Cuma ganti ban motor, tampilan motor matic bisa langsung berubah! Tapi jangan sembarang, karena salah ganti ban justru bikin tampilan aneh.
Karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam seting fitment ban motor matic, agar tampilannya lebih enak dilihat.
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencari tahu lebar pelek yang sedang digunakan, tujuannya untuk memutuskan ukuran berapa ban yang perlu digunakan.
Misal kalau buat matic ramping seperti Yamaha Mio dan Honda BeAT, lebar pelek orinya 1.40 inci sampai 1.85 inci jadi cocok pakai ban ukuran 90/80-14.
"Ini udah setingan paling pas dari segi tampilan dan juga kemampuan cornering atau handlingnya,” ujar Ridwan Adi Saputra salah satu teknisi di Rumah Ban Motor (RBM) Pondok Kelapa.
Baca juga: Sebar Undangan, Honda Bakal Kenalkan Motor Baru Pekan Depan!
Kalau lebar pelek sudah di atas 1.85 inci, baiknya jangan paksakan pakai ukuran 90/80-14 karena profil ban tidak lagi bulat tapi cenderung mengkotak.
Karenanya kalau lebar pelek sudah di atas 1.85 inci disarankan menggunakan ukuran ban di 100/80 agar fitment tetap bulat atau biasa dikenal donat.
Selain memperhatikan lebar pelek, upgrade ban pada motor juga tidak boleh sembarang harus tahu ukuran maksimal agar tetap enak dilihat.
Baik pabrikan ban maupun pabrikan sepeda motor, kompak menyarankan kalau upgrade ban ini sebaiknya hanya naik 1 tingkat dari ukuran standar.
Baca juga: Daftar Merek Motor dan Industri Pendukung yang Bakal Hadir di IMOS 2024
Karena penggantian ban ini berpengaruh kepada handling dan akselerasi karena bobotnya yang lebih berat.
"Kalau ganti ban terlalu besar nanti bikin handling kurang lincah dan tarikan menjadi lebih berat,” tambah pria yang bengkelnya ada di bilangan Pondok Kelapa, Jaktim ini.
Sebagai contoh ukuran ban standar 80/90-14 bisa naik 1 tingkat menjadi 90/90-14 atau 90/80-14, ini membuat tampilan kaki-kaki padat namun tidak berlebihan.
Ban menjadi salah satu komponen yang menghubungkan motor dengan kontur jalan, karenanya penggantian ban ini akan membuat rasa berkendara berubah.
Untuk itu hal lain yang perlu diperhatikan ketika mengganti ban adalah sesuaikan dengan karakter penggunanya, apakah suka berkendara agresif yang senang cornering atau lebih senang cruising santai.
Baca juga: Serius Garap Pasar Indonesia, QJ Motor Bangun Pabrik di Cikarang
Karena kalau penggunanya gak suka cornering, pakai ban profil donat malah akan ngerasa handling motor ngebuang karena lebih mudah miring.
Beda dengan profil ban kotak yang mana badan harus sedikit lebih memaksa motor untuk miring ketika menikung.
“Jadi memang ban profil donat ini banyak diminati anak-anak muda, karena orang yang lebih tua coba lihat karakternya dulu. Kalau sudah yakin, tinggal pilih profil juga merk yang sesuai mulai dari lokal seperti Swallow, King Land, Mizzle, dan masih banyak lagi,” rinci Ridwan.
Jangan asal ganti ya!
Rumah Ban Motor: 0877-9777-9797