Kawasaki selalu punya cara untuk menghadirkan motor jenis baru disegmen sport, contoh paling valid adalah Kawasaki Stockman 2023. Motor trail yang disiapkan untuk area perkebunan, pertambangan, peternakan dan sejenisnya.
Dilepas Rp 57,5 juta off the road Jakarta, motor ini dibangun berbasiskan Kawasaki KLX230S. Motor trail kelas menengah ini mengisi celah antara Kawasaki KLX150 dan Kawasaki KLX250.
Motor global model ini dirakit di pabrik Kawasaki Indonesia, di Cibitung, Jawa Barat. Tujuan ekspor utamanya adalah Australia, yang banyak dipakai pemilik peternakan, untuk memantau situasi lahannya.
Lalu seberapa menarik motor ini untuk ditebus juragan untuk berkeliling area ketimbang motor trail lainnya?
Baca juga : Kawasaki Rilis Stockman 2023, Trail Rp 57 Jutaan Pas Buat Perkebunan
Karena dipakai diarea tertutup dan tak dipakai untuk berkompetisi dan melintasi medan bebatuan, tinggi jok motor pun dibuat lebih rendah. Yakni 845 mm, lebih rendah dari KLX230 SE yang mencapai 885 mm tapi lebih tinggi sedikit dari KLX230S ang 830 mm.
Begitu juga jarak terendah motor yang diseting 220 mm, masih relatif aman untuk libas jalan non aspal. Jarak ini lebih tinggi 10 mm dari model KLX230S yang 210 mm.
Kondisi ini tentu membuat pengendalian motor akan lebih mudah. Kaki pengendara pun akan lebih mudah menapak permukaan, sehingga bisa maksimal mengontrol motor yang punya berat basah 137 kg ini.
Jika mesin 150 cc terlalu kecil, maka 230 cc rasanya pas. Kawasaki Stockman dibekali mesin yang sama dengan KLX230 Series, yakni 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dan injeksi bahan bakar.
Tenaganya sebesar 19 PS di 7.600 rpm dengan torsi maksimal 19,8 Nm pada 6.100 rpm keluar dari paduan piston 67 mm dan langkah piston 66 mm. penyaluran tenaga dan torsi lewat transmisi manual 6 percepatan.
Baca juga : Tangguh dan Kokoh, Begini Detail Kawasaki Stockman 2023
Nah, daya tarik berikutnya adalah banyak fitur unik yang hanya ditemukan pada Kawasaki Stockman 2023. Tentunya fitur tersebut untuk menunjang kebutuhan untuk dipakai pada area tertutup.
Misalnya pengunci handle kopling agar tak perlu memindahkan gigi transmisi ke netral atau harus mematikan mesin kala harus berhenti. Kemudian standar samping kanan, agar motor bisa berhenti di tiap sisi menyesuaikan kondisi medan.
Kemudian ada sepakbor belakang yang dibuat lebih gondrong dan lebar, agar lebih ampuh menahan kotoran yang terlempar dari roda belakang. Tak ketinggalan skid plate untuk melindungi bagian bawah mesin.
Dipakai untuk berkeliling area perkebunan, pertambangan hingga peternakan, motor ini bisa dipakai untuk membawa barang keperluan. Ini karena Kawasaki Stockman memiliki dua buah rak, di depan dan di belakang.
Rak depan berukuran kecil dengan penjepit, bisa menahan beban 2 kg. Cocok untuk membawa perkakas, tas kecil atau benda ringan lainnya. Jika rak belakang bisa sampai 20 kg beban maksimalnya.
Cocok untuk membawa rumput, semisal dipakai untuk peternakan. Atau membawa perkakas kerja yang punya bobot berat. Tapi kalau Indonesia sih, rasanya bakal disiksa membawa beban lebih berat lagi nih!
Dengan kondisi medan yang beragam dan cenderung off road, lingkar roda yang dipakai terhitung besar dengan spesifikasi enduro. Roda depan pakai lingkar 21 inci dan belakang 18 inci.
Permukaan ban tapak kasar dengan blok-blok berukuran besar dan solid. Ukuran ban depan 80/100-21 dan ban belakang 100/100-18. Jalan tanah dan melewati gundukan sih bukan masalah besar pastinya.
Baca juga : Kawasaki Stockman 2023 Ternyata Rakitan Lokal untuk Pasar Global
Karena ditujukan untuk penggunaan area tertutup, maka motor ini tidak road legal alias tak bisa dipakai di jalan umum. Itulah kenapa dijual dengan kondisi off the road.
Makanya motor ini tak dibekali dengan lampu sein dan juga kaca spion. Namun banyak yang menyayangkan hal ini, karena dengan segela keunggulannya, potensi untuk penggunaan pribadi sehari-hari tetap ada.
Alhasil surat-surat yang diterima ketika membeli Kawasaki Stockman hanya berupa faktur pembelian. Ya semoga saja kedepannya akan ada versi road legal ya.
Sebenarnya tak ada masalah soal kelir olive green yang disediakan, namun opsi warnanya yang hanya satu, memberikan kesan monoton. Andai ada opsi warna lain tentu akan jadi pilihan menarik dan tak perlu custom warna khusus jika pemesan menginginkannya.
Untuk juragan perkebunan dan memudahkan wara-wiri di area sambil memantau kondisi, tentunya lebih fleksibel dan cepat menggunakan sepeda motor. Apalagi motor itu punay utulitas yang sesuai.
Sebagai produk global dan diproduksi lokal di Indonesia, Kawasaki Stockman 2023 bisa jadi opsi menarik. Desain tangguh, punya beragam fitur unik dan mesin yang kuat. Menarik bukan?
Kawasaki Stockman 2023 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
PxLxT | 2.105 x 920 x 1.110 mm | |
Sumbu Roda | 1.350 mm | |
Jarak Terendah | 220 mm | |
Tinggi Jok | 845 mm | |
Berat Isi | 137 kg | |
Kapasitas Bensin | 7,5 liter | |
MESIN | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, injeksi, pendingin udara | |
Diameter x Langkah | 67 x 66 mm | |
Kapasitas Mesin | 233 cc | |
Rasio Kompresi | 9,4:1 | |
Tenaga Maksimal | 19 PS @ 7.600 rpm | |
Torsi Maksimal | 19,8 Nm @ 6.100 rpm | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
RANGKA & KAKI-KAKI | ||
Tipe Rangka | Perimeter | |
Sok Depan | Teleskopik | |
Sok Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 80/100-21 | |
Ban Belakang | 100/100-18 |