Sejak dikenalkan, pamor Kawasaki Stockman seolah-olah tidak menonjol, paahal motor ini terhitung menarik.
Menurut kami sebabnya adalah motor ini tidak road legal, sehingga tidak bisa dipakai di jalan umum.
Pasalnya Kawasaki membuat motor ini untuk area tertutup, seperti peternakan dan perkebunan.
Yup, Kawasaki Stockman memang didesain untuk kebutuhan tersebut, padahal ada potensi pasar, terutama dari kalangan hobi garuk tanah.
Harga jualnya sendiri Rp 58,5 juta on the road Jakarta, yang ternyata lebih mahal dari KLX230 yang dilepas Rp 50 jutaan hingga Rp 56 jutaan.
Beberapa waktu lalu kami pun bisa menjajal motor ini, dan tentu saja diarea tertutup, sesuai peruntukannya.
Lantas seperti apa sensasi mengendarai motor yang punya basis Kawasaki KLX230 ini?
Baca juga : Spesifikasi Mesin Kawasaki Stockman 2023, Tangguh dan Minim Perawatan?
Melihat sosoknya tentu saja khas motor trail yang tampil gagah dan tangguh.
Soal dimensi, motor ini punya ukuran 2.105 x 920 x 1.110 mm (PxLxT) dengan sumbu roda 1.350 mm.
Jarak terendahnya mencapai 220 mm, masih terhitung tinggi nih. Dan tinggi jok 845 mm.
Namun yang harus jadi catatan, motor ini menggunakan basis dari Kawasaki KLX230 S.
Alhasil tinggi motornya terpangkas, sehingga akan lebih mudah dikendarai oleh siapa saja.
Untuk rider berpostur 172 cm kaki masih sedikit jinjit, kemudian setangnya yang lebar membuat lengan dan bahu terasa santai.
Setang yang lebar juga mempermudah untuk pengendalian motor diberagam kondisi.
Untuk joknya sendiri berasa sempit, khas motor trail, namun panjang. Tapi motor ini hanya bisa dikendarai sendiri ya!
Ini karena tak adanya pijakan kaki untuk pembonceng, dan area jok juga tertutup rak belakang.
Untuk handlingnya berasa berisi seperti mengendarai KLX230, dengan karakter suspensi yang empuk.
Pengereman pun sudah snagat cukup, dengan modal rem cakram pada kedua rodanya.
Dengan basis KLX230, maka jantung pacunya pun identik, yakni 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dan injeksi bahan bakar.
Kemudian Tenaganya sebesar 19 PS di 7.600 rpm dengan torsi maksimal 19,8 Nm pada 6.100 rpm keluar dari paduan piston 67 mm dan langkah piston 66 mm.
Penyaluran tenaga dan torsi lewat transmisi manual 6 percepatan menuju roda belakang.
Tak kalah menarik adalah rasio kompresi mesin hanya 9,4:1, yang membuat mesin tak mudah panas dan bisa menggunakan bahan bakar oktan 90 jika terpaksa atau 92 untuk lebih amannya.
Baca juga : Kawasaki Stockman 2023 Ternyata Rakitan Lokal untuk Pasar Global
Nah, daya tarik berikutnya adalah banyak fitur unik yang hanya ditemukan pada Kawasaki Stockman 2023.
Tentunya fitur tersebut untuk menunjang kebutuhan untuk dipakai pada area tertutup.
Misalnya pengunci handle kopling agar tak perlu memindahkan gigi transmisi ke netral atau harus mematikan mesin kala harus berhenti.
Kemudian standar samping kanan, agar motor bisa berhenti di tiap sisi menyesuaikan kondisi medan.
Kemudian ada sepakbor belakang yang dibuat lebih gondrong dan lebar, agar lebih ampuh menahan kotoran yang terlempar dari roda belakang.
Tak ketinggalan skid plate untuk melindungi bagian bawah mesin dair benturan.
Oiya pada depan dan belakang motor, terdapat 2 buah rak yang bisa dipakai untuk membawa barang.
Kalau dipeternakan, bisa untuk membawa pakan ternak, rumput atau peralatan seperti sekop.
Yang tak kalah menarik adalah handguard model alumunium, tanpa cover plastik, dijamin lebih awet!
Dan ada pengunci tuas kopling, sehingga bisa berhenti tanpa harus mematikan mesin atau menetralkan transmisi lebih dulu.
Baca juga : Plus-Minus Kawasaki Stockman 2023, Seberapa Pantas Untuk Ditebus?
Kemudian meski motornya terlihat ceper, namun lingkar roda yang dipakai sudah full size.
Dengan kondisi medan yang beragam dan cenderung off road, lingkar depan pakai 21 inci dan belakang 18 inci.
Permukaan ban tapak kasar dengan blok-blok berukuran besar dan solid, demi traksi maksimal.
Ukuran ban depan 80/100-21 dan ban belakang 100/100-18. Jalan tanah dan melewati gundukan sih bukan masalah besar pastinya.
Kalau bicara tampilan, tentu saja pemilik peternakan atau perkebunan tak butuh yang harus tampil mewah, karena mengutamakan fungsi.
Tapi secara desain, Kawasaki Stockman ini tak malu-maluin, sosoknya gagah dan tinggi.
Desainnya ini sama dengan KLX230 versi non facelift, yang mana masih pakai batok lampu besar dengan bohlam halogen.
Sedangkan untuk area tengah hingga belakang persis KLX230. Cuma yamng disayangkan tentu saja absennya perangkat lalu lintas.
Motor ini tidak ada kaca spion hingga lampu sein, padahal ini bukanlah part yang sulit untuk ditambahkah.
Padahal kalau dijual versi road legalnya menarik nih, cocok buat motocamp di tepi danau!
Sejatinya motor ini pasar terbesarnya adalah Australia, dengan target peternakan juga perkebunan.
Namun karena diproduksi lokal di Cibitung, maka PT Kawasaki Motor Indonesia ikut menjualnya.
Dengan segala kelengkapannya, motor ini juga cocok untuk pasar Indonesia lho.
Cuma ya itu tadi, tidak ada perangkat lalu lintas kemungkinan jadi sebab konsumen berpikir ulang untuk meminangnya.
Kawasaki Stockman | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
PxLxT | 2.105 x 920 x 1.110 mm | |
Sumbu Roda | 1.350 mm | |
Jarak Terendah | 220 mm | |
Tinggi Jok | 845 mm | |
Berat Isi | 137 kg | |
Kapasitas Bensin | 7,5 liter | |
MESIN | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, injeksi, pendingin udara | |
Diameter x Langkah | 67 x 66 mm | |
Kapasitas Mesin | 233 cc | |
Rasio Kompresi | 9,4:1 | |
Tenaga Maksimal | 19 PS @ 7.600 rpm | |
Torsi Maksimal | 19,8 Nm @ 6.100 rpm | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
RANGKA & KAKI-KAKI | ||
Tipe Rangka | Perimeter | |
Sok Depan | Teleskopik | |
Sok Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 80/100-21 | |
Ban Belakang | 100/100-18 |