Salah satu motor matic entry level dari Honda adalah Honda Genio 2023, yang mengisi celah antara Honda BeAT dan Honda Scoopy.
Bahkan motor matic Honda satu ini menjadi pelopor teknologi baru, yang akhirnya juga diterapkan pada kedua motor tersebut.
Teknologi itu adalah rangka eSAF (enhanced Smaret Architecture Frame), yang terbuat dari pelat baja yang di-press, dicetak dan kemudian disambung pakai las laser.
Proses membuat rangkanya kurang lebih mirip dengan proses pembuatan rangka mobil monokok.
Keuntungan dari rangka eSAF ini mampu membuat motor lebih ringan, kemudian lebih stiff juga kuat dibandingkan rangka biasanya.
Baca juga : Sasis dan Mesin Sama, Mau Honda BeAT 2023 atau Honda Genio 2023?
Tapi selain rangka tadi, teknologi lainnya adalah mesin eSP (enhanched Smart Power), generasi terbaru yang dibuat untuk mengejar efisiensi.
Klaim pabrikan, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 59,1 km/liter dengan metode pengetesan WMTC Euro 3, dan fitur Idling Stop System diaktifkan.
Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dengan suplai bahan bakar injeksi, PGM-FI khas Honda.
Diameter pistonnya 47 mm dengan langkah piston 63,1 mm, kapasitas mesinnya 110 cc dan karakternya over stroke.
Keluaran tenaganya 9 PS di 7.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 9,3 Nm di 5.500 rpm, yang disalurkan menuju roda lewat transmisi CVT.
Dan soal akselerasi, ternyata Honda Genio lebih gesit dari Honda Scoopy lho, ya meski perbedaannya tak terpaut jauh.
Honda Genio untuk jarak 0-100 meter hanya butuh 8,54 detik, sedangkan Honda Scoopy 8,89 detik.
Untuk menggapai 80 km/jam dari posisi diam pun, motor ini cuma membutuhkan waktu 13,73 detik, kalau Honda Scoopy 16,71 detik.
Lumayan signifikan bedanya bukan? Tapi keduanya sama-sama tak bisa menggapai kecepatan 100 km/jam.
Data tadi kami peroleh dengan menggunakan alat ukur berbasis satelit, Racebox, jadi hasilnya bisa dikatakan akurat ya.
Baca juga : Honda Genio Baru Makin Mirip Scoopy, Cek Lagi Perbedaannya
Data Akselerasi Honda Genio 2023 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 7,12 detik | |
0-80 km/jam | 13,73 detik | |
0-100 km/jam | N/A | |
0-100 meter | 8,54 detik | |
0-200 meter | 13,46 detik | |
0-402 meter | 21,88 detik | |
Top speed Racebox | 95,12 km/jam | |
Top speed spidometer | 103 km/jam |
Meski soal akselerasi lebih gesit, namun perkara konsumsi bahan bakar minyak pun motor satu ini masih kalah irit.
Sama-sama menggunakan BBM oktan 92, Honda Scoopy mampu mencatatkan torehan 58,4 km/liter, Honda Genio mencatatkan 52,6 km/liter.
Hasil tersebut diraih dengan menggunakan metode pengukuran full to full, dan cara berkendara normal.
Dengan harga yang relatif lebih terjangkau dari Honda Scoopy, Honda Genio 2023 layak menjadi opsi menarik untuk penyuka motor matic bergaya retro modern.
Terlebih dengan harga yang relatif terjangkau, yakni tak sampai Rp 20 juta untuk on the road Jakarta.
Namun kalian sudah bisa mendapatkan motor matic yang gesit untuk harian, dengan akselerasi yang lebih sigap.
Meski konsumsi bahan bakarnya tak seirit Honda Scoopy, namun rasanya torehan 52,6 km/liter masih terhitung irit.
Spesifikasi Honda Genio 2023 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 tak, SOHC, eSP | |
Kapasitas mesin | 109,5 cc | |
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | |
Bore x stroke | 47 mm x 63,1 mm | |
Rasio kompresi | 10:1 | |
Tenaga maksimal | 9 ps @7.500 rpm | |
Torsi maksimal | 9,3 Nm 5.500 rpm | |
Tipe transmisi | Otomatis, V-belt | |
Tipe starter | Elektrik dan Kick starter | |
Tipe kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | |
Tipe rangka | Underbone – eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Tunggal | |
Ban depan | 100/90-12 | |
Ban belakang | 110/90-12 | |
Rem depan | Cakram hidrolik, kaliper 1 piston | |
Rem belakang | Tromol | |
Sistem pengereman | Combi Brake System | |
P x L x T | 1.862 x 694 x 1.061 mm | |
Tinggi tempat duduk | 744 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.251 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 147 mm | |
Berat isi | 92 kg (tipe CBS), 93 kg (tipe CBS-ISS) | |
Tangki bensin | 4,2 liter | |
Tipe aki | MF 12 V – 3 Ah (tipe CBS, MF 12 V – 5 Ah (tipe CBS-ISS) | |
Tipe busi | NGK MR9C-9N |