan ban 100/90-10.

Baterai Honda ICON e:

Spidometer mungil berisikan layar digital negative display.

Beda dengan EM1 e:, posisi baterai ICON e: bukan di bawah jok tapi berada tepat di bawah kaki pengendara, spesifikasi baterainya 48 Volt 30.6 Ah.

Baterai yang tertanam pada dek bawah motor ini klaimnya mampu bertahan dan membawa kendaraan untuk menempuh jarak maksimal 53 km dengan sekali pengisian. 

Bentuk baterai yang berbeda juga ada perbedaan pada sistem pengisiannya karena bukan lagi sistem battery swap.

Melainkan direct charge atau langsung melakukan pengisian baterai di motor atau membawa baterainya ke dalam rumah.

Baca juga: Ketahui Harga, Tipe dan Warna Honda Scoopy Oktober 2024

Posisi baterai berada di bawah kaki pengendara.

Pengisian baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 7 jam 20 menit, dan dari 25 % ke 75% membutuhkan waktu 3 jam 30 menit.

Posisi baterai yang ada di bawah kaki, membuat ruang di bawah bagasinya cukup luas yaitu 26 liter sehingga bisa menampung sebuah helm.

Atau bisa juga dimanfaatkan untuk membawa baterai cadangan, tentunya dengan baterai ekstra yang dibeli terpisah.

Penggerak Honda ICON e:

Dari segi penggeraknya, motor ini dibekali dengan BLDC mode hub drive yang punya tenaga maksimal 1,8 kW pada 618 rpm, namun tenaga rata-ratanya hanya 1,5 kW.

Untuk torsi maksimalnya ada di angka 85 Nm tapi hanya di 110 rpm, jadi bisa dikatakan kalau hentakan torsinya hanya galak di putaran rendah, mungkin ketika bukaan gas awal saja.

Baca juga: Honda CBR150R Kena Diskon Sampai Rp 8 Juta, Begini Caranya

BLDC model hub drive yang punya kemampuan maksimal 1,8 kW.

Agar bisa menyesuaikan karakter juga kondisi jalan, terdapat riding mode ”ECON” untuk pengendaraan yang lebih irit baterai, dan ”STD” untuk pengalaman berkendara normal.

Dengan spesifikasi ini klaimnya ICON e: memiliki kecepatan tertinggi hingga 55 km/jam, rasanya cukup untuk dipakai berkendara jarak dekat ini sih!

Kelengkapan pendukung lainnya yang tersemat pada ini diantaranya ada USB charger pada console box, panel meter full digital, dan semua lampu menggunakan teknologi LED.

Kesimpulan

Honda ICON e: menurut kami akan jadi motor listrik murah Honda yang bisa diterima lebih baik dari EM1 e:.

Selain estimasi harga yang lebih murah, jarak tempuhnya juga lebih jauh dari produk motor listrik Honda sebelumnya.

Belum lagi konsumen juga langsung mendapatkan charger yang bisa dipakai untuk mengisi langsung ke baterai atau lewat soket di bawah ujung jok.

Dengan segala daya tariknya itu, bukan tak mungkin ICON e: akan jadi motor listrik pertama banyak orang.

Spesifikasi Honda ICON e:
P x L x T 1.796 x 680 x 1.085 mm
Jarak sumbu roda 1.298 mm
Jarak terendah ke tanah 132 mm
Tinggi tempat duduk 742 mm
Berat kosong 89 kg
Tipe motor In-Weel Brushless Motor
Tenaga maksimal 1.81 kW @618 rpm
Torsi maksimal 85 Nm @110 rpm
Tenaga rata-rata 1.5 kW
Tipe baterai Lithium-Ion
Spesifikasi baterai 48 V 30.6 Ah
Berat baterai 11,4 kg
Waktu pengisian baterai 7 jam 20 menit (0-100%)
  3 jam 30 menit (25-75%)
Tipe rangka Tulang punggung
Ban depan 90/90-12
Ban belakang 100/90-10
Rem depan Cakram, kaliper 1 piston, CBS
Rem belakang Tromol, CBS
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Ganda
Jarak maksimal 53 km (WMTC Mode)
Kecepatan maksimal 55 km/jam
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Pakai basic Honda EM1 e:. Kecepatan tertinggi mencapai 55 km/jam. Motor listrik terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) di kelas entry level kembali diperkenalkan, yaitu Honda ICON e: yang menggunakan basic dari Honda EM1 e. Namun harga Honda ICON e: belum fix, namun AHM menginformasikan banderolnya akan berada di rentang Rp 28-32 juta on the road DKI Jakarta sudah termasuk charger. Motor listrik ini punya pilihan warna Iconic Mint, Iconic Orange, Iconic Red, Iconic White, dan Iconic Matte Black
Mesin baru lebih minim gesekan. Jarak 201 meter butuh waktu 12,24 detik. Tim Autofun Indonesia akhirnya bisa menjajal secara penuh Yamaha Lexi LX 155, salah satunya tentu saja menguji akselerasi Lexi LX 155. Pengujian akselerasi ini dilakukan menggunakan alat berlabel Racebox, menggunakan basis GPS sehingga akan memberikan hasil Lexi LX 155 yang cukup akurat. Sebelum menguji akselerasinya, kita bahas kembali soal mesin yang digunakan pada motor yang dibanderol mulai dari Rp 25-30 jutaan ini. Mes
Honda menambah jajaran motor listrik baru di Indonesia. Motor listrik tersebut adalah ICON e: dan CUV e:. Pabrikan otomotif Honda melakukan world premiere di Indonesia untuk mengumumkan 2 produk motor listrik terbarunya, yaitu Honda ICON e: dan CUV e: Alhasil hal ini meleset dari berbagai prediksi yang menyebut jika PT Astra Honda Motor (AHM) akan merilis Scoopy terbaru. ICON e: dan CUV e: menggunakan baterai full listrik, yang disebut sebagai motor listrik ke-10 dan ke-11 Honda. Artinya, kedua
Dapat Yamaha NMax Old. Ada Honda Scoopy Donat. Ada TVS Callisto 110. Mencari motor bekas tipe matic dengan dana Rp 10 juta hingga Rp 15 juta, kira-kira bisa dapat Yamaha NMax Old gak ya? Kalau sebelumnya kami pernah membahas rekomendasi motor bekas dengan anggaran maksimal Rp 10 juta, kali ini sedikit di atasnya. Dengan rentang Rp 10 juta hingga Rp 15 juta, ada banyak opsi menarik yang bisa dibeli. Kemudian rata-rata unitnya pun masih segar, surat-surat lengkap meski ada saja yang pajaknya mati.
Warna Dark Petrol menghilang. Prestige Grey berubah jadi Elixir Dark Silver. Varian Tech Max tidak ada perubahan. Segmen motor matic 250 cc bisa dikatakan dikuasai oleh Yamaha XMax), termasuk seri terbaru dengan label Connected. Motor matic gambot ini banyak disukai untuk modifikasi dan touring, sejak dikenalkan pertama kalinya, pada akhir tahun 2016 lalu. Motor ini mulai didistribusikan awal 2017 hingga saat ini sudah masuk generasi kedua yang rilis 2023 lalu. Memasuki kuartal 4 tahu 2024, PT Y

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda EM1 e
Lihat