Tes Akselerasi Yamaha Lexi LX 155, Top Speed Tembus 122 Km/jam!

Uji akselerasi Yamaha Lexi LX 155.
  • Mesin baru lebih minim gesekan.
  • Jarak 201 meter butuh waktu 12,24 detik.

Tim Autofun Indonesia akhirnya bisa menjajal secara penuh Yamaha Lexi LX 155, salah satunya tentu saja menguji akselerasi Lexi LX 155.

Pengujian akselerasi ini dilakukan menggunakan alat berlabel Racebox, menggunakan basis GPS sehingga akan memberikan hasil Lexi LX 155 yang cukup akurat.

Sebelum menguji akselerasinya, kita bahas kembali soal mesin yang digunakan pada motor yang dibanderol mulai dari Rp 25-30 jutaan ini.

Mesin yang digunakan pada motor ini tidak semerta-merta menaikan kapasitas mesin dari 125 cc menjadi 155 cc dengan membesarkan diameter piston saja, tapi juga ada pembaharuan lain.

Baca juga: Yamaha NMax Turbo Dites Dyno, Tenaganya Tembus Segini!

Fokusnya mesin ini disempurnakan untuk dapat mengurangi gaya gesek yang terjadi antar komponen.

Dengan begitu beban kerja mesin akan berkurang atau kerja mesinnya menjadi lebih ringan.

Magnet Yamaha Lexi LX 155

Hal pertama agar kerja mesin ringan dengan cara diet pada magnet atau rotor, karena bobot lebih ringan membuat putaran kruk as juga beban pada bearing lebih enteng.

Di Yamaha Lexi 125 bobot total rotor 1.250 gram dengan tebal 44,2 mm, di Lexi LX 155 menjadi 1.130 gram dengan tebal 43,75 mm.

Kruk As

Karena dimensi magnet menjadi lebih ramping, maka perlu ada penyesuaian pada as kruk as sisi kanan.

Mesin terbaru yang lebih minim gesekan dan ringan beban kerja mesin.

Baca juga: Pasang Tangki 6 Liter Untuk Yamaha Lexi LX 155, Berapa Biayanya?

Kruk as milik Lexi LX 155 pun menjadi lebih ringkas, di Lexi 125 panjang krus as 283,8 mm, sedangkan kruk as ini memiliki panjang 277,8 mm.

Blok Piston Yamaha Lexi LX 155

Meski diameter pistonnya sama seperti Aerox 155 dan NMax yaitu 58 mm, namun bloknya baru karena memiliki dinding liner atau boring kini lebih kinclong seperti kaca.

Treatment baru pada boring ini membuat permukaannya begitu halus dan menimbulkan efek kaca atau dikenal mirror bore cylinder. 

Itu karena boring sudah mendapat perlakukan khusus sehingga permukaannya halus dan menimbulkan efek kaca alias mirror bore cylinder. 

Blok mesin baru dengan tensioner hidraulik.

Baca juga: Komeng dan Adul Meriahkan Penutupan Maxi Yamaha Day 2024 di Bali!

Selebihnya ada penggunaan tensioner hidrolik, spesifikasi CVT mirip dengan Aerox 155, rasio final gear baru, spesifikasi noken as baru lengkap dengan klep in dan per klep baru.

Dengan penyempurnaan tersebut, Yamaha matic ini memiliki torsi yang lebih besar 0,3 Nm bila dibandingkan dengan Yamaha Aerox 155

Klaimnya motor ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 15,4 ps di 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,2 Nm @ 6.500 rpm. 

Tes Akselerasi Yamaha Lexi LX 155

Akselerasi dilakukan selama beberapa kali dengan rider yang sama agar mendapatkan catatan waktu konsisten.

Suhu mesin dijaga dengan pendingin cairan atau radiator.

Baca juga: Senang Pamor Mio Naik, Yamaha Sebut Stok Suku Cadang Aman

Hasilnya untuk mencapai kecepatan 0-60 km/jam dibutuhkan waktu 5,17 detik, lalu jarak 0-201 meter ditempuh dalam waktu 12,24 detik pada kecepatan 86 km/jam.

Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai pada spidometer menunjukan angka 122 km/jam, namun di Racebox hanya terbaca 118 km/jam.

Data lengkapnya bisa lihat di tabel di bawah ini.

Data Akselerasi Yamaha Lexi LX155
0-60 km/jam 5,17 detik
0-80 km/jam 9,89 detik
0-100 km/jam 18,75 detik
0-100 meter 7,69 detik @72,5 km/jam
0-201 meter 12,24 detik @86 km/jam
0-402 meter 19,89 detik @101,4 km/jam
Top speed spidometer 122 km/jam
Top speed Racebox 118 km/jam
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Warna Yamaha Mio Sporty baru makin menarik. Bodinya sedikit berbeda dari di sini. Di Indonesia, sosok Yamaha Mio Sporty sudah langsung discontinued begitu penggantinya, Mio J mengaspal di 2012 silam. Bahkan saat ini, modelnya sudah berganti lagi menjadi Yamaha Mio M3 pada tahun 2015 dan masih dijual sampai saat ini. Tapi jangan salah, ternyata masih ada negara yang menjual versi terbaru dari motor ini. Bahkan masih komplet dengan mesin bersistem karburatornya. Harganya pun masih masuk akal diban
Honda Scoopy jadi motor matic yang laris di Indonesia. Dibanderol mulai Rp 22,525 juta. Honda Scoopy merupakan satu diantara banyak motor matic yang cukup laris di pasar otomotif roda dua di Tanah Air. Dengan tampilan retro, Scoopy jadi salah satu produk terlaris yang dimiliki PT Astra Honda Motor (AHM), selaku agen pemegang merek. Jika Anda tertarik dengan Scoopy, maka untuk per Oktober 2024 dibanderol sebagai berikut. Scoopy Fashion Rp 22.525.000 Scoopy Sporty Rp 22.525.000 Scoopy Prestige Rp
Honda Supra sudah lebih dari 20 tahun eksis. Suzuki Smash lawan motor Cina medio 2000-an. Kawasaki ZX-130 disebut bahaya jika tabrakan frontal. Sebelum motor matic memenuhi jalanan Indonesia, motor bebek lebih dulu mendominasi, bahkan ada banyak model yang fenomenal. Yup, maklum saja, dulu perkembangan roda dua di tanah air tak terlepas dari bentuk motor yang menyerupai salah satu unggas dengan paruh memanjang, sehingga disebutlah motor bebek. Walaupun jenis motor yang satu ini mulai terpinggirk
Tiap kedipan memiliki indikasi kerusakan yang berbeda. Segera lakukan pengecekan ke bengkel untuk meminimalisir kerusakan lainnya. Beda dengan motor tipe karburator yang tiap komponennya tidak selalu berkaitan, motor dengan teknologi fuel injection seperti Honda Vario 150 justru sebaliknya. Ini karena motor punya otak yang biasa disebut ECM (Engine Control Module) atau ECU (Engine Control Unit), dan bisa membawa kondisi komponen. Ya memang tugas dari ECU ini membaca seluruh pergerakan serta perf
Diskon CBR150R sampai Rp 8 juta. Promo berlaku Oktober 2024. Ada diskon juga untuk produk Honda lainnya. Bicara motor sport kelas 150 cc jelas Honda CBR150R jadi salah satu pemain unggulan. Motor sport 150 cc itu punya desain menarik, fitur yang fungsional serta performa yang memuaskan. Dan boleh dikatakan jika motor ini menjadi sport 150 cc full fairing, yang paling nyaman untuk harian di dalam kota. Ini karena bekal setang jepit upperyoke, yang membuat badan tidak terlalu merunduk dan tangan t

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Lexi
Lihat