Tes Singkat Kawasaki Stockman, Sayang Gak Road Legal!

Kawasaki Stockman.
  • Dijual Rp 58,5 juta.
  • Basis Kawasaki KLX230 S.
  • Dirakit lokal untuk pasar global.

Sejak dikenalkan, pamor Kawasaki Stockman seolah-olah tidak menonjol, paahal motor ini terhitung menarik.

Menurut kami sebabnya adalah motor ini tidak road legal, sehingga tidak bisa dipakai di jalan umum.

Pasalnya Kawasaki membuat motor ini untuk area tertutup, seperti peternakan dan perkebunan.

Yup, Kawasaki Stockman memang didesain untuk kebutuhan tersebut, padahal ada potensi pasar, terutama dari kalangan hobi garuk tanah.

Harga jualnya sendiri Rp 58,5 juta on the road Jakarta, yang ternyata lebih mahal dari KLX230 yang dilepas Rp 50 jutaan hingga Rp 56 jutaan.

Beberapa waktu lalu kami pun bisa menjajal motor ini, dan tentu saja diarea tertutup, sesuai peruntukannya.

Lantas seperti apa sensasi mengendarai motor yang punya basis Kawasaki KLX230 ini?

Baca juga : Spesifikasi Mesin Kawasaki Stockman 2023, Tangguh dan Minim Perawatan?

Dimensi, Posisi Berkendara dan Handling

Melihat sosoknya tentu saja khas motor trail yang tampil gagah dan tangguh.

Soal dimensi, motor ini punya ukuran 2.105 x 920 x 1.110 mm (PxLxT) dengan sumbu roda 1.350 mm.

Motor dibuat lebih rendah.

Jarak terendahnya mencapai 220 mm, masih terhitung tinggi nih. Dan tinggi jok 845 mm.

Namun yang harus jadi catatan, motor ini menggunakan basis dari Kawasaki KLX230 S.

Alhasil tinggi motornya terpangkas, sehingga akan lebih mudah dikendarai oleh siapa saja.

Untuk rider berpostur 172 cm kaki masih sedikit jinjit, kemudian setangnya yang lebar membuat lengan dan bahu terasa santai.

Setang yang lebar juga mempermudah untuk pengendalian motor diberagam kondisi.

Untuk joknya sendiri berasa sempit, khas motor trail, namun panjang. Tapi motor ini hanya bisa dikendarai sendiri ya!

Ini karena tak adanya pijakan kaki untuk pembonceng, dan area jok juga tertutup rak belakang.

Pakai lingkar pelek 21-18 dengan ban tapak kasar.

Untuk handlingnya berasa berisi seperti mengendarai KLX230, dengan karakter suspensi yang empuk.

Pengereman pun sudah snagat cukup, dengan modal rem cakram pada kedua rodanya.

Mesin Kawasaki Stockman

Dengan basis KLX230, maka jantung pacunya pun identik, yakni 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dan injeksi bahan bakar. 

Kemudian Tenaganya sebesar 19 PS di 7.600 rpm dengan torsi maksimal 19,8 Nm pada 6.100 rpm keluar dari paduan piston 67 mm dan langkah piston 66 mm. 

Penyaluran tenaga dan torsi lewat transmisi manual 6 percepatan menuju roda belakang.

Tak kalah menarik adalah rasio kompresi mesin hanya 9,4:1, yang membuat mesin tak mudah panas dan bisa menggunakan bahan bakar oktan 90 jika terpaksa atau 92 untuk lebih amannya. 

Baca juga : Kawasaki Stockman 2023 Ternyata Rakitan Lokal untuk Pasar Global

Fitur Fungsional

Banyak fitur fungsional.

Nah, daya tarik berikutnya adalah banyak fitur unik yang hanya ditemukan pada Kawasaki Stockman 2023. 

Tentunya fitur tersebut untuk menunjang kebutuhan untuk dipakai pada area tertutup.

Misalnya pengunci handle kopling agar tak perlu memindahkan gigi transmisi ke netral atau harus mematikan mesin kala harus berhenti.

Kemudian standar samping kanan, agar motor bisa berhenti di tiap sisi menyesuaikan kondisi medan.

Kemudian ada sepakbor belakang yang dibuat lebih gondrong dan lebar, agar lebih ampuh menahan kotoran yang terlempar dari roda belakang. 

Tak ketinggalan skid plate untuk melindungi bagian bawah mesin dair benturan.

Ada standar samping kanan.

Oiya pada depan dan belakang motor, terdapat 2 buah rak yang bisa dipakai untuk membawa barang.

Kalau dipeternakan, bisa untuk membawa pakan ternak, rumput atau peralatan seperti sekop.

Yang tak kalah menarik adalah handguard model alumunium, tanpa cover plastik, dijamin lebih awet!

Dan ada pengunci tuas kopling, sehingga bisa berhenti tanpa harus mematikan mesin atau menetralkan transmisi lebih dulu.

Baca juga : Plus-Minus Kawasaki Stockman 2023, Seberapa Pantas Untuk Ditebus?

Kemudian meski motornya terlihat ceper, namun lingkar roda yang dipakai sudah full size.

Dengan kondisi medan yang beragam dan cenderung off road, lingkar depan pakai 21 inci dan belakang 18 inci.

