KLX230 hadir dengan pengaturan roda 21/18 dan ban IRC Trails GP yang bekerja dengan baik di trotoar, tetapi pengendara yang lebih maju kemungkinan ingin meningkatkan ke sesuatu yang lebih ramah tanah. Rem cakram kelopak besar (depan dan belakang) sangat kuat yang seharusnya membangkitkan kepercayaan diri pengendara baru baik di jalan setapak maupun di lalu lintas tersibuk. Remnya mirip dengan yang ada pada XT250 dan CRF250 tetapi meninggalkan DR200 dengan rem tromolnya. Di jalan setapak, sepeda ini luar biasa.
Dengan ground clearance 10,4, travel suspensi 8,7 ″ (depan) dan suspensi belakang 8,8 Uni-Trak, 230. Selain itu dapat mengatur shock belakang untuk preload, suspensi sebaliknya tidak dapat diatur yang akan menjadi pengurang bagi beberapa pengendara yang lebih besar. Dengan berat sekitar 291 pound, motor ini tidak terlalu ringan, tetapi tepat dalam kisaran motor serupa, hampir sama dengan XT250 dan lebih ringan 30 pound dari CRF250L. Dengan pusat gravitasi yang rendah dan ergonomis yang ramping, 230 memiliki rasa yang ringan baik di jalan maupun di tanah.
Tangki stok dua galon membatasi kisaran tetapi harus cukup untuk sebagian besar perjalanan. Soal harga, Kawasaki membanderol KLX 230 dengan harga yang cukup terjangkau. Motor ini juga tersedia dalam dua tipe, yaitu: tipe standar dan tipe spesial edition. Perbedaan antara keduanya adalah hanya terletak pada warna body, warna velg, dan penambahan beberapa aksesoris yang menjadikan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition satu tingkat lebih mahal. Untuk harga tipe standar mencapai sekitar Rp. 42.5 Juta dan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition (SE) mencapai sekitar Rp. 44.9 Juta.