Street Model | 249.8 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Kawasaki Ninja ZX-25R 2024 - 2025 ditawarkan dalam 5 varian - mulai Rp 98,85 Juta hingga Rp 129,90 Juta , varian entry levelnya yaitu 2021 Kawasaki Ninja ZX-25R Standard Rp 98,85 Juta dan varian tertingi Kawasaki Ninja ZX-25R yaitu Kawasaki NINJA ZX-25RR 2023 ditawarkan dengan harga Rp 129,90 Juta.
Model | Street |
Kapasitas | 249.8 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | Tidak / Y |
Sejak akhir tahun 2019 sampai awal 2020, Kawasaki Ninja ZX-25R menjadi perhatian publik karena motor sport 250 cc dengan mesin empat silinder dibangkitkan kembali. Mereka yang penasaran sampai tak sabar untuk memilikinya.Tak heran sesudah diluncurkan, motor ini langsung jadi buruan untuk dimiliki dan dimodifikasi. Bahkan harga barunya sempat dimainkan hingga melambung jauh dari harga aslinya yang diangka Rp 96 juta dan Rp 112,9 juta.
Secara tampilan tentunya berbeda jauh dengan Kawasaki Ninja ZX-25R lawas yang punya bodi cenderung membulat dan gemuk. Model terbaru ini tampil lebih sporty dan agresif, serta menggunakan bahasa desain keluarga Ninja terbaru.
Jika Anda tak asing dengan Kawasaki Ninja 250 model terbaru, sepintas sosok Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 ini terlihat sama. Tapi kalau diperhatikan ada beberapa perbedaan detail.
Yang paling mencuri perhatian apalagi kalau bukan mesin berkubikasi 249,8 cc, iinline four, DOHC 16 katup dengan asupan injeksi bahan bakar. Lengkingan mesinnya pada putaran tinggi sangat memanjakan telinga.
Perbedaan Kawasaki Ninja ZX-25R versi standar dan Kawasaki Ninja ZX-25R versi Special Edition tidak hanya pada sistem pengeremannya saja, yakni non ABS dan ABS.
Untuk Kawasaki Ninja ZX-25R tipe standar, hadir dalam warna Metallic Spark Black (hitam). Tipe ini tidak dilengkapi dengan aksesori dan fitur canggih, seperti Kawasaki Quickshifter (KQS).
Sedangkan pada Kawasaki Ninja ZX-25R tipe Special Edition, dilengkapi dengan tambahan grafis warna yang membuat tampilannya lebih agresif dan sporty. Selain itu, disematkan juga beberapa aksesori, seperti single seat cover, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape.
Ninja ZX-25R Standar yang dijual Rp 96 juta dengan satu pilihan warna saja yakni hitam. Lalu Ninja ZX-25R ABS SE yang dilepas Rp 112,9 juta dengan tiga pilihan warna, yakni hijau, hitam dan biru. Harga tercantum on the road Jakarta.
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 dibekali dengan segudang fitur yang canggih dan banyak ditemukan pada moge supersport. Sistem pencahayaan lampu depan dan lampu belakang sudah mengadopsi teknologi LED.
Panel instrumen Kawasaki Ninja ZX-25R berdesain canggih dengan tachometer analog besar diapit oleh lampu indikator dan layar LCD multi fungsi, dan lainnya. Terdapat tampilan odometer, dual trip meter, sisa jarak tempuh, konsumsi bahan bakar rata-rata dan pada saat berkendara, temperatur udara, temperatur coolant yang tersedia dalam grafik bar dan juga angka, penunjuk jam, Power Mode, KTRC, KQS, dan Eco Riding.
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 juga sudah dilengkapi dengan Center Ram Air Duct System. Ram Air Duct System dengan posisi tengah merupakan fitur trademark dari beberapa model Kawasaki Ninja ZX lainnya dan dirancang dari feedback Ninja H2 untuk meningkatkan kinerja mesin.
