Honda Scoopy Karbu Bekas Mulai Rp 5 Jutaan, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Honda Scoopy karbu
  • Harga bekasnya mulai Rp 5 jutaan.
  • Basis mesin dari Honda Beat karbu.

Saat ini skuter matic bertampang retro, Honda Scoopy (Spesifikasi | Berita) memang tengah jadi idola. Tak heran jika harga jual bekasnya pun terbilang masih tinggi. Tapi ada alternatif lebih terjangkau, yakni Honda Scoopy karbu.

Generasi pertama Honda Scoopy ini bahkan dijual dengan banderol cukup bersahabat.

Jika Anda berminat, sebaiknya ketahui dulu keunggulan dan kekurangan dari Honda Scoopy karbu. Sehingga tak menyesal setelah membelinya.

Keunggulan Honda Scoopy Karbu

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Honda Scoopy karbu. Mulai dari harga, desain hingga mudah dalam hal perawatan.

Harga Terjangkau

Seperti disebut sebelumnya, banderol Honda Scoopy karbu saat ini sudah terjangkau. Sehingga pas ditebus untuk Anda yang punya budget terbatas.

Harga Scoopy karbu kini di bawah Rp 8 juta

Terpantau dari situs jual beli online dan sosial media, harga Honda Scoopy karbu bekas dimulai dari Rp 5,6 juta. Namun, harga tersebut dalam kondisi telat pajak.

Sedangkan untuk motor yang siap pakai, rata-rata dijual dengan harga sekitar Rp 6-7 jutaan. Tentu tergantung kondisi dan tahun pembuatannya.

Baca Juga: Daya Tarik Yamaha Aerox 155 Connected yang Laris di Jakarta Fair 2023

Desain Timeless

Honda Scoopy Series punya ciri khas sama dengan model saat ini. Mengangkat kesan retro kental berpadu warna bodi menarik. Hal ini sesuai dengan segmentasinya yang menyasar anak muda.

Nuansa retro hadir dari penggunaan headlamp oval dengan aksen proyektor di dalamnya. Lalu ada sepasang sein terpisah berbentuk unik. Bodinya pun gembung terkesan membulat.

Desainnya tak lekang jaman

Sehingga meski sudah memasuki generasi ke-4, tapi sosoknya tidaklah terlihat ketinggalan jaman ketimbang versi anyar. Sebab, desain serba bulat tadi tetap bertahan hingga edisi terbaru.

Cukup dipoles agar motor kembali kinclong dan lakukan sedikit penyegaran lain, maka tampilannya masih bisa disandingkan dengan model terkini.

Perawatan Mudah

Karena berbasis Honda Beat (Spesifikasi | Berita), maka perawatan Scoopy karbu masih terbilang mudah. Apalagi mesinnya yang belum mengusung sistem injeksi. 

Bengkel rumahan pun bisa mengatasi permasalahannya karena masih bersifat mekanis. Karena produknya cukup laris, maka spare part-nya juga melimpah.

Walaupun sudah berusia di atas 10 tahun, namun untuk melakukan peremajaan masih sangat mudah.

Baca Juga: Melambung! Harga Bebek Langka Kawasaki ZX130 Tembus Rp 20 Juta

Kekurangan Honda Scoopy Karbu

Sebagai produk generasi awal, tentu Honda Scoopy karbu bakal kalah komplet dari segi fitur dibanding pendahulunya. Diluar itu ada juga beberapa kekurangan lainnya.

Starter Mesin Masih Kasar

Mesin eSP (Enhanced Smart Power) dari Honda baru diusung oleh generasi ke-3 dari Scoopy Series yang mengaspal sejak 2015. Sehingga versi awalnya masih mengandalkan basis Honda Beat karbu.

Kelemahan yang dirasakan oleh penggunanya adalah starter motor yang kasar. Bukan karena ada kerusakan, tapi sistem sliding-gear starter bawaannya yang menimbulkan suara keras tersebut.

Penyempurnaan baru dilakukan pada mesin eSP dengan penambahan ACG Starter yang terdengar jauh lebih halus. 

Starter Scoopy karbu masih kasar

Lebih detail, mesin Scoopy karbu punya volume 108 cc, pendingin udara dengan ukuran diameter x langkah : 50 x 55 mm. 

Kompresinya terbilang rendah, yakni 9,2 : 1 saja. Sistem karburatornya dengan kode VK22.

Sehingga Scoopy karbu aman mengonsumsi bensin dengan RON 90 seperti Pertalite, Revvo 90 dan BP90. 

Daya maksimumnya dirasa cukup untuk kebutuhan harian, yakni 8,28 PS di 8.000 rpm dengan torsi 8,32 Nm di 5.500 rpm. 

Minim Fitur

Saat ini, Honda Scoopy anyar sudah dibekali beragam fitur yang fungsional untuk menunjang penggunaan harian. Mulai dari lampu LED, bagasi besar, charger 12v hingga sistem keyless.

Namun deretan fitur tersebut belum tersemat pada model karbunya. Meski begitu, ada juga beberapa fitur fungsional yang terpasang. Seperti parking brake lock dan side stand switch sebagai standar.

Kesimpulan

Dengan uang tak sampai Rp 7 juta, Anda sudah bisa menebus Honda Scoopy karbu seken. Tampilannya bisa dipoles agar tak kalah apik dari versi barunya.

Tapi patut diingat, usianya sudah di atas 10 tahun sehingga beberapa komponen perlu mendapatkan peremajaan. Lalu, fiturnya pun tak sekomplet generasi anyar yang kini dijual mulai Rp 21,875 juta.

Anda tertarik?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Scoopy
Lihat