Trend Tabung Minyak Rem Celup, Tampilan Batok Setang Jadi Rapi!

Tabung minyak rem 'celup' bikin tampilan lebih rapi.
  • Harus pakai slang minyak rem khusus.
  • Pemilihan bracket tabung minyak rem yang tepat jadi kunci.

Upgrade perangkat rem terkadang bukan hanya mengejar performa pengereman agar lebih pakem, tapi juga ada unsur modifikasi yang mementingkan penampilan motor.

Salah satu perangkat rem yang kerap dimodifikasi adalah master rem yang bertugas memompa minyak rem lalu menekan piston kaliper dan membuat kampas rem menjepit cakram.

Upgrade yang dilakukan umumnya mengganti master rem dengan model tabung minyak rem pisah agar tampilannya lebih sporty juga menarik.

Apalagi sekarang ini sudah banyak merek aftermarket yang membuat tabung minyak rem dengan beragam model juga warna, jadi bisa disesuaikan dengan selera serta warna motor.

Baca juga: Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25RR 40th Anniversary, Layak Jadi Koleksi?

Slang rem khusus agar tidak menghambat sirkulasi minyak rem.

Untuk yang ingin tampil sporty, mungkin lebih memilih untuk menggunakan tabung minyak rem besar layaknya motor balap.

Tapi untuk di motor matic, ternyata tampilan ini kurang sesuai dengan dimensi cover setang atau batok.

Untuk itu RD Matic Shop yang memang spesialisnya memodifikasi matic khususnya Honda ini melakukan hal unik agar tabung minyak rem ini tetap tampil proporsional.

Tabung Minyak Rem Celup

Agar tampilan tabung tidak terlalu menonjol, maka posisi tabung minyak rem dibuat celup hampir separuh badan botol masuk ke dalam cover setang.

Bahkan ada yang hanya menyisakan tutup tabung minyak remnya saja, jadi area batok setang bakal lebih bersih.

Baca juga: Geber Yamaha NMax Turbo Buat Touring, Berasa Bawa Motor Manual!

Kalau dirasa kurang rendah, bracket tabung minyak rem bisa ditambang bushing

Namun prosesnya tidak bisa sembarang, karena harus dilakukan dengan telaten agar bisa terpasang optimal dan tampil proporsional.

“Yang pertama harus ganti slangnya yang dilengkapi per, karena slang ini nantinya akan diputar. Kalau slang tanpa per akan nekuk patah dan bikin aliran minyak rem gak maksimal, kalau slang dengan per ini aman gak bakal nekuk patah,” tunjuk Alie dari RD Matic Shop.

Setelah slang diganti, langkah berikutnya membuat dudukan tabung minyak rem agar posisinya menjadi lebih rendah.

Rata-rata menggunakan bracket tabung minyak rem dari Kyta atau KTC Kytaco, bracket ini dipilih karena memiliki panjang yang pas. 

Baca juga: Suzuki Avenis 125 di Indonesia Kena Recall, Ini Biang Masalahnya

Pada Vario 125 KZR posisi tabung minyak rem bisa benar-benar masuk cover setang

Kalau pakai bracket lain seperti WR3, itu terlalu panjang jadi posisi tabung minyak rem gak nempel sama master rem.

"Habis bracket tabung minyak rem dipasang, kalau posisinya kurang rendah bisa ditambah bushing,” tambah pria yang ngebengkel di Jl. Kembang Kerep No.C10, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Jakbar.

Trend tabung minyak rem ‘celup’ ini bisa dilakukan di hampir semua motor matic, namun diakuinya paling enak melakukan fitment ini pada Vario 125 KZR.

Ini karena memiliki cover setang lebar, jadi posisinya benar-benar bisa bikin tabung minyak rem tenggelam.

Kalau motor tipe lain mungkin agak nongol, prosesnya ada yang coak batok ada juga yang tanpa coak, tergantung posisi dan diameter tabung minyak remnya.

"Kalau mau dibikin ‘celup’ gini, ada tambahan jasa Rp 50 ribu,” tutupnya.

Rapi! 

Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Diawali MegaPro Neotech Mengisi segmen sport medium. Model terakhir rilis 2014. Siapa tak kenal Honda MegaPro? Motor batangan ini hadir sebagai penerus Honda GL Pro dan alternatif dari Honda Tiger. Dulu saat pertama kali meluncur pada 1999, motor ini banyak diincar karena pesona dan karismanya sebagai penanda kemapaman. Maklum saat itu kasta motor masih terbagi atas 2 kelas yakni motor sport atau bebek,dan memang motor matic belum merajalela. Jadinya mendambakan motor yang memancarkan aura pejan
Ergonomi nyaman dengan suspensi empuk. Mesin 125 cc 4 percepatan yang irit bahan bakar. Banyak yang belum tahu nih kalau TVS punya motor ‘batangan’ murah meriah, yaitu TVS Max 125 dengan harga jual Rp 15,9 juta on the road Jakarta. Motor ini rasanya cocok bagi kalian yang butuh kendaraan sehari-hari dengan aktivitas yang lebih berat. Pasalnya motor tipe manual seperti ini tentunya lebih tangguh jika dibandingkan dengan motor matic. TVS sendiri memberikan garansi sparepart selama 12.000 km atau 1
Usung livery yang khas. Dijual terbatas. Spesifikasi identik Ninja ZX-25RR. Kalau bicara motor sport 250 cc yang menggoda untuk dipinang saat ini, salah satunya Kawasaki Ninja ZX-25RR. Bermesin 4 silinder segaris, jelas performa dan lengkingan suara mesinnya khas moge. Belum lagi sematan fiturnya lengkap dan banyak, kesan moge pada motor ini semakin kuat. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun menghadirkan banyak tipe untuk motor ini, termasuk varian baru. Paling fresh ada Kawasaki Ninja ZX-25RR
Indonesia berhasil mendapatkan dua emasi di Olimpiade 2024 Paris Dua atlet Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah masing mendapatkan hadiah Rp6 miliar Indonesia berhasil mempersembahkan dua emas di ajang Olimpiade 2024 Paris, lewat atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo dan angkat besi Rizki Juniansyah. Berkat prestasi yang membawa harum nama Indonesia ini, pemerintah akan memberikan bonus uang tunai sebesar Rp 6 miliar. “Bapak Presiden (Joko Widodo) sudah mengumumkan untuk emas mendapat Rp 6 mili
Rute didominasi pegunungan. Y-Shift membantu lewati jalan naik-turun. Ada efek engine brake. Jika sebelumnya kami membahas rasa berkendara Yamaha NMax Neo dipakai touring, kali ini giliran NMax Turbo. Masih dalam rangkaian acara NMax Tour Boemi Nusantara, namun rutenya dari Pekalongan menuju Dieng hingga Yogyakarta. Kebetulan jalur yang dilalui banyak perbukitan, penuh kelokan dan banyak tanjakan serta turunan curam. Kami baru bisa merasakan jalan yang landai saat sudah masuk wilayah Magelang hi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor