Di Indonesia, sosok Yamaha Mio Sporty sudah langsung discontinued begitu penggantinya, Mio J mengaspal di 2012 silam.
Bahkan saat ini, modelnya sudah berganti lagi menjadi Yamaha Mio M3 pada tahun 2015 dan masih dijual sampai saat ini.
Tapi jangan salah, ternyata masih ada negara yang menjual versi terbaru dari motor ini.
Bahkan masih komplet dengan mesin bersistem karburatornya. Harganya pun masih masuk akal dibanding Yamaha Mio restorasi di Indonesia yang belakangan naik daun.
Baca Juga: Dimodali Mesin 937 Cc, Output Ducati DesertX 2023 Tembus Segini!
Motor baru dari Yamaha Mio Sporty tentu bukan dijual di Indonesia. Namun skuter matic itu masih beredar di Filipina.
Di sana, motor ini bersanding dengan model-model anyar Yamaha lainnya.
Misalnya Yamaha Mio Gravis atau Freego, Mio Gear hingga Mio i125 yang di Indonesia dikenal sebagai Mio M3.
Memang, seluruh nama skuter matic kecil di Filipina didului dengan nama Mio, mungkin karena sudah jadi nama yang populer di sana.
Urusan harga, Yamaha Mio Sporty baru awalnya dilepas 71.400 peso atau setara Rp 19,6 juta.
Kini harga terbarunya sudah mencapai 73.900 peso atau sekitar Rp 20,3 jutaan.
Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan harga Mio Gravis alias FreeGo yang berbanderol 92.700 peso yang setara Rp 25,5 jutaan.
Cukup signifikan bedanya, walau masih lebih murah dari Mio 'gorengan' di sini.
Baca Juga: Honda CBR150R 2023 Dipoles Lebih Agresif, Harga Tembus Rp 41 Juta!
Desain timeless dari motor yang dikenal dengan julukan Mio Smile memang menarik jika disandingkan dengan warna yang pas. Hal ini juga yang terlihat pada versi Filipina.
Ada 4 warna yang ditawarkan pada Yamaha Mio Sporty baru ini. 2 kelir matte atau doff yang dihadirkan, yakni Matte Blue dan Matte Black tampil polos tanpa stiker grafis.
Sedangkan livery lebih ceria tampak pada 2 pilihan warna lainnya. Seperti warna Cyan dan Magenta yang berpadu grafis hitam dengan tulisan Sporty besar berkelir putih di sisi bodinya.
Ketika dilihat front fascia Yamaha Mio Sporty di Filipina memang identik dengan Mio Smile yang sempat dijual di Indonesia.
Namun tidak demikian dengan bagian belakangnya yang tidak lagi ramping, tapi justru menggembung besar.
Sebab, baik bodi hingga stoplamp justru mirip dengan kepunyaan Mio Soul yang juga sempat dijual di Tanah Air. Unik juga ya?
Mesinnya sendiri masih identik dengan Yamaha Mio Sporty yang kita kenal lho.
Masih pakai 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dengan suplai bahan bakar, masih karburator.
Ukuran pistonnya 50 mm dengan langkah piston 57,9 mm, sehingga kapasitas mesinnya 114 cc.
Rasio kompresinya pun termasuk rendah, cuma 8,8:1 yang artinya masih bisa menenggak oktan 90 nih.
Keluaran tenaganya 7,7 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimal menyentuh 7,2 Nm di 5.500 rpm.
Gimana, kalau dilahirkan kembali untuk pasar Indonesia rasanya bakal menarik nih!