Permukaan ban tapak kasar dengan blok-blok berukuran besar dan solid, demi traksi maksimal.

Mesin kuat bertenaga.

Ukuran ban depan 80/100-21 dan ban belakang 100/100-18. Jalan tanah dan melewati gundukan sih bukan masalah besar pastinya.

Desain Kawasaki Stockman

Kalau bicara tampilan, tentu saja pemilik peternakan atau perkebunan tak butuh yang harus tampil mewah, karena mengutamakan fungsi.

Tapi secara desain, Kawasaki Stockman ini tak malu-maluin, sosoknya gagah dan tinggi.

Desainnya ini sama dengan KLX230 versi non facelift, yang mana masih pakai batok lampu besar dengan bohlam halogen.

Sedangkan untuk area tengah hingga belakang persis KLX230. Cuma yamng disayangkan tentu saja absennya perangkat lalu lintas.

Desain gagah, sayang tak road legal.

Motor ini tidak ada kaca spion hingga lampu sein, padahal ini bukanlah part yang sulit untuk ditambahkah.

Padahal kalau dijual versi road legalnya menarik nih, cocok buat motocamp di tepi danau!

Kesimpulan

Sejatinya motor ini pasar terbesarnya adalah Australia, dengan target peternakan juga perkebunan.

Namun karena diproduksi lokal di Cibitung, maka PT Kawasaki Motor Indonesia ikut menjualnya.

Dengan segala kelengkapannya, motor ini juga cocok untuk pasar Indonesia lho.

Cuma ya itu tadi, tidak ada perangkat lalu lintas kemungkinan jadi sebab konsumen berpikir ulang untuk meminangnya.

Kawasaki Stockman
DIMENSI
PxLxT 2.105 x 920 x 1.110 mm
Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah 220 mm
Tinggi Jok 845 mm
Berat Isi 137 kg
Kapasitas Bensin 7,5 liter
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, injeksi, pendingin udara
Diameter x Langkah 67 x 66 mm
Kapasitas Mesin 233 cc
Rasio Kompresi 9,4:1
Tenaga Maksimal 19 PS @ 7.600 rpm
Torsi Maksimal 19,8 Nm @ 6.100 rpm
Transmisi Manual 6 speed
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Perimeter
Sok Depan Teleskopik
Sok Belakang Monosok
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 80/100-21
Ban Belakang 100/100-18
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Sanksi tilang untuk pengendara motor berbeda-beda. Ada 2 sanksi yang bisa dikenakan denda Rp1 jutaan. Denda tilang adalah hukuman atau sanksi yang harus dibayarkan oleh pelanggar lalul lintas, yang berlaku untuk pengendara mobil juga motor. Dan sudah seharusnya setiap pengendara, termasuk sepeda motor, taat aturan yang sudah ditetapkan, karena kebijakan yang dibuat demi keselamatan bersama. Jika melanggar lalu lintas di jalan raya, tentunya bisa mendapatkan sanksi tilang, atau hukuman pidana. Na
TuneBoss resmi hadir di Indonesia melalui ajang Kustomfest 2024 ECU TuneBoss yang beredar di Indonesia full unlock Dijual mulai Rp 2 juta ECU atau electronic control unit pada sepeda motor injeksi memiliki kendali terhadap sistem vital seperti kinerja mesin, suplai bahan bakar, pengapian hingga emisi. Pun penawaran dari ECU TuneBoss berikut yang nyatanya memiliki pengaturan berlimpah. Muncul secara resmi via ajang Kustomfest 2024, TuneBoss hadir dengan produk andalan berupa ECU untuk sepeda moto
Kustomfest jadi ruang pamer pelukis pinstripe Diikuti seniman Indonesia dan Thailand Tak terbatas bagi penggiat modifikasi sepeda motor, Kustomfest 2024 juga menyuguhkan Kustom Journey yang tak lain merupakan karya dari para pelukis andal Tanah Air. Konten ini sendiri merupakan inisiasi dari Rollie Monkie selaku produsen enamel paint asal Bandung, Jawa Barat bersama pihak Kustomfest. Secara garis besar, Kustom Journey merupakan wadah untuk mengangkat pamor para pelaku seni utamanya custom painti
Digelar sebagai bentuk konsistensi untuk menyediakan wadah custom culture di Tanah Air Menyuguhkan beragam konten untuk penggiat modifikasi sekaligus seni Memasuki tahun ke-13 penyelenggaraannya, Kustomfest 2024 yang berlangsung pada 5-6 Oktober 2024 bukan semata menjadi wadah dari sebuah custom culture, melainkan pula sebagai bentuk dari konsistensi menghadapi beragam tantangan. Mengambil tema "Lucky 13 Rollin" Kustomfest 2024 kali menurut Lulut Wahyudi, Director Kustomfest digagas selayaknya s
Cukup naik 1 tingkat dari ukuran standar. Sesuaikan lebar pelek dan ukuran ban. Cuma ganti ban motor, tampilan motor matic bisa langsung berubah! Tapi jangan sembarang, karena salah ganti ban justru bikin tampilan aneh. Karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam seting fitment ban motor matic, agar tampilannya lebih enak dilihat. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencari tahu lebar pelek yang sedang digunakan, tujuannya untuk memutuskan ukuran berapa ban yang perlu diguna

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Stockman
Lihat