Kawasaki KLX Series Dilepas Mulai Rp 33 Jutaan Per Januari 2025
Herdi · 23 Jan, 2025 10:00
0
0
Keluarga Kawasaki KLX Series
Kawasaki KLX Series punya beragam opsi mesin.
Kawasaki KLX150 jadi paling lama hadir di Indonesia.
Versi supermoto masuk keluarga KLX.
Kawasaki KLX menjadi satu diantara deretan motor trail yang dikenal di Indonesia, motor ini merupakan pelopor trail yang terkenal.
Ya, selain memiliki motor sport berperforma tinggi, Kawasaki juga sangat dikenal selalu update dalam menghadirkan motor trail yag disebut KLX.
Untuk pasar otomotif nasional, PT Kawasaki Motor Indonesia menghadirkan KLX series yang terdiri dalam beberapa model, yaitu KLX110, KLX150, KLX230 hingga KLX250.
Namun perusahaan yang identik dengan warna hijau tersebut, sangat terkenal melalui model KLX 150, karena bisa disebut pionir motor trail di era gempuran motor matic.
Sedangkan untuk KLX230 masih segmented, sedangkan KLX110 cenderung lebih eksklusif karena hanya cocok digunakan untuk para penghobi motorcross.
Lantas Kawasaki KLX250 jadi motor trail 520 cc injeksi pertama di Indonesia, yang masih eksis hingga saat ini.
Kawasaki KLX 150 2024
Bicara soal KLX Series, berikut ini harga terupdate yang diambil langsung dari situs resmi Kawasaki per Januari 2025.
Jadi salah satu motor trail 250 cc yang cukup lama hadir di Indonesia, tercatat sudah dijual sejak tahun 2008.
Dibekali mesin injeksi, kala itu motor ini jadi salah satu trail dengan teknologi canggih, pasalnya masih jarang yang bermesin injeksi.
Ukurannya 2.200 x 820 x 1.205 mm (PxLxT) dengan sumbu roda mencapai 1.430 mm dan bobotnya 137 kg.
Kawasaki KLX250.
Jantung mekanisnya 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin udara serta memiliki ukuran throttle body 34 mm untuk menyuplai udara.
Ukuran piston 72 mm dipadu langkah piston 61,2 mm membuatnya mampu muntahkan tenaga 22 PS di 7.500 rpm serta torsi 21 Nm di 7.000 rpm.
Sayangnya motor ini minim ubahan sejak pertama kali muncul, yang paling terlihat tentu saja update warna saja, tanpa perubahan bentuk dan fitur.
Kawasaki KLX230R S dan KLX230 SE
Tampangnya mirip motocross sejati, Kawasaki KX.
Pada dasarnya, Kawasaki KLX230R S ini diperuntukan bagi merek yang benar-benar hobi main offroad atau motocross.
Maklum, meski dijual resmi dan legal, motor ini tidak dilengkapi dengan berbagai perlengkapan lalu lintas memadai, termasuk lampu utama, rem, sein, spion hingga klakson.
KLX230R S sudah dibenamkan mesin mesin Air-cooled, 4-stroke Single, SOHC, 2 valves, Fuel Injection, berkapasitas 233 cc.
Mesin tersebut mampu menghasilkan daya 20 PS yang disale ini dilengkapi transmisi manual 6-speed.
Mesin identik KLX230.
Lain halnya dengan KLX230 SE yang bisa digunakan di jalan raya, karena motor trail ini sudah dilengkapi perlengkapan yang memadai.
Bahkan kawasaki KLX230 SE sudah memiliki panel instrumen dengan Bluetooth untuk koneksi wireless yang terhubung dengan aplikasi RIDEOLOGY untuk menampilkan informasi Vehicle Info, Riding Log, Communication, dan Maintenance Log.
Untuk jantung pacunya sama seperti KLX230R S. Namun karena ada settingan yang berbeda, maka tenaga yang dihasilkan lebih kecil, yaitu 18 Ps pada 8.000 rpm dan torsi 18 Nm pada 6.400 rpm.