Kawasaki Traction Control (KTC) juga dapat ditemui pada motor sport ini. Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 adalah yang pertama menggunakan fitur traction control di kelas 250 cc. Ada 3 tingkatan kontrol traksi dan dapat disetel Off.
Fitur Power Mode juga disematkan dan dapat diatur dengan mode Full atau Low. Mode Low hanya menggunakan 70 persen potensi mesin dan putaran mesinnya tidak seringan mode Full.
Salah satu fitur unggulan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 adalah Kawasaki Quick Shifter (KQS). Dengan fitur yang berfungsi di atas 2.500 rpm ini, pengendara tidak perlu menarik tuas kopling saat naik atau turun gigi.
Di sektor mesin, ada juga fitur-fitur unggulannya. Motor full fairing ini disematkan teknologi Electronic Throttle Valves yang memberikan respons mesin yang halus dan natural yang difasilitasi juga Power Mode, Traction Control, dan Quickshifter.
Assist & Slipper Clutch juga dapat ditemukan pada motor ini. Fitur tersebut terinspirasi dari teknologi kopling motor balap dan memberikan rasa ringan pada tuas kopling, serta meredam hentakan mesin saat melakukan penurunan gigi secara ekstrem.
Secara dimensi motor ini termasuk ramah karena Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 berpostur 1.980 x 750 x 1.110 mm (PxLxT), dengan sumbu roda 1.380 mm. Posisi duduk rendah karena tinggi jok hanya 785 mm, dan ground clearance 125 mm saja.
Jika sempat disebutkan desainnya mirip Kawasaki Ninja 250 memang ada benarnya, namun dengan perbedaan detail. Misal lekuk bodi depan di bawah lampu, terdapat sirip yang akrab disebut winglet.
Kemudian adanya ram air di atas lampu utama. Lampu utama sendiri persis dengan Kawasaki Ninja 250, Kawasaki Versys 1000 atau Kawasaki Ninja ZX-6R dan sudah LED pastinya.
Jika menilik fairing, terlihat lebih gemuk dan memiliki banyak lubang-lubang angin untuk melepas hawa panas mesin. Sementara menilik bodi belakang dan lampunya, punya bentuk yang mirip dengan Kawasaki Ninja 250 yang nampak sporty.
Untuk spesifikasi mesin, kedua varian tak ada perbedaan yakni 250 cc, inline four, DOHC 16 katup pendingin udara, yang mengandalkan piston 50 mm dan langkah piston 31,8 mm. Tenaga optimal mencapai 49,5 Hp @ 15.500 rpm yang bisa membesar sampai 50,2 Hp @ 15.500 rpm saat ram air aktif. Torsinya sendiri diangka 22,9 Nm @ 14.500 rpm.
Komponen kaki-kaki terlihat mahal, dengan suspensi tipe upside down di depan, kaliper radial empat piston mengawal cakram semi floating. Peleknya punya lebar 3,5 " x 17 berbungkus ban 110/70-17.
Lantas komponen kaki-kaki belakang menggunakan suspensi tunggal yang disebut dengan horizontal back-link. Rem belakang pakai cakram dengan kaliper satu piston, lantas pelek lebar 4" x 17 yang dilapis ban ukuran 150/60-17.
Dimensi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 | |
PxLxT | 1.980 x 750 x 1.110 mm |
Sumbu Roda | 1.380 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 785 mm |
Jarak Terendah | 125 mm |
Berat Basah | 180kg(Standard) 182kg(ABS SE) |
Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali dengan mesin berkapasitas 249,8 cc, 4 silinder segaris, DOHC, berpendingin cairan, dan 16 katup. Diameter pistonnya 50 mm dan langkahnya 31,8 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,5:1.
Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 50 PS pada 15.500 rpm. Tenaganya bisa tembus 51 PS ketika ram air aktif, karena udara dari depan masuk lebih kuat. Sedangkan torsi maksimumnya, mencapai 22,9 Nm pada 14.500 rpm.
Mesin ini dikembangkan dari mesin Kawasaki Ninja ZX-25R Supersport lainnya. Mesin baru ini menawarkan putaran mesin yang cepat dan berkarakter fleksibel yang mengombinasikan torsi low mid yang kuat untuk city riding dan power screaming di rpm tinggi untuk riding di sirkuit yang mencapai lebih dari 17.000 rpm.
Untuk mengimbangi performa yang dihasilkan mesin 4-silinder ini, Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 dilengkapi dengan rem depan cakram radial-mount monoblock caliper berukuran 310 mm dan rem belakang cakram berukuran 220 mm. Terdapat juga pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengeremannya.
Mengendarai motor sport 250 cc, terlebih punya performa yang kuat pada putaran menengah sampai atas, jangan heran konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Konsumsi bahan bakarnya berada direntang 19,5 sampai 21 km/liter.
Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 | |
Tipe | 4-tak, inline 4, DOHC 16 katup, pendingin cairan |
Kapasitas Mesn | 249,8 cc |
Diameter x Langkah | 50 x 31,8 mm |
Rasio Kompresi | 11,5 : 1 |
Tenaga Maksimum | 49,5 Hp @ 15.500 rpm 50,2 Hp @ 15.500 rpm (with ram air) |
Torsi Maksimum | 22,9 Nm @ 14.500 rpm |
Transmisi | Manual 6 speed |
Motor Kawasaki Ninja ZX-25R menawarkan posisi berkendara yang sporty dan agresif. Tapi, justru itu yang membuat handlingnya menjadi lebih mumpuni dan gesit dipakai.
Tangki bahan bakar Kawasaki Ninja ZX-25R mudah dijepit kedua kaki. Sehingga, kontak pengendara dengan motor jadi lebih baik. Bantalan tempat duduk juga memberikan potensi sport riding dan kenyamanan.
Tinggi tempat duduk Kawasaki Ninja ZX-25R yang mencapai 785 mm, cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya. Meski bobot motor mencapai 182 kg, tapi saat melaju dan diajak bermanuver tak ada kendala sama sekali.
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 merupakan motor sport 250 cc. Tapi, motor ini mampu memberikan sensasi yang tak jauh berbeda dibanding motor gede pada umumnya, dengan sensasi suara dan raungan mesin empat silinder segaris.
Selain itu, fitur yang ditawarkan juga bisa dikatakan lengkap dan memiliki teknologi yang canggih. Dengan kelengkapan fitur tersebut dan mesin 4-silinder, tak heran motor ini memiliki banderol yang paling tinggi di antara motor sekelasnya.
Red Black
Untuk saat ini, Kawasaki Ninja ZX-25R masih bermain sendirian di kelas motor sport 250 cc yang mengandalkan mesin empat silinder. Sementara motor sport 250 cc lainnya, seperti Yamaha YZF-R25 dan Honda CBR250RR, masih menggunakan mesin dua silinder. Selain dari konfigurasi mesin, harga jualnya juga berada pada level berbeda dengan motor sport 250 cc lainnya. Sehingga bisa dikatakan Kawasaki membuka kembali segmen motor sport 250 cc empat silinder.
Kawasaki Ninja ZX-25R hadir dengan dua tipe, yakni standar dan Special Edition (SE). Tipe standar hadir dengan satu warna, yakni Metallic Spark Black, yang dibanderol Rp 97,9 juta. Sedangkan tipe SE yang dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), tersedia tiga pilihan warna, yakni Red Black, Candy Plasma Blue, dan Lime Green. Tipe ini dibanderol Rp 114,9 juta on the road Jakarta.
Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali mesin dengan performa tinggi. Sistem pembakarannya juga sudah canggih, yaknik mengadopsi teknologi injeksi. Dari hasil pengetesan, konsumsi bahan bakar Kawasaki Ninja ZX-25R diklaim dapat meraih 24 km/liter.Torehan tersebut termasuk irit, dan tak jauh beda dari motor sport 250 cc dua silinder lainnya. Tapi jika ada yang menganggapnya terlalu boros, ya memang konsumsi bahan bakar yang irit bukan tujuan dari motor ini diciptakan.