Kalau bicara motor sport 250 cc yang menggoda untuk dipinang saat ini, salah satunya Kawasaki Ninja ZX-25RR.
Bermesin 4 silinder segaris, jelas performa dan lengkingan suara mesinnya khas moge.
Belum lagi sematan fiturnya lengkap dan banyak, kesan moge pada motor ini semakin kuat.
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun menghadirkan banyak tipe untuk motor ini, termasuk varian baru.
Paling fresh ada Kawasaki Ninja ZX-25RR 40th Anniversary yang dikenalkan pekan lalu.
Yup, motor ini muncul setelah kehadiran Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-4RR telah mendapatkan livery Ninja 40th Anniversary.
Banyaknya permintaan dari konsumen, akhirnya KMI memutuskan untuk menerapkan livery serupa pada Ninja ZX-25RR.
Baca juga : Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 Kini Punya 3 Varian, Teratas Pakai Part Moge!
"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada konsumen Kawasaki yang ikut meramaikan dunia otomotif khususnya sportbike," ucap Michael C. Tanadhi, Dept. Head Sales & Promotion KMI.
Menyesuaikan dengan livery special Anniversary, Kawasaki Ninja ZX-25RR memiliki tiga warna khas yang identik, yakni Lime Green, Pearl Crystal White dan Blue.
Paduan warna ini sendiri digunakan pada model Ninja ZXR750 yang mucul tahun 1989.
Seri Anniversary ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi yang bisa disesuaikan dan engine guard pada bagian sisi samping motor.
Motor ini memiliki logo 'Kawasaki' besar pada fairing samping dan lambang 40th Anniversary juga menjadi salah satu ciri khasnya.
Antusias dari konsumen di tanah air ini menjadi salah satu bukti bahwa penggemar Ninja 40th Anniversary series ini tidak main-main.
Banyaknya minat dari kolektor, menjadikan kemunculan motor ini salah satu motor yang patut diburu, karena jumlahnya terbatas.
KMI menawarkan motor ini dengan harga Rp 138 juta on the road Jakarta.
Selain tampilan yang berbeda, secara spesifikasi tidak ada perubahan dari Ninja ZX-25RR yang jadi basisnya.
Secara dimensi motor ini memiliki ukuran 1.980 x 750 x 1.110 mm, dengan sumbu roda 1.380 mm.
Tinggi jok 785 mm, tangki berkapasitas 15 liter dan dengan berat isi 183 kg.
Baca juga : Selisih Rp 50,1 Juta, Sejauh Apa Beda Honda CBR250RR SP QS VS Kawasaki Ninja ZX-25RR?
Motor ini juga sudah dibekali dengan fitur Assist & Slipper Clutch yang dikombinasikan dengan Kawasaki Quick Shifter.
Tak ketinggalan, ada Kawasaki Traction Control dan Smartphone Connectivity sebagai pelengkapnya.
Panel spidometer full digital dengan tampilan moge pun jadi andalan di Kawasaki Ninja ZX-25RR.
Oiya, bagian kaki-kakinya tetap mengusung model up side down di depan serta monosok Showa SFF-BP ala moge Ninja ZX-10R.
Itu pun lengkap dengan pengaturan suspensi. Lalu peranti rem ABS juga sudah menjadi standarnya.
Dari sisi tampilan pun, seluruh lampu-lampunya sudah full LED yang memberikan kesan modern.
Jantung pacu berkapasitas murni 249,8 cc punya detail spesifikasi DOHC 16 valve, injeksi, dan pendingin cairan.
Mesin ini klaim tenaga maksimal 51 PS pada 15.500 rpm dengan ram air, dan torsi 22,9 Nm di 14.500 rpm. Tenaga mesin disalurkan lewat transmisi manual 6-speed.
Rasio kompresinya terhitung padat, 12,5 : 1 jadi minimal harus menenggak bahan bakar oktan 92 ya.
Baca juga : Pantau Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R, Masih Lebih Mahal Dari Barunya?
Mengingat ini adalah motor yang diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas, maka akan jadi buruan kolektor.
Belum lagi ada kemungkinan harga bekasnya lebih tinggi dari harga barunya saat ini.
Maka jika memungkinkan segera tebus unitnya, siapa tahu bisa jadi investasi di masa mendatang.
Toh kalau pun mau digunakan, kelengkapan dan juga fiturnya memang cukup menggoda, dengan hanya menambah beberapa juta saja dari versi biasa.
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25RR 2025 | ||
---|---|---|
Rangka | ||
Dimensi (P x L X T ) | 1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.380 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 125 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 785 mm | |
Berat | 183 kg | |
Mesin | ||
Tipe Mesin | 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves | |
Bore x Stroke | 50 x 31,8 mm | |
Kapasitas Mesin | 249,8 cc | |
Rasio Kompresi | 11,5:1 | |
Tenaga Maksimum | 50 PS / 15.500 rpm | |
Tenaga Maksimu dengan Ram Air | 51 PS / 15.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 22,9 Nm / 14.500 rpm | |
Rangka | Steel | |
Suspensi Depan | Upside down 37 mm SFF BP Showa | |
Suspensi Belakang | horizontal monosok | |
Ban Depan | 110/70R17M/C | |
Ban Belakang | 150/60R1M/C | |
Rem Depan | Single 310mm | |
Rem Belakang | Single 220 mm |