"Kami juga selalu membaca saran dari Kawasaki Lovers melalui sosial media," ungkap Michael saat peluncurannya yang juga ditayangkan langsung di akun Youtube Kawasaki Indonesia, Rabu (12/6/2024).
Nah, Anda mau tahu apa saja yang dirubah dari KLX230 Series, berikut ulasannya.
Kawasaki KLX230 series ada varian yang bisa dipilih, yaitu KLX230 SE, KLX230 SM dan KLX230 SM SE 2024, dimana warna dan grafis hadir dengan tampilan baru.
Untuk kelir terbaru dari KLX230 SE menawarkan warna Neon Green, sedangkan warna terbaru dari KLX230SM adalah Battle Gray dan warna terbaru untuk KLX230SM SE adalah Ebony.
Selain itu, KLX230 Series juga mendapat pembaharuan mulai dari sektor desain, sasis, fitur hingga mesin.
Secara tampilan, desain yang sangat terlihat berubah terjadi pada bagian Front Cowl atau batok depan.
Ya, pada bagian batok depan KLX230 Series terbaru kini mirip dengan KLX300, dengan desain yang tipis, namun disebut memiliki aura motor enduro.
Pada bagian samping, desain KLX230 sudah mengalami perubahan khususnya pada bagian Fuel tank, shroud dan cover jadi mirip KX450 dan KX250, sehingga jadi lebih segar, lincah dan agresif.
Jok KLX230 Series dibuat shape datar two-tone yang diklaim jadi slim, clean, serta racing-look.
Ketebalan jok pada KLX230SE bertambah 6 mm, jika dibandingkan versi standar namun seat height lebih rendah dibandingkan versi MY 2023.
Selain itu, tuas rem dan kopling motor ini memiliki desain baru yang lebih pendek dari model sebelumnya untuk tampilan yang lebih modern.
Pada bagian sasis, pada Subframe belakang didesain ulang dan filter box dibuat lebih ramping, sehingga jok lebih rendah.
Sehingga meningkatkan handling dan kenyamanan pada saat berkendara.
Disebutkan subframe belakang yang didesain ulang bertujuan untuk peningkatan travel pada roda depan dan belakang guna meningkatkan kinerja pada saat offroad.
Untuk tipe KLX230 SE perubahan ini dapat meningkatkan travel pada roda belakang, yang memberikan kenyamanan ekstra.
Walau dengan penggunaan jok baru yang lebih tebal, namun tinggi jok jadi lebih pendek dari 885 mm di varian terdahulu, menjadi 875 mm.
Sementara untuk sasis KLX230 SM dan KLX230 SM SE, sejatinya subframe belakang juga didesain ulang.
Hal ini membuat travel pada roda belakang menjadi lebih panjang dan juga ada seting ulang suspensi agar lebih nyaman digunakan.
Demikian juga pada jok yang lebih rendah dari ukuran 845 mm menjadi 840 mm.
Sudut putar dibuat lebih kecil berkontribusi pada handling yang lebih ringan.
Kemudian jarak sumbu roda dibuat lebih pendek dari 1.375 mm menjadi 1.365 mm, agar pengendalian motor yang mudah pada saat bermanuver.
Fitur
Kawasaki KLX230 Series memiliki panel instrumen yang dilengkapi dengan Bluetooth untuk koneksi wireless.
Oia, wireless ini terhubung dengan aplikasi RIDEOLOGY untuk menampilkan informasi Vehicle Info, Riding Log, Communication, dan Maintenance Log.
Boleh dikatakan KMI jadi pelopor penggunaan fitur ini untuk motor sport, khususnya tipe trail yang dijual di Indonesia.
Mesin Kawasaki KLX230 Series
Sekadar informasi, KLX230 Series ini mengusung mesin Air-cooled, 4-stroke Single, SOHC, 2 valves, Fuel Injection, berkapasitas 233 cc.
Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 19 Ps pada 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm pada 6.100 rpm.
Meski pada bagian mesin ini tidak banyak berubah, namun untuk memberikan rasa nyaman suspensi belakang kini dilengkapi New Uni Trak.
Perubahan dengan peningkatan pada jarak main serta setingan yang telah direvisi.
Perubahan ini membuat bagian belakang motor bisa lebih amblas saat pengendara duduk, sehingga berkontribusi pada jangkauan ke tanah yang lebih baik.
Master rem belakang kini memiliki tabung reservoir terintegrasi yang mirip dengan KLX230R, sehingga bobotnya berkurang 100 gram.
Harga Kawasaki KLX230 Series
Menyoal harga, KLX230 SE, KLX230 SM dan KLX230 SM SE 2024, dijual dengan harga berbeda dan berstatus on the road Jakarta.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.