Tak disangka tak diduga, PT Astra Honda Motor (AHM) masih semangat bermain di segmen bigbike dengan memperkenalkan model terbaru dari CBR1000RR-R Fireblade 2024.
Motor ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan pecinta motor sport berperforma tinggi di Indonesia.
Tentunya mereka yang menginginkan tunggangan dengan spesifikasi terbaik dan pengalaman berkendara mendekati sensasi MotoGP.
Bahkan harga yang ditawarkan AHM cukup menggiurkan karena dibanderol lebih murah dibanding generasi sebelumnya.
Yup, jika sebelumnya dijual lebih dari Rp 1 miliar, kini harganya jadi cuma Rp 700 jutaan saja, turun sekitar Rp 200 jutaan bro!
Model terbaru CBR1000RR-R Fireblade dengan pilihan warna Honda Tricolor yang ikonik, dipasarkan dengan harga Rp 798 juta on the road wilayah Jakarta.
Banderolnya bisa lebih murah karena ini adalah varian STD, bukan SP seperti model yang sebelumnya dilepas AHM.
Alhasil perangkat eksotis macam suspensi Ohlins Electric Adjustable, hingga kaliper Brembo tak lagi tersemat pada motor ini.
Baca juga: Punya Rp 25 Juta, Mending Honda Vario 125 Baru atau Vario 160 Bekas?
Namun model terbaru CBR1000RR-R Fireblade tetap mempertahankan filosofi Total Control yang telah menjadi ciri khasnya.
Kekuatan ini dipadukan dengan perubahan desain dan teknis yang meningkatkan performa serta kenyamanan pengendara.
Semua fitur pada Honda CBR1000RR-R Fireblade terbaru mencerminkan teknologi mesin dan sasis yang diadopsi dari balap, menjadikannya sebagai “Street-Legal MotoGP Bike.”
Fitur-fitur canggih seperti Throttle by Wire, pilihan mode berkendara, sistem pengereman, serta teknologi suspensi dihasilkan dari pengalaman di atas sirkuit, memastikan pengalaman berkendara yang mendekati sensasi melaju di lintasan balap.
Baca juga: Kelebihan-Kekurangan Honda CB150R Streetfire Old, Mesinnya Gacor!
Salah satu daya tarik utama pada motor ini adalah peningkatan sektor aerodinamika melalui winglet baru yang dirancang untuk menghasilkan downforce lebih besar.
Hal ini meningkatkan stabilitas pengereman serta memberikan grip yang lebih konsisten pada bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.
Selain itu, desain fairing bawah baru kini mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara.
Tangki bahan bakar juga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.
Baca juga: Honda ADV Indonesia Gelar Jamnas Ke-3, Penuh Kegiatan Positif!
“Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit,” ucap Octavianus Dwi, Direktur Marketing AHM.
Pada sektor mesin, kompresi mesin telah ditingkatkan dari sebelumnya 13,4:1 menjadi 13,6:1 yang berkontribusi pada peningkatan performa.
Mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline ini tetap menjadi inti dari performa tinggi CBR1000RR-R Fireblade, dengan klaim tenaga maksimum 217,5 ps di 14.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 12.000 rpm.
CBR1000RR-R Fireblade kembali mengusung konfigurasi Bore x Stroke yang sama dengan RC213V, yaitu 81 x 48,5 mm.
Baca juga: 10 Unit Honda EM1 e: Jadi Andalan Mobilisasi MotoGP Mandalika
Untuk menghadirkan kontrol akselerasi dan deselerasi yang lebih mulus, disematkan sistem Throttle by Wire terbaru dengan 2 motor yang memberikan respons lebih presisi saat mengendalikan tenaga mesin serta engine braking.
Teknologi ini memastikan pengendara dapat merasakan akselerasi yang halus sekaligus mengoptimalkan deselerasi di berbagai situasi.
Di sektor kaki-kaki terdapat suspensi depan dan belakang Showa Adjustable, yang tetap menawarkan kenyamanan berkendara namun dengan berbagai pengaturan.
Pada sektor pengereman, motor supersport ini dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar lengkap dengan Anti-Lock Braking System (ABS) yangmenawarkan tiga mode terbaru, yaitu mode Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit maupun jalan raya.
Baca juga: Cek Lagi 5 Daya Tarik Honda PCX 160, Matic Premium Nan Nyaman
Fitur-fitur unggulan lain yang memberikan pengalaman berkendara maksimal masih dipertahankan, seperti pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.
Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis (sumbu).
Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.