Kawasaki KLX230 SM dan SM SE
Kaki-kaki ala motor sport
Varian lain dari KLX230 yaitu ada versi SM dan SM SE, dimana motor ini bukan bertipe trail, melainkan supermotor atau disingkat jadi SM.
Karena jenisnya supermoto, maka yang paling membedakan adalah bagian kaki-kaki. Dimana untuk SM menggunakan velg berukuran 17 inci depan belakang yang dibalut ban lebar 110/70 dan belakang 120/70.
Untuk varian SM SE, ada beberapa perbedaan seperti engine guard, frame guard, hand guard, hingga
Suspensi depan, dan velg jari-jari dibalut kelir emas sehingga jadi tampak lebih mewah.
Kawasaki KLX150, S, dan SE
Kawasaki KLX 150 pionir motor dual purpose di Indonesia.
KLX Series yang cukup laris di Indonesia yaitu versi mesin 150 cc. Nah, di Indonesia motor trail ini hadir dalam tiga varian KLX 150 S, KLX 150, dan KLX 150 SE.
Meski secara desain tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya, namun ada sejumlah penambahan yang membuat wujudnya berbeda.
Nah, perbedaan yang paling mencolok yaitu pada bagian headlamp yang sudah menggunakan LED, kemudian panel instrumen sudah full digital.
Lampu depan sudah LED.
Adapun yang membedakan KLX 150 S, KLX 150, dan KLX 150 SE, yaitu untuk suspensi KLX 150 S masih menggunakan teleskopik.
Lain halnya untuk tipe KLX 150 dan KLX 150 SE, lebih nyaman, karena sudah menggunakan suspensi upside down, sehingga saat dikendarai jadi terasa lebih stabil.
Sementara itu tipe KLX 150 SE, memiliki decal lebih bervariasi, pilihan warna ada urban olive green dan firecracker red, serta suspensi berkelir emas.
Mesin tak berubah.
Semua KLX150 S, KLX 150 dan KLX 150 SE, sudah menggunakan mesin Air-cooled, 4-stroke Single, SOHC, 2 valves, berkapasitas 144 cc, dengan sistem pengapian DC-CDI.
Dengan mesin ini, tenaga yang dihasilkan 12 Ps pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm.
Kawasaki KLX150SM dan SM SE
Warna Ebony ini mendapatkan sentuhan paling beda dari KLX150SM SE 2025 lain.
Untuk KLX150 SM dan SM SE varian ini adalah jenis supermoto tapi lebih kecil dari KLX230 SM dan SM SE.
Sejatinya, KLX150SM dan SM SE semuanya mirip dengan versi trail KLX150, S, atau SE, hanya saja ada hal yang paling berbeda yaitu pada bagian kaki-kaki.
Ya, karna supermoto, KLX 150 SM dan SM SE pada bagian roda dibekali ban on-road dan velg 17 inci, 100/80 di bagian depan, dan 120/70 pada bagian belakang.
Cakram semi-floating 300 mm jadi ciri KLX150SM
Tampilan KLX 150 versi supermoto warnanya jadi lebih eye catching, jika KLX 150 SM standar hanya ada warna ebony, lain halnya dengan KLX 150 SM SE yang kelirnya lebih bervariasi, mulai dari Ebony, Neon Green/Ebony, Battle Grey dan Bright White.
Untuk jantung pacu juga sama seperti KLX150 S, KLX 150 dan KLX 150 SE, yang dilengkapi mesin Air-cooled, 4-stroke Single, SOHC, 2 valves, sistem pengapian DC-CDI, berkapasitas 144 cc.
Dengan segala penyegaran serta performa mesin yang dibenamkan, tenaga dan torsinya juga sama seperti KLX150 S, KLX 150 dan KLX 150 SE, maka dayanya mencapai 12 PS pada 8.000 rpm an torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm.
Jadi Kawasaki KLX Series mana yang mau kalian pilih?
